Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pertanyaan Umum Seputar Big Data

Pertanyaan Umum Seputar Big Data -- Halo sobat trivusi, kali ini kita akan menjabarkan pertanyaan yang sering muncul ketika membahas mengenai big data.

Daftar Isi

Apa itu Big Data?

Big data adalah istilah umum untuk segala himpunan data (data set) dalam jumlah yang sangat besar, rumit dan memiliki pertumbuhan yang cukup cepat sehingga menjadikannya sukar ditangani apabila hanya menggunakan perangkat lunak manajemen basis data biasa atau aplikasi pemroses data tradisional. Himpunan data tersebut perlu diolah dan dianalisis menggunakan perangkat lunak tertentu untuk mendapatkan informasi yang berguna.

Apa manfaat Big Data?

Salah satu pemanfaatan big data adalah untuk kebutuhan analisis yang dilakukan dalam rangka membantu proses pengambilan keputusan dan penentuan strategi bisnis dari sebuah perusahaan atau organisasi.

Mengapa perlu mempelajari Big Data?

Perkembangan teknologi saat ini telah melahirkan arus data dalam jumlah besar dengan pertumbuhan yang cukup cepat serta membutuhkan langkah yang tepat dalam penanganan data data tersebut, dalam hal ini bagaimana menyimpan dan mengamankan data tersebut serta memanfaatkannya untuk kemajuan organisasi, lembaga, dan atau perusahaan. Oleh karena itu, teknologi big data cukup penting untuk diketahui saat ini.

Apa saja profesi keahlian Big Data?

Profesi yang terkait dengan keahlian big data adalah profesi data analyst yang berkutat di bidang big data analytics dan data scientist yang berfokus pada ektraksi data guna untuk mendapatkan knowledge dan insight.

Perangkat lunak atau tools yang digunakan dalam Big Data?

Perangkat lunak atau tools yang bisa digunakan dalam big data, yaitu Hadoop yang terdiri dari dua komponen utama yaitu:

  • HDFS, untuk mengatur atau manajemen data
  • MapReduce, untuk mengolah data

Apa beda Big Data dan Machine Learning?

Berikut perbedaan keduanya berdasarkan kegunaan, besaran data, campur tangan manusia, dan penggunaan data

Kegunaan

Tujuan dari big data adalah untuk menyimpan, mengelola, ataupun menganalisis data bervolume besar untuk mendapatkan informasi yang berguna serta dapat mencari pola dalam data, sedangkan guna Machine Learning adalah mendidik mesin agar dapat belajar dari data-data telah diolah untuk memprediksi hasil atau melakukan pengambilan keputusan secara mandiri.

Besaran data

Big data, sesuai namanya cenderung berkutat dalam kumpulan data skala besar dimana masalahnya berkaitan dengan volume data yang besar, sedangkan machine learning bermain dalam kumpulan data yang lebih kecil dan pas-pasan adalah masalahnya

Campur tangan manusia

Big Data membutuhkan struktur dan pemodelan data yang kompleks sehingga campur tangan manusia dibutuhkan untuk melakukan analisis data demi mendapatkan informasi penting dan berharga. Sedangkan machine learning tidak lagi membutuhkan interaksi manusia karena ia dapat melakukan tugas seperti memprediksi dan merekomendasikan sesuatu sesuai dengan masukan data yang telah dipelajari sebelumnya.

Penggunaan data

Big data dapat digunakan untuk berbagai tujuan, termasuk riset keuangan sebuah bank, pengumpulan data keuangan, dsb. Sedangkan machine learning menggunakan data untuk membuat teknologi mobil tanpa awak dan mesin rekomendasi canggih seperti yang diterapkan pada pencarian Google.

Hubungan Big Data dengan Cloud Computing?

Keduanya saling terkait satu sama lain. Big data berperan dalam proses menyimpan data dan bagaimana melakukan pengolahan data dalam jumlah besar sedangkan Cloud Computing akan berperan sebagai wadah atau media untuk menyimpan data data tersebut dalam platform online agar dapat diakses dari berbagai tempat melalui jaringan internet.

Trivusi
Trivusi Ikatlah ilmu dengan menulis. Menebar manfaat dengan berbagi :)

Posting Komentar untuk "Pertanyaan Umum Seputar Big Data"