Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mudah Mengaktifkan Fitur Dark Mode di Google Search

Cara Mudah Mengaktifkan Fitur Dark Mode di Google Search - Google Search adalah salah satu tools harian yang mungkin paling banyak digunakan dalam kehidupan kita, terutama bagi programmer atau developer untuk mencari dokumentasi dari teknologi yang ia digunakan.

Namun, selama ini tampilan Google Search hanya memiliki background berwarna putih. Background berwarna terang seperti ini tidak cocok apabila digunakan di ruangan gelap karena akan membuat mata silau.

Dalam jangka lama, mata akan cepat lelah karena terpapar sinar biru secara intens dari layar komputer, apalagi warna putih sangat kuat daya pancarnya.

Solusinya tentu dengan menghadirkan fitur Dark Mode (mode gelap). Fitur Dark Mode telah hadir di Google Search versi Desktop baru-baru ini.

Cara Mudah Mengaktifkan Fitur Dark Mode di Google Search
Tampilan dark mode Google Search

Selain opsi Dark dan Light, pengguna kini memiliki satu opsi lagi dalam setelan tampilan mesin telusur Google. Opsi tersebut adalah Device default atau Default perangkat.

Opsi terakhir tersebut berguna untuk menjaga setelan tampilan Google Search tetap sinkron dengan tema default komputer milik pengguna. Hal ini akan sangat membantu apabila pengguna telah menyetel waktu otomatis untuk mengaktifkan dan menonaktifkan Mode Gelap.

Mengaktifkan mode gelap akan membantu mengurangi ketegangan mata dengan menjaga rasio kontras minimum yang diperlukan agar mudah dibaca.

Pengaturan tampilan untuk Google Search ini pertama kali diumumkan melalui sebuah postingan di Google Support pada September 2021.

Pengaturan tampilan baru memiliki tiga opsi — Default perangkat, Gelap, atau Terang.

Postingan tersebut juga menyebutkan bahwa pengaturan Mode Gelap baru mulai diluncurkan untuk pengguna pada 9 September 2021 dan akan tersedia secara bertahap untuk semua pengguna beberapa minggu setelahnya.

Daftar Isi

Bagaimana Cara Mengaktifkan Fitur Dark Mode di Google Search?

Bagi Anda yang hendak menyetel tampilan Google Search ke Mode Gelap (Dark Mode), berikut trivusi.web.id jabarkan langkah-langkahnya:

  1. Buka halaman Google Search dengan mengetik alamat google.com di addess bar browser Anda
  2. Selanjutnya di pojok kanan bawah halaman beranda Google Search, klik menu Settings.
  3. Akan keluar pop menu yang terdiri dari beberapa pilihan, klik Search Settings
  4. Anda akan diarahkan ke halaman pengaturan. Di panel sebelah kiri halaman, pilih menu Appearance
  5. Kemudian pilih salah satu dari 3 opsi - Device default, Dark, atau Light. Jika ingin mode gelap, pilih Dark.
  6. Di bagian bawah, tekan tombol Save.
  7. Sesaat setelah tombol ditekan akan muncul alert yang menyatakan bahwa preferensi tampilan Anda kini sudah disimpan dan Anda akan diarahkan ke halaman beranda Google Search.

Sampai di tahap ini Anda sudah berhasil mengubah mode tampilan ke versi gelap.

Penutup

Demikianlah tutorial cara mudah mengaktifkan fitur Dark Mode di Google Search. Semoga tutorial ini bermanfaat dan sampai jumpa lagi di tutorial yang akan datang.

Salam!

Trivusi
Trivusi Ikatlah ilmu dengan menulis. Menebar manfaat dengan berbagi :)

Posting Komentar untuk "Cara Mudah Mengaktifkan Fitur Dark Mode di Google Search"