Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Maksimalkan Pelayanan Desa dengan Anjungan Mandiri OpenSID

Sumber gambar: Opendesa.id

Maksimalkan Pelayanan Desa dengan Anjungan Mandiri OpenSID - Halo Sobat Trivusi! Di kesempatan ini kita akan membahas mengenai Anjungan Desa Mandiri. Salah satu produk yang ditawarkan oleh OpenDesa bagi desa pengguna OpenSID.

Daftar Isi

Apa itu Anjungan Desa Mandiri?

Anjungan Desa Mandiri adalah satu set perangkat elektronik yang bentuknya dibuat menyerupai mesin ATM bank yang biasa kita temui sehari hari.

Apabila ATM bank difungsikan untuk transaksi perbankan oleh nasabah secara mandiri, maka Anjungan Desa Mandiri dapat digunakan oleh warga untuk memanfaatkan layanan desa secara mandiri.

Anjungan Desa Mandiri dapat difungsikan untuk membantu warga yang datang ke kantor desa. Saat mereka butuh informasi terkait kependudukan, berita tentang desa, data statistik, produk hukum, realisasi anggaran, dan atau pelayanan surat menyurat, mereka dapat dengan mudah melakukannya secara mandiri melalui anjungan tersebut.

Anjungan ini juga dapat digunakan untuk menggantikan papan informasi tradisional dan diharapkan dapat mengurangi penggunaan kertas cetak.

Anjungan Desa Mandiri memerlukan aplikasi OpenSID untuk mendukung dan memaksimalkan pelayanan. Modul yang dipakai adalah layanan mandiri, yang di dalamnya berisi fitur cetak dokumen penduduk & KK, pengajuan surat, pengaduan dan pelaporan, serta melihat daftar bantuan yang diterima oleh warga.

Apa saja yang ada dalam paket Anjungan Desa Mandiri?

Anjungan Desa Mandiri terdiri atas sekumpulan perangkat yang diatur sedemikian rupa agar dapat berjalan dengan baik sesuai fungsinya. Adapun perangkat yang dipakai dalam Anjungan Desa Mandiri adalah sebagai berikut:

1. Box anjungan

Box Anjungan Desa Mandiri terbuat dari besi plat dengan tebal 1mm. Terdapat 2 model box Anjungan Desa Mandiri yakni box dengan desain tipis dan desain tebal.

2. Mini PC

Anjungan Desa Mandiri dilengkapi monitor layar sentuh 19 inch & PC dengan spesifikasi proc. Core i3, RAM 4GB, SSD 256 GB/HDD 500 GB, Windows 10.

3. RFID reader

RFID Reader adalah alat pembaca tag KTP-el dengan menggunakan frekuensi 13,56 mhz. Digunakan untuk login ke layanan mandiri hanya dengan melakukan tap KTP-el ke alat ini.

Selain perangkat di atas, ada pula software penunjang lain, yakni

4. OpenSID premium

Pambelian paket lengkap akan mendapatkan OpenSID Premium. Bagi desa yang telah berlangganan OpenSID Premium tetapi ingin membeli paket lengkap maka durasi langganan OpenSID premium sebelumnya akan diperpanjang 1 tahun dari tanggal berakhir langganan.

5. Domain, hosting, maintenance

Layanan ini bagi desa yang belum miliki website desa. Jika desa sudah memiliki website paket ini tidak perlu diambil

Berapa biaya paket Anjungan Desa Mandiri?

Berdasarkan info di situs OpenDesa, paket layanan Anjungan Desa Mandiri terbagi menjadi 3 jenis, yakni paket standar, paket menengah dan paket lengkap. Detailnya bisa dilihat pada gambar berikut:

Harga lama

Update per tanggal 10 Desember 2021: harga paket Anjungan Desa Mandiri mengalami kenaikan sebagai berikut:

Harga terbaru paket Anjungan Desa Mandiri
Harga terbaru per 10 Desember 2021

Informasi :
* Paket Standar diperuntukan untuk desa yang telah memiliki website dan menggunakan OpenSID Premium.
* Paket Menengah diperuntukan untuk desa yang telah memliki website tp masih menggunakan OpenSID Rilis Umum .
* Paket Lengkap diperuntukan untuk desa yang belum memiliki website.
* Harga pada masing-masing paket belum termasuk pajak PPN dan PPh.
*Jika memilih box tebal akan dikenakan biaya tambahan Rp. 1.000.000 (Satu Juta Rupiah) perpaket
*Harga sewaktu-waktu dapat berubah, mengikuti harga perangkat elektonik.

Biaya tambahan dan bonus

Selain paket bundling di atas, ada biaya tambahan lain yang perlu disediakan oleh desa. yaitu

  • Packing kayu : Rp. 150.000
  • Ongkos kirim ke lokasi pemesan (sesuai jarak)

Ada juga bonus bagi desa yang memesan paket lengkap yaitu:

Penutup

Itulah penjelasan mengenai produk Anjungan Desa Mandiri. Bagi desa yang berminat memesan paket tersebut bisa mengunjungi halaman https://opendesa.id/anjungan-desa-mandiri. Ada kontak pelaksana layanan OpenDesa yang bisa dihubungi baik melalui WhatsApp maupun Telegram (bagian bawah halaman).

Semoga info di atas bermanfaat.

Salam!

Trivusi
Trivusi Ikatlah ilmu dengan menulis. Menebar manfaat dengan berbagi :)

Posting Komentar untuk "Maksimalkan Pelayanan Desa dengan Anjungan Mandiri OpenSID"