Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

GSM vs CDMA: Apa Perbedaan Keduanya? Simak Penjelasan Berikut!

Layanan seluler telah digunakan di seluruh dunia dalam waktu yang lama dan terus berkembang dari hari ke hari. Berbagai layanan komunikasi juga berkembang, dua di antaranya adalah CDMA dan GSM.

CDMA dan GSM adalah dua standar teknologi paling penting yang dikenal dalam komunikasi seluler. Baik GSM maupun CDMA mengubah data dari telepon seluler menjadi gelombang radio.

Namun, teknologi ini dapat dibedakan melalui cara panggilan dan transfer data dalam jaringan. Salah satu perbedaan utama antara CDMA dan GSM yaitu GSM menggunakan kartu SIM untuk menghubungkan telepon seluler dengan jaringannya, sedangkan CDMA tidak memerlukan kartu SIM dan beroperasi dengan menggunakan ESN (Electronic Serial Number).

GSM vs CDMA: Apa Perbedaan Keduanya? Simak Penjelasan Berikut!

Pada artikel ini, kita akan memahami apa itu teknologi GSM dan CDMA serta bagaimana perbedaan detail di antara keduanya. Yuk, simak!

Daftar Isi

Apa itu GSM?

GSM atau Global System for Mobile Communication adalah standar komunikasi seluler digital yang digunakan untuk mentransmisikan dan menerima data dan sinyal suara melalui jaringan.

GSM juga dikenal sebagai standar generasi kedua untuk jaringan seluler atau telekomunikasi, dan beroperasi pada spektrum gelombang.

GSM menggunakan metode multiplexing TDMA (Time Division Multiple Access) dan FDMA (Frequency Division Multiple Access) untuk memisahkan pengguna dan sel serta mentransmisikan sinyal.

Berkat standar GSM, berbagai layanan nirkabel lainnya seperti GPRS (General Packet Radio Service), UMTS (Universal Mobile Radio System), dan EDGE (Enhanced Data Rates for GSM Evolution) juga berkembang.

GSM beroperasi pada tiga frekuensi radio yang berbeda, yaitu 900MHz, 1800MHz, dan 1900MHz.

Dari ketiga frekuensi ini, frekuensi pita 900MHz digunakan oleh sistem GSM asli, dan frekuensi pita 1800MHz digunakan untuk memberikan dukungan tambahan bagi peningkatan jumlah pelanggan. Pita 1900MHz khusus digunakan di Amerika Serikat.

Pengguna GSM pertama kali memanfaatkan layanan Short Message System (SMS), di mana pengguna dapat berkomunikasi satu sama lain menggunakan pesan teks melalui jaringan yang diberikan.

Kelebihan GSM

  • Dengan teknologi GSM, pengguna dapat menggunakan ponsel dengan biaya yang lebih terjangkau, serta infrastruktur base station yang lebih ekonomis.
  • GSM meningkatkan efisiensi penggunaan spektrum frekuensi, sehingga memungkinkan lebih banyak pengguna untuk berkomunikasi dalam area yang sama.
  • Sinyal suara dan data dalam GSM memiliki kualitas yang tinggi, sehingga pengguna dapat menikmati panggilan yang jernih dan transfer data yang cepat.
  • GSM kompatibel dengan ISDN (Integrated Services Digital Network), sehingga memungkinkan integrasi layanan suara dan data yang lebih luas.

Apa itu CDMA?

CDMA adalah singkatan dari Code Division Multiple Access, yang juga merupakan standar telekomunikasi radio yang mirip dengan GSM.

CDMA mulai digunakan pada generasi 2G dan 3G sebagai protokol komunikasi nirkabel.

Standar ini didasarkan pada teknologi spread spectrum dan memanfaatkan bandwidth yang tersedia secara optimal. Karena menggunakan teknologi spread spectrum, setiap pengguna dapat mentransmisikan data di seluruh spektrum frekuensi kapan saja.

CDMA menyediakan salah satu mode komunikasi yang paling aman karena sifat spread spectrum-nya.

CDMA digunakan dalam sistem seluler UHF (Ultra High Frequency), dengan rentang frekuensi antara 800MHz hingga 1900MHz.

Kelebihan CDMA

  • CDMA menggunakan teknik akses spektrum yang efisien, yang memungkinkan banyak pengguna berbagi frekuensi yang sama secara bersamaan.
  • CDMA memiliki ketahanan yang lebih baik terhadap gangguan dan interferensi, sehingga memberikan kualitas panggilan dan transfer data yang lebih baik dalam kondisi jaringan yang padat.
  • CDMA memiliki kapasitas jaringan yang lebih besar, sehingga mampu menangani lebih banyak panggilan dan lalu lintas data secara bersamaan.
  • CDMA memiliki keunggulan dalam mendukung layanan yang lebih maju, seperti video call dan transfer data berkecepatan tinggi.

Perbedaan antara GSM dan CDMA

1. Teknologi yang digunakan

GSM didasarkan pada teknologi wedge spectrum, juga dikenal sebagai carrier. Carrier ini dibagi menjadi berbagai slot waktu berdasarkan teknologi TDMA, dan setiap slot waktu ditugaskan untuk setiap pengguna. Karena itu, sampai satu panggilan keluar selesai, pengguna lain tidak dapat mengakses slot tersebut. GSM menggunakan FDMA untuk memberikan akses multiuser dengan membagi frekuensi pengguna.

Sebaliknya, CDMA menggunakan teknologi spread spectrum dan dengan demikian memanfaatkan bandwidth yang tersedia secara optimal. Ini memungkinkan setiap pengguna untuk mentransfer data di seluruh spektrum frekuensi kapan saja.

2. Kartu SIM

SIM (Subscriber Identity Module) adalah kartu pintar yang berisi informasi identifikasi pengguna untuk mengidentifikasi pelanggan pada perangkat teleponi. Pada telepon berbasis GSM, diperlukan kartu SIM untuk mentransmisikan data atau panggilan. Kartu-kartu ini dapat dengan mudah diganti dari satu ponsel ke ponsel lain dengan informasi yang tersimpan.

Di sisi lain, perangkat berbasis CDMA tidak memerlukan kartu SIM melainkan menggunakan ESN (Electronic Serial Number). Karena tidak menggunakan kartu SIM, mengganti perangkat dari yang lain menjadi sulit dan membutuhkan prosedur yang tepat.

3. Fleksibilitas

Standar GSM lebih fleksibel dibandingkan CDMA. Hal ini karena dalam GSM, kartu SIM dapat dimasukkan ke dalam perangkat apa pun dan dapat digunakan. Sedangkan, ponsel CDMA hanya dapat digunakan jika ESN terdaftar dalam database-nya.

Jika sebuah CDMA berhenti berfungsi pada suatu ponsel, kita perlu membeli ponsel baru, sedangkan jika sebuah SIM berhenti berfungsi, kita dapat menggunakan SIM lain daripada mengganti ponsel.

4. Frekuensi spectrum

GSM bekerja pada rentang frekuensi antara 850 MHz hingga 1900 MHz, sedangkan CDMA juga beroperasi dalam rentang frekuensi 850MHz hingga 1900MHz.

5. Paparan radiasi

Pada telepon GSM, terjadi paparan radiasi 28 kali lebih banyak dibandingkan telepon CDMA.

Telepon GSM secara terus-menerus mengirimkan pulsa gelombang, sedangkan telepon CDMA tidak secara terus-menerus menghasilkan pulsa-pulsa tersebut.

6. Jangkauan global

GSM lebih banyak digunakan secara global dibandingkan teknologi CDMA. Sekitar 80% jaringan seluler di 210 negara menggunakan GSM dibandingkan CDMA. Ponsel berbasis CDMA sebagian besar digunakan di Amerika Serikat, Kanada, dan Jepang.

7. Keamanan

CDMA memberikan keamanan yang lebih tinggi dibandingkan dengan teknologi GSM karena memiliki enkripsi bawaan dan menggunakan spread spectrum untuk transmisi data.

Pada CDMA, deteksi sinyal lebih sulit dibandingkan dengan GSM. Oleh karena itu, lebih aman.

8. Kecepatan transfer data

Kecepatan transfer data lebih tinggi pada teknologi CDMA dibandingkan dengan GSM. Pada CDMA, digunakan teknologi transfer data EVDO, yang memberikan kecepatan unduh maksimum 2 Mbps.

Di sisi lain, GSM menggunakan teknologi transfer data EDGE yang memberikan kecepatan unduh maksimum 384 Kbps, yang jauh lebih lambat dibandingkan CDMA.

Demikianlah penjelasan mengenai perbedaan antara teknologi GSM dan CDMA. Kalau kalian pakai yang mana? Tulis di kolom komentar ya!

Referensihttps://www.javatpoint.com/cdma-vs-gsm

Trivusi
Trivusi Ikatlah ilmu dengan menulis. Menebar manfaat dengan berbagi :)

Posting Komentar untuk "GSM vs CDMA: Apa Perbedaan Keduanya? Simak Penjelasan Berikut!"