Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tertarik Menggunakan OpenSID Premium? Simak Syarat Berikut!

Tertarik Menggunakan OpenSID Premium? Simak Syarat Berikut!

Halo Sobat Trivusi! Apakah saat ini Anda sedang membutuhkan informasi tentang OpenSID premium? Jika demikian, Anda sudah berada di tempat yang tepat.

Artikel ini akan membahas mengenai OpenSID premium serta mekanisme untuk memperoleh aplikasinya.

Jika Anda ingin mengetahui lebih lengkap mengenai OpenSID, silakan baca artikel berikut: "Mengenal OpenSID, Sistem Informasi Desa dengan Segudang Fitur"

Baiklah, mari kita masuk ke pembahasan!

Daftar Isi

OpenSID sendiri merupakan sebuah aplikasi SID gratis yang dikembangkan secara bersama-sama dan bersifat sukarela. Awalnya, donasi adalah satu-satunya sumber pendapatan untuk biaya pengembangan OpenSID.

Seiring berjalannya waktu, development aplikasi OpenSID dirasa melambat karena kontributor yang bersedia membantu makin berkurang. Hal ini dapat dimaklumi karena programmer tersebut bekerja secara sukarela dan kadang memiliki kesibukan lain.

Sedangkan permintaan fitur baru oleh desa dan laporan perbaikan terkait bug semakin meningkat seiring dengan makin kompleksnya sistem yang ada di aplikasi OpenSID. 

Agar pengembangan OpenSID tetap berjalan dan mampu memenuhi permintaan oleh desa pengguna, OpenDesa selaku lembaga yang menaungi aplikasi OpenSID mengusulkan untuk membuat layanan berlangganan OpenSID premium.

Apa itu OpenSID premium?

OpenSID premium adalah layanan bagi desa yang serius memanfaatkan OpenSID untuk memajukan desanya. Cara yang dilakukan adalah dengan membantu menganggarkan dana untuk keberlangsungan pengembangan aplikasi.

OpenSID premium tidak bertujuan untuk memperoleh laba atau keuntungan. Dana yang diperoleh digunakan untuk membayar programer tetap, agar mereka bisa fokus untuk mengembangkan aplikasi OpenSID—juga beberapa aplikasi kelolaan OpenDesa, seperti menerapkan permintaan fitur baru dan memperbaiki bug yang ada. 

Dengan adanya programer tetap diharapkan aplikasi OpenSID senantiasa memperoleh update secara berkala.

OpenSID premium juga tidak dimaksudkan untuk mengabaikan pengguna OpenSID rilis umum, sebab fitur di OpenSID premium akan tetap dapat diperoleh setelah 6 bulan.

Masa tersebut digunakan untuk memberikan kesempatan kepada pengguna layanan premium untuk menikmati fitur eksklusif, sebagai pembeda dengan aplikasi OpenSID rilis umum.

Apa saja perbedaan antara OpenSID rilis umum dan OpenSID premium?

Perbedaan utamanya terdapat pada pembaruan fitur. Pengguna premium dapat menikmati fitur baru terlebih dahulu. Setelah melewati masa tunggu selama 6 bulan, fitur tersebut akan diterapkan juga untuk OpenSID rilis umum.

Desa perlu menganggarkan biaya langganan Rp 1 juta per tahun (tidak termasuk biaya lain, jika ada) untuk memperoleh pembaruan fitur selama masa langganan aktif.

Untuk mengetahui perbedaan fitur antara rilis OpenSID umum dan premium secara rinci dapat mengunjungi tautan https://github.com/OpenSID/OpenSID/wiki/Rilis-Umum-Yang-Akan-Datang

Bagaimana cara memperoleh atau berlangganan OpenSID premium?

Untuk dapat berlangganan OpenSID premium, ada mekanisme atau syarat yang harus dipenuhi oleh desa, yaitu mengajukan pendaftaran kerjasama dengan OpenDesa.

Kerjasama ini dilakukan dengan melampirkan surat kesepakatan antara pihak OpenDesa dan pihak desa yang bersangkutan agar di kemudian hari tidak terjadi kesalahpahaman yang berujung pada tuntutan hukum.

Selain itu, pendaftaran ini dibuat sebagai bentuk kepatuhan atas peraturan pengadaan barang dan jasa, sehingga penggunaan dana anggaran memiliki kekuatan hukum dan dapat dipertanggungjawabkan.

Adapun langkah-langkah yang perlu dilakukan untuk melengkapi pendaftaran adalah sebagai berikut:

  1. Buka formulir pendaftaran yang ada di dasbor aplikasi OpenSID. Pilih menu Info Desa > Pendaftaran Kerjasama
  2. Cetak dokumen Kesepakatan Kerjasama (Pada pengaturan cetak, Option : Headers and Footers jangan di centang)
  3. Isi tanggal penandatanganan.
  4. Scan dokumen yang telah ditandatangani.
  5. Unggah hasil scan menggunakan form pendaftaran (yang ada pada langkah 1).
  6. Simpan dokumen asli di arsip kantor desa
  7. Cek email inbox/pesan yang Anda gunakan untuk memverifikasi
Setelah pendaftaran diverifikasi dan kerjasama diaktifkan oleh OpenDesa, email pemberitahuan akan dikirim ke alamat email terdaftar.

Penutup

Syarat yang dijelaskan di atas perlu dipenuhi agar desa dapat menggunakan layanan yang disediakan oleh pihak OpenDesa, termasuk berlangganan OpenSID premium.

Jika ada hal yang kurang jelas, silakan tanyakan di kolom komentar. 

Semoga informasi di atas bisa berguna bagi sobat yang membutuhkan. 

Salam!

Trivusi
Trivusi Ikatlah ilmu dengan menulis. Menebar manfaat dengan berbagi :)

Posting Komentar untuk "Tertarik Menggunakan OpenSID Premium? Simak Syarat Berikut!"