Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5+ Fitur di Aplikasi Android Layanan Mandiri OpenSID

Daftar Fitur di Aplikasi Android Layanan Mandiri OpenSID

5+ Fitur di Aplikasi Android Layanan Mandiri OpenSID - Halo, Sobat Trivusi! Semoga senantiasa sehat hari ini.

Di kesempatan kali ini, kita akan mengulas aplikasi layanan mandiri OpenSID berbasis Android yang baru-baru ini diluncurkan.

Aplikasi ini dibuat dalam rangka untuk mempermudah akses warga dalam melakukan permohonan surat secara mandiri.

Kehadiran aplikasi ini diharapkan dapat mempercepat pelayanan publik pemerintah desa kepada warga dalam hal administrasi persuratan.

Aplikasi Layanan Mandiri OpenSID hadir guna menjawab tantangan ke depan, bahwa digitalisasi di Indonesia perlu dimulai dan berawal dari tingkat desa.

Daftar Isi

Fitur Aplikasi Layanan Mandiri OpenSID

Adapun fitur yang tersemat di aplikasi ini di antaranya adalah:

1. Pengajuan Surat

Fitur ini adalah fitur utama yang ditawarkan oleh aplikasi ini. Warga desa dapat melakukan permohonan surat secara online melalui aplikasi. Data permohonan yang telah diajukan akan diteruskan ke admin desa untuk ditindaklanjuti.

Admin desa akan mendapatkan notifikasi ketika ada warga yang mengajukan permohonan. Notifikasi dapat diakses melalui halaman dasbor aplikasi OpenSID web.

Setiap melewati proses tindaklanjut, warga dapat melihat status perkembangan suratnya melalui aplikasi ini. 

Ketika surat telah selesai diverifikasi dan dicetak oleh admin, warga dapat mengambil dokumen fisiknya di kantor desa dengan membawa dokumen persyaratan yang tertera di aplikasi.

2. Arsip Pengajuan Surat

Fitur ini berisi daftar arsip surat yang diajukan oleh warga dengan status telah diverifikasi dan dicetak oleh desa.

3. Dokumen Kependudukan dan Salinan KK

Beberapa surat yang bisa diajukan secara mandiri oleh warga biasanya membutuhkan dokumen pendukung sebagai persyaratan agar surat yang diajukan dapat dilayani oleh admin.

Nah, fitur ini berguna untuk mengunggah dokumen-dokumen tersebut agar nantinya dapat dipakai untuk melakukan permohonan surat.

Selain itu, dokumen yang telah diunggah dapat diunduh kembali apabila sewaktu dibutuhkan oleh warga yang bersangkutan.

4. Berita Desa

Warga dapat membaca berita dan artikel yang telah diterbitkan oleh admin. Berita yang diterbitkan biasanya berkaitan dengan desa, misalnya berita tentang kegiatan desa, baik yang telah selesai maupun yang akan datang.

Dengan adanya fitur ini, warga bisa mengetahui perkembangan desanya hanya dengan berbekal ponsel di tangan.

5. Pengaduan dan Pelaporan

Warga desa dapat melakukan pengaduan jika terdapat layanan yang dirasa kurang optimal. Dengan adanya laporan dan pengaduan, pemerintah desa bisa berbenah melakukan evaluasi dan perbaikan layanan sehingga dapat lebih baik lagi ke depannya.

Fitur ini dapat menjembatani komunikasi warga dengan pemerintah desa, harapannya tercipta partisipasi aktif masyarakat dalam memberikan aspirasi dan saran agar kinerja pemerintah desa bisa lebih baik dan membawa desa lebih maju.

Tampilan Aplikasi Layanan Mandiri

Berikut adalah prototipe desain yang digunakan oleh aplikasi layanan mandiri OpenSID.

**Gunakan tombol panah kanan dan panah kiri untuk berpindah halaman

***

Aplikasi Android layanan mandiri OpenSID dapat diperoleh melalui Google PlayStore atau melalui link (https://play.google.com/store/apps/details?id=com.opensid)

Perlu diketahui bahwa aplikasi ini hanya dapat diaktifkan untuk desa pengguna OpenSID yang sudah berlangganan layanan premium. 

Pembahasan lengkap tentang layanan OpenSID premium dapat dibaca di artikel: "Tertarik Menggunakan OpenSID Premium? Simak Syarat Berikut!"

Aplikasi Mobile Layanan Mandiri OpenSID
Sumber gambar: OpenDesa

Penutup

Demikianlah ulasan singkat mengenai aplikasi layanan mandiri OpenSID berbasis Android. Fitur-fitur yang ada di aplikasi bertujuan mempermudah warga untuk memanfaatkan layanan digital yang disediakan oleh desa, termasuk untuk mengajukan surat secara mandiri.

Semoga informasi yang trivusi.web.id bagikan dapat berguna dan bermanfaat bagi sobat.

Salam!

Trivusi
Trivusi Ikatlah ilmu dengan menulis. Menebar manfaat dengan berbagi :)

Posting Komentar untuk "5+ Fitur di Aplikasi Android Layanan Mandiri OpenSID"