Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa itu OpenSID? Berikut 10+ Fitur Unggulannya

Sistem Informasi Desa–selanjutnya disebut SID–merupakan bagian yang tidak dapat dipisahkan dalam implementasi UU desa. Berlakunya UU Nomor 6 Tahun 2014 tentang desa, mewajibkan pemerintahan desa untuk mengembangkan Sistem Informasi Desa (SID). 

Salah satu sistem informasi desa yang akan kita bahas di artikel ini adalah OpenSID.

Daftar Isi

Apa itu OpenSID?

OpenSID adalah aplikasi sistem informasi desa yang dikembangkan oleh komunitas yang terdiri dari pegiat desa dan programer relawan. Aplikasinya dibuat terbuka agar dapat dikembangkan bersama-sama. OpenSID hadir sebagai sebuah aplikasi yang senantiasa gratis, terbuka, dan bebas diperoleh.

Halaman dashboard OpenSID

Tampilan Dashboard Aplikasi OpenSID

Dengan model pengembangan yang terbuka berbasis komunitas, OpenSID kini menjelma menjadi sebuah aplikasi SID paling populer dan banyak digunakan oleh desa di seluruh Indonesia. 

Berdasarkan data pantau milik OpenSID (pantau.opensid.my.id), per November 2021 terdapat 13.000+ desa yang telah memasang OpenSID. Diantaranya ada 6000+ desa yang terus aktif memanfaatkan aplikasi OpenSID untuk memajukan desanya.

Awal Mula OpenSID

OpenSID dirilis di GitHub pertama kali pada mei 2016 menggunakan SID dari Combine Resource Institution (CRI). 

Laman GitHub tempat rilis OpenSID

Laman GitHub tempat rilis OpenSID

SID CRI terakhir yang berhasil digabung ke dalam OpenSID adalah SID 3.10 yang diperoleh dari teman-teman di grup FB (https://www.facebook.com/groups/OpenSID) pada tanggal 15 Februari 2017. 

Hingga saat ini pengembangan OpenSID terus dilakukan. Arah pengembangan kini di bawah naungan OpenDesa, lembaga berbadan hukum yang dibentuk sebagai wadah komunitas resmi.

Manfaat Penggunaan OpenSID

Adapun manfaat dari penerapan SID bagi desa yaitu: 

  • mempercepat pengelolaan data desa,
  • mempercepat pelayanan,
  • memanfaatkan data desa,
  • dan mewujudkan transparansi pengelolaan pemerintahan desa.

Fitur-Fitur Pendukung yang Ada di OpenSID

Sebagai sebuah aplikasi Sistem Informasi Desa, OpenSID dilengkapi dengan banyak fitur pendukung. Fitur yang disediakan cukup lengkap dan mumpuni bahkan jika dibandingkan dengan aplikasi SID sejenis.

Fitur yang ada di OpenSID dikelompokkan ke dalam modul-modul sebagai berikut:

1. Info Desa

Fitur ini digunakan untuk mengatur identitas desa, wilayah administratif, pemerintah desa, dan status desa (IDM)

2. Kependudukan

Data kependudukan merupakan hal yang paling mendasar dan utama yang wajib diisi oleh desa. 

Apabila data penduduk sudah terisi, desa dapat memantau perkembangan penduduk, memudahkan surat menyurat dan pengarsipan, mengetahui statistik penduduk desa, dan lain-lain. 

Di modul ini terdapat beberapa menu, seperti data penduduk, keluarga, rumah tangga, kelompok, data suplemen, dan data calon pemilih.

3. Statistik

Statistik merupakan menu untuk menampilkan laporan statistik kependudukan dalam bentuk tabel, grafik, atau diagram. 

Statistik yang dimaksud meliputi umur, pendidikan, pekerjaan, agama dan lain sebagainya.

4. Layanan Surat

Fitur ini digunakan sebagai modul administrasi persuratan yang membantu mengefisienkan dan mempercepat pelayanan publik terutama terkait permintaan surat oleh warga.

5. Sekretariat

Fitur ini digunakan untuk mengelola dokumen dan kesekretariatan desa. Dokumen yang dimaksud seperti: Produk hukum dan Informasi publik

6. Keuangan

Fitur ini digunakan untuk mengelola data keuangan desa. Modul ini memberikan informasi Anggaran & Realisasi APBDes secara grafik dan tabel

7. Analisis

Modul analisis digunakan sebagai tempat mengolah data hasil survei sesaat, seperti Analisis Kemiskinan Partisipatif (AKP) dan tempat menyerap data yang perlu dikelola berkesinambungan, seperti Prodeskel.

8. Bantuan

Modul ini merupakan fitur untuk mencatat program atau jenis bantuan yang dikelola desa seperti bantuan pada kelompok masyarakat tertentu.

9. Pertanahan

Fitur ini digunakan untuk mencatat dan mendokumentasikan data persil dan data tanah warga, baik itu milik pribadi, milik perorangan peruntukan kaum, dan milik kaum/suku.

10. Pembangunan

Modul ini digunakan untuk memonitor kegiatan pembangunan infrastruktur di desa.

Setiap tahap perkembangan dan detail pembangunan (lokasi, sumber dana, jumlah anggaran, tahun anggaran, volume, pelaksana, foto) akan dipublikasikan melalui tampilan di peta.

11. Lapak

Fitur lapak dapat dimanfaatkan sebagai media promosi dan penjualan produk unggulan desa.

12. Pemetaan

Fitur peta berfungsi sebagai pusat pengelolaan elemen geospasial seperti lokasi tempat tinggal penduduk, lokasi tempat tinggal keluarga, wilayah desa/RT/RW/dusun, lokasi pembangunan, lokasi unsur titik, garis dan luasan yang telah dimasukkan untuk sarana, prasarana dan fitur geospasial desa lainnya.

13. Admin Web

Dengan fitur ini desa dapat mengelola berita, widget, dan menu yang akan ditampilkan pada website desa.

14. Layanan Mandiri

Digunakan sebagai media partisipasi warga dalam memanfaatkan layanan digital desa, seperti melakukan permohonan surat secara online dan melakukan pelaporan dan pengaduan.

Itulah uraian singkat mengenai OpenSID. Apakah rekan-rekan tertarik mencoba? 

Referensi:

Trivusi
Trivusi Ikatlah ilmu dengan menulis. Menebar manfaat dengan berbagi :)

Posting Komentar untuk "Apa itu OpenSID? Berikut 10+ Fitur Unggulannya"