Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Platform Cloud Computing untuk Transformasi Bisnis Digital

Di tahun-tahun belakangan ini, cloud computing telah tumbuh menjadi komponen penting dalam transformasi bisnis digital. Hal ini seiring dengan semakin populernya sistem kerja remote, kebutuhan akan layanan cloud juga semakin tinggi. Layanan cloud computing sangat mudah untuk digunakan dan dapat menghemat waktu karena tinggal pakai berkat arsitekturnya yang sudah siap dan matang.

Untuk saat ini, layanan cloud computing merupakan aspek krusial bagi setiap bisnis yang ingin tetap bertahan di tengah pergeseran perilaku konsumen yang cenderung mengarah ke dunia digital. Mau tidak mau, bisnis harus mengadopsi teknologi cloud computing jika ingin bergerak lebih cepat tanpa repot mengurus infrastruktur sistem sendiri. Pelaku bisnis bisa fokus pada bisnis inti mereka dan tidak menghabiskan banyak uang untuk mengembangkan infrastruktur sistem sendiri dari awal.

Tentunya selain bermanfaat bagi pelaku usaha, platform cloud computing yang sudah ada juga bermanfaat untuk proyek-proyek pribadi dan profesional, termasuk Data Science, Deep Learning, Machine Learning, Database Management, dsb.

Sumber: https://e-trainingonline.com/
Daftar Isi

Apa itu Cloud Computing?

Cloud computing atau komputasi awan adalah metode yang digunakan untuk meng-host dan mengakses perangkat lunak, produk, aplikasi, layanan, atau sistem operasi. Teknologi ini merupakan cara baru untuk mengakses sumber daya komputer dan penyimpanan data menggunakan internet.

Cloud computing dapat digunakan oleh individu maupun untuk bisnis dalam menyimpan data secara jarak jauh dan mengaksesnya dari komputer atau perangkat apapun dengan koneksi internet. Misalnya dengan cloud computing, kita dapat mengirim file secara bolak balik saat bekerja dengan rekan kerja, mengakses foto di ponsel atau komputer, atau bahkan menggunakan program seperti Google Documents atau Microsoft Word.

Menggunakan cloud (awan) berarti server yang digunakan tidak berada di lokasi fisik, oleh karena itu perlu diakses melalui internet, sehingga membuatnya lebih mudah untuk diakses dan aman. Selain itu, dapat menyimpan data dan membuat cadangan file penting jika terjadi sesuatu yang tidak terduga.

Apa itu Layanan Cloud Computing?

Layanan cloud computing memungkinkan pengguna untuk menyewakan sumber daya komputasi dari mana saja di dunia. Server cloud ini berjalan sepanjang waktu dan memberi daya pada sebagian besar internet yang digunakan saat ini.Layanan cloud computing bekerja dengan menyimpan informasi di lokasi yang berbeda yang dikenal dengan “datacenter”.

Sebuah datacenter biasanya memiliki ribuan jaringan komputer, membuat fasilitas sangat kuat. Hal ini juga berarti bahwa informasi individu yang tersimpan di satu tempat kemudian disebarkan ke beberapa perangkat fisik sehingga tidak semuanya disimpan pada satu tempat.

Layanan cloud computing menawarkan banyak solusi, termasuk percepatan pemulihan sistem pasca bencana, skalabilitas, mobilitas, dan fleksibilitas.

Apa yang Harus Diperhatikan saat Memilih Layanan Cloud Computing?

Cloud computing bertujuan untuk meningkatkan kinerja bisnis secara keseluruhan di berbagai aspek, baik membantu dalam menghemat uang, meningkatkan keamanan, dan mempertahankan kualitas layanan.

Jika Anda ingin memulai menggunakan layanan cloud computing, ada beberapa fitur yang perlu diperhatikan.

Ketika memilih sebuah platform cloud computing, Anda membutuhkan sebuah pertimbangan apa yang dibutuhkan pada layanan tersebut. Penting diketahui juga ketika Anda memikirkan tentang apa masalah yang perlu diselesaikan.

Sebagai contoh, jika bisnis Anda memproses data dengan cara tidak konsisten, penyimpanan pada cloud mungkin akan memudahkan Anda untuk menemukan dan memanipulasi data.

Akan lebih baik jika Anda mengingat model bisnis Anda dan fitur mana yang penting serta praktis untuk bisnis Anda. 

Meskipun sebagian besar layanan cloud computing menawarkan layanan yang serupa, namun Anda perlu memeriksa fitur utama dari platform tersebut dan memutuskan mana yang paling cocok untuk perusahaan Anda.

Platform Cloud Computing Populer untuk Transformasi Bisnis Digital

Berikut adalah beberapa layanan atau platform cloud computing populer yang bisa dipertimbangkan untuk mentransformasikan bisnis Anda ke dunia digital dengan lebih cepat:

1. Amazon Web Services

Sumber: https://www.citypng.com/

Amazon Web Sercives atau singkatnya AWS adalah sebuah platform komputasi awan yang merupakan anak perusahaan dari Amazon. Platform ini diluncurkan pada tahun 2006 dan merupakan salah satu platform komputasi awan yang paling populer untuk machine learning. 

AWS membangun solusi web interaktif untuk bisnis. AWS juga memiliki banyak pilihan layanan IaaS dan PaaS, termasuk Elastic Cloud Compute (EC2), Elastic Beanstalk, Simple Storage Service (S3), dan Relational Database Service (RDS).

Infrastruktur AWS juga sangat mudah disesuaikan, memungkinkan kita untuk memangkas biaya dengan hanya menggunakan layanan yang dibutuhkan.

AWS juga menyediakan berbagai produk machine learning seperti:

  • Amazon SageMaker : produk ini digunakan untuk membuat dan melatih model machine learning.
  • Amazon Augmented AI: produk ini digunakan untuk menerapkan tinjauan manusia terhadap model machine learning.
  • Amazon Forecast : produk ini menggunakan machine learning untuk meningkatkan akurasi forecast (perkiraan).
  • Amazon Translate : produk ini menggunakan machine learning dan NLP untuk menerjamahkan bahasa
  • Amazon Personalize : produk ini membuat rekomendasi pribadi dalam sistem machine learning
  • AWS Deep Learning AMI’s : produk ini digunakan untuk solusi Deep Learning
  • Amazon Polly : produk ini digunakan untuk mengkonversi teks menjadi suara

2. Microsoft Azure

Sumber: https://www.kindpng.com/

Microsoft Azure merupakan salah satu platform komputasi awan yang dibuat oleh Microsoft. Platform ini dirilis pada tahun 2010 dan menjadi platform terbaik dalam komputasi awan untuk machine learning dan data analitik, berkat rangkaian lengkap layanan yang tersedia dari raksasa teknologi Microsoft.

Beragam layanan yang disertakan cukup memenuhi kebutuhan bisnis apa pun di industri apa pun.
Dengan Microsoft Azure, kita dapat menjalankan layanan di cloud atau dapat juga menggabungkan dengan infrastruktur yang ada. Sejak awal perilisan Microsoft Azure sudah menjadi pilihan yang solid bagi perusahaan yang ingin bertransformasi secara digital.

Beberapa produk dari Microsoft Azure untuk machine learning yakni:

  • Microsoft Azure Cognitive Service : produk ini menyediakan layanan kognitif cerdas untuk aplikasi
  • Microsoft Azure Databricks : produk ini menyediakan analitik berbasis Apache-Spark
  • Microsoft Azure Bot Service : ini menyediakan layanan bot cerdas yang dapat diskalakan.
  • Microsoft Azure Cognitive Search: ini merupakan layanan dasar machine learning untuk mobile (seluler) dan aplikasi web. 
  • Microsoft Azure Machine Learning: ini digunakan untuk membuat model machine learning pada cloud.

3. Google Cloud

Sumber: https://www.kindpng.com/

Platform Google Cloud adalah sebuah platform komputasi awan yang disediakan oleh Google. Google Cloud dirilis pada tahun 2008 dan saat ini menjadi layanan cloud computing yang andal, user-friendly, berorientasi keamanan dari salah satu raksasa teknologi terbesar saat ini. 

Meskipun pilihan layanan Google Cloud tidak seluas Azure, tapi masih cukup untuk memenuhi kebutuhan IaaS dan Paas Anda. Sama seperti Azure, layanan untuk 12 bulan pertama tetap gratis. Ditambah, Google mengklaim layanannya lebih murah dan lebih ramah anggaran jika dibandingkan dengan platform lain.

Google Cloud menyediakan bermacam-macam produk untuk machine learning seperti:

  • Google Cloud AutoML : digunakan untuk melatih model machine learning AutoML dan pengembangannya. 
  • Platform Google Cloud AI : digunakan untuk menciptakan, melatih, dan mengelola model dari machine learning
  • Google Cloud Speech-to-Text : ini adalah sistem pengenalan suara untuk transmisi dari ucapan ke text dan mendukung 120 bahasa.
  • Google CLoud Vision AI : digunakan untuk menciptakan model machine learning untuk cloud vision yang mendeteksi text, dsb.
  • Google Cloud Text-to-Speech : ini adalah sebuah sistem pembuatan ucapan untuk transimisi dari teks ke ucapan.
  • Google Cloud Natural Languange : ini untuk pemrosesan bahasa alami untuk menganalisis dan mengklasifikasikan teks.

4. IBM Cloud

Sumber: https://access.redhat.com/

Platform IBM Cloud adalah platform komputasi awan yang ditawarkan oleh IBM. Platform ini menyediakan berbagai model layanan cloud yang secara publik, privasi, dan model hibrid. 

IBM Cloud berfokus pada layanan cloud computing seperti IaaS (Infrastucture as a Service), SaaS (Software as a Service), dan PaaS (Platform as a Service). 

IBM Cloud menyediakan berbagai produk untuk machine learning diantaranya:

  • IBM Watson Studio : digunakan untuk membangun model machine learning dan kecerdasan buatan serta menyiapkan dan menganalisis data.
  • IBM Watson Speech-to-Text : ini adalah sebuah sistem pengenalan suaran untuk mengkonversi ucapan dan audio menjadi teks tulisan.
  • IBM Watson Text-to-Speech : ini merupakan sebuah sistem pembuatan ucapan yang menkonversi teks menjadi audio suara alami
  • IBM Watson Natural Language Understanding : ini untuk memproses bahasa alami untuk menganalisis dan mengklasifikasi teks.
  • IBM Watson Visual Recognition : ini menggunakan machine learning untuk mencari gambar visual dan mengklasifikasinya.
  • IBM Watson Assistant : ini digunakan untuk membuat dan mengelola asisten virtual.

Referensi:

Posting Komentar untuk "4 Platform Cloud Computing untuk Transformasi Bisnis Digital"