Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tutorial Cara Update Aplikasi OpenSID ke Versi Terbaru

Tutorial Cara Update Aplikasi OpenSID ke Versi Terbaru - Sebagai sebuah aplikasi SID yang dikembangkan secara terbuka oleh komunitas, OpenSID masih terus diperbarui secara berkala. Pembaruan biasanya dilakukan untuk memperbaiki bug atau menambahkan fitur yang banyak diminta oleh desa.

Tutorial Cara Update Aplikasi OpenSID ke Versi Terbaru

Aplikasi OpenSID memperoleh rilis update setiap tanggal 1 awal bulan dengan penamaan versi berupa dua digit tahun diikuti dua digit bulan. Sebagai contoh, rilis 21.11 adalah rilis yang dilakukan pada tanggal 1 bulan November tahun 2021.

Daftar Isi

Tutorial Cara Update Aplikasi OpenSID

Jika Anda pernah menginstal OpenSID sebelumnya, panduan ini akan menjelaskan tatacara update OpenSID menggunakan aplikasi Laragon sebagai web server di localhost.

Bagi Anda yang baru akan memulai instal OpenSID bisa membaca artikel sebelumnya yang berjudul Tutorial Lengkap Cara Instal Aplikasi OpenSID

Sebelum lanjut ke pembahasan, Anda disarankan untuk melakukan backup database dan folder desa. Backup ini berguna sebagai berkas cadangan, apabila sewaktu-waktu terjadi hal yang tidak diinginkan, misalnya data terhapus atau aplikasi menjadi crash dan membutuhkan reset data.

Perlu diingat bahwa tutorial ini berlaku untuk OpenSID yang digunakan offline di komputer lokal. Tutorial cara update OpenSID di hosting akan menyusul di artikel selanjutnya.

Baiklah, langsung saja kita masuk ke pembahasan utama mengenai tutorial cara update aplikasi OpenSID. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Unduh rilis OpenSID terbaru
  2. Buka folder tempat aplikasi OpenSID disimpan
  3. Hapus isi folder OpenSID, kecuali folder desa
  4. Ekstraksi file hasil download
  5. Jalankan aplikasi

1. Unduh rilis terbaru

Berkas rilis OpenSID terbaru dapat diperoleh di https://github.com/OpenSID/OpenSID/releases. Pilih rilis paling atas dengan label "Latest". Label tersebut mengindikasikan bahwa versi OpenSID tersebut adalah yang paling mutakhir.

Setelah laman terbuka, scroll ke bawah hingga menemukan berkas .zip yang bisa diunduh. Seperti tampak di bawah ini:

2. Buka folder tempat aplikasi OpenSID disimpan

Untuk pengguna laragon folder ini biasanya ada di C:\laragon\www\OpenSID, sedangkan bagi pengguna XAMPP berada di C:\xampp\htdocs\OpenSID

3. Hapus isi folder OpenSID, kecuali folder desa

Lakukan backup terhadap folder desa, sebab folder ini berisi data arsip layanan surat dan semua file khusus desa. Isi folder ini perlu diamankan karena merupakan data penting.

4. Ekstraksi file rilis hasil download ke folder OpenSID

Letakkan file hasil download (langkah 1) ke folder OpenSID. Klik kanan file tersebut kemudian pilih Extract All.



Jika susunan foldernya seperti di atas, keluarkan isi folder yang ditandai merah dan sejajarkan dengan folder desa. Setelah berhasil dipindahkan, hapus folder tersebut. 

Sekarang isi folder C:\laragon\www\OpenSID seperti ini:

5. Jalankan aplikasi

Sampai di tahap ini aplikasi OpenSID sudah berhasil diperbarui ke versi terbaru. Untuk membuktikan, jalankan aplikasi OpenSID dengan cara sebagai berikut. 

  • Aktifkan webserver Laragon dengan cara klik Start All 
  • Buka browser dan ketikkan alamat http://localhost/opensid
  • Jika menggunakan tema natra, cek versi aplikasi OpenSID yang ada di footer.

Penutup

Itulah tutorial singkat mengenai cara update aplikasi OpenSID. Dengan melakukan update ke versi terbaru, kita mendapatkan pembaharuan sistem OpenSID yang lebih baik dan lebih aman, perbaikan bug pada sistem, perbaikan aturan penggunaan atau pengisian data, dan sebagainya.  

Mudah-mudahan tutorial di atas bisa bermanfaat bagi sobat yang masih bingung tentang cara update OpenSID.

Salam!

Trivusi
Trivusi Ikatlah ilmu dengan menulis. Menebar manfaat dengan berbagi :)

Posting Komentar untuk "Tutorial Cara Update Aplikasi OpenSID ke Versi Terbaru"

www.domainesia.com