Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Download Aplikasi Sistem Informasi Desa (OpenSID) Terbaru

Download Aplikasi Sistem Informasi Desa (OpenSID) Terbaru - Dengan adanya implementasi UU No 6 Tahun 2014, desa perlu menerapkan aplikasi sistem informasi desa untuk menunjang aktivitas administrasi. Selain itu, dengan menggunakan aplikasi sistem informasi desa diharapkan dapat mempercepat pelayanan publik oleh desa kepada warganya.

Jika desa Anda saat ini belum menerapkan dan memasang aplikasi sistem informasi desa, sebaiknya segera Anda lakukan.

Ada banyak pilihan aplikasi sistem informasi desa yang bisa Anda pertimbangkan untuk dipasang. Misalnya Digides, Panda, OpenSID dsb.

Masing-masing aplikasi tersebut pastinya memiliki kelebihan dan kelemahan.

Di kesempatan ini trivusi.web.id akan mengulas salah satunya yaitu OpenSID.

Daftar Isi

Apa itu OpenSID?

Download Aplikasi Sistem Informasi Desa (OpenSID) Terbaru

Menurut situs resminya, OpenSID adalah aplikasi sistem informasi desa yang sengaja dibuat terbuka agar dapat dikembangkan bersama-sama oleh komunitas SID.

OpenSID dibuat dengan tujuan agar ke semua 74ribu+ desa di Indonesia dapat menerapkan sistem informasi untuk memajukan desanya.

Dapat dikatakan aplikasi OpenSID merupakan salah satu aplikasi populer yang untuk kategori sistem informasi desa.

Salah satu alasannya adalah OpenSID memiliki fitur yang lengkap dan didukung oleh komunitas.

Jika Anda penasaran apa saja fitur yang ada di OpenSID, bisa mengunjungi halaman ini

Apa kelebihan dan kelemahan OpenSID?

Sama halnya seperti kita manusia yang memiliki kelebihan dan kekurangan, aplikasi OpenSID pun demikian. Tentunya tidak ada aplikasi yang sempurna.

Berikut adalah kelebihan dan kelemahan OpenSID menurut opini penulis.

Kelebihan

1. Gratis

Membagikan aplikasi ini secara gratis adalah salah satu upaya agar ke semua desa di Indonesia bisa lebih maju dengan menerapkan sistem informasi.

Desa tidak perlu dibebani dengan biaya mahal ketika hendak mencoba menggunakan OpenSID.

Karena sifatnya yang gratis dan bebas diperoleh inilah yang menjadi alasan mengapa OpenSID menjadi populer saat ini.

2. Open Source

OpenSID menganut sistem pengembangan terbuka. Kode sumbernya disimpan di GitHub.

Strategi sistem pengembangkan terbuka oleh OpenSID bertujuan agar memudahkan pengguna untuk mendapatkan SID secara bebas tanpa proses birokrasi, memudahkan pengguna menyerap rilis SID baru, serta memungkinkan pegiat SID untuk membuat kontribusi langsung pada source code aplikasi SID

Sedangkan kode sumber OpenSID disimpan dan dikelola di GitHub berguna untuk merekam semua perubahan yg dibuat, memungkinkan kembali ke revisi sebelumnya, dan memudahkan kolaborasi antar pegiat SID dan juga dengan desa dampingan dalam mengembangkan SID.

Selain itu repositori GitHub dapat dijadikan backup online source code SID yang dapat diakses setiap saat

3. Memiliki fitur yang relatif lebih lengkap

OpenSID terus diperbarui setiap saat dan mengeluarkan rilis tiap bulan. Fitur-fitur yang diterapkan kebanyakan bersumber dari permintaan oleh desa pengguna OpenSID. Karena itu, fitur yang ada di OpenSID memang dibutuhkan dan berguna bagi desa.

Setiap rilis, OpenSID membawa peningkatan performa dan pembaruan fitur. Dalam kurun waktu 5 tahun semenjak pertama kali dibuat, hingga kini kurang lebih terdapat 15 modul penunjang yang hadir di OpenSID.

Hal ini membuat aplikasi ini sangat kompleks.

Adapun modul yang ada di OpenSID diantaranya adalah  Kependudukan, Statistik, Layanan Surat, Sekretariat, dan Buku Administrasi Desa, Website Desa dsb.

4. Didukung komunitas dan pengguna OpenSID lainnya

OpenSID memiliki Facebook Group dengan anggota lebih dari 8 ribu orang. Grup tersebut digunakan sebagai forum tanya jawab dan juga saling berbagi informasi antar pegiat dan pengguna OpenSID.

Komunitasnya selalu aktif untuk membantu apabila Anda mengalami kendala ketika memasang atau menggunakan OpenSID.

Jika Anda berminat untuk bergabung bisa mengunjungi tautan berikut: https://facebook.com/groups/opensid

Kelemahan

1. Instalasi yang kompleks

Sebagai sebuah aplikasi sistem informasi desa berbasis web, pengguna perlu menyiapkan perangkat komputer yang mumpuni serta memasang web server lokal agar dapat menjalankan aplikasi dengan baik.

Penggunaan OpenSID untuk pelayanan di kantor desa lebih efektif apabila diinstal secara offline, sebab tidak akan bergantung kepada ketersediaan koneksi internet. Kapanpun dibutuhkan, OpenSID siap sedia digunakan.

Nah, untuk memasang aplikasi OpenSID di komputer lokal operator desa perlu sedikit pemahaman teknis. Kendala seperti timeout atau terjadi error ketika pertama kali instal adalah sesuatu yang kadang terjadi.

Hal seperti ini sering sekali dikeluhkan oleh operator desa di forum OpenSID, meskipun sudah sering dibahas dan ada panduannya di Wiki GitHub OpenSID.

Menurut penulis ini adalah kelemahan aplikasi berbasis web. Tidak seperti aplikasi desktop atau aplikasi Android yang tinggal klik-klik saat instalasi.

2. Bergantung pada data penduduk

Aplikasi OpenSID sangat bertumpu pada data kependudukan. Hampir seluruh modulnya membutuhkan akses ke data penduduk agar berjalan secara efisien. Layanan seperti cetak surat, bantuan, statistik, dan beberapa modul lain hanya bisa diisi apabila sudah ada data penduduk sebelumnya.

Tentunya dengan data penduduk yang lengkap aplikasi OpenSID sangat powerful. Tetapi tidak semua desa memiliki data penduduk yang lengkap.

Hal ini tentu menjadi PR bagi operator desa apabila ingin memaksimalkan pemanfaatan OpenSID. Operator desa perlu mengumpulkan data penduduk secara manual atau melakukan kerjasama dengan Dinas Kependudukan setempat. 

Download aplikasi OpenSID terbaru

Bagi Anda yang tak sabar ingin mengunduh aplikasinya, silakan tekan tombol download di bawah untuk mengunduh. File aplikasi ini diperoleh langsung dari GitHub OpenSID dan pastinya merupakan versi mutakhir.

Bacaan lanjutan tentang OpenSID

Apabila Anda ingin mengetahui lebih dalam tentang OpenSID, penulis merekomendasikan artikel berikut untuk Anda baca:

Penutup

Demikianlah artikel tentang aplikasi Sistem Informasi Desa (OpenSID) mulai dari pengertian, kelebihan dan kelemahan hingga cara download aplikasinya. Semoga informasi yang disajikan bisa bermanfaat.

Jika ada hal yang keliru atau kurang jelas, silakan ajukan pertanyaan atau pendapat Anda di kolom komentar.

Salam!

Trivusi
Trivusi Ikatlah ilmu dengan menulis. Menebar manfaat dengan berbagi :)

Posting Komentar untuk "Download Aplikasi Sistem Informasi Desa (OpenSID) Terbaru"