Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Inilah Alasan Mengapa Google Menjadi Mesin Pencari Nomor 1

Inilah Alasan Mengapa Google Menjadi Mesin Pencari Nomor 1
Sumber gambar: pixabay.com

Siapa sih yang ga kenal sama si Mbah satu ini? Ya, Mbah Google, begitu julukan yang sering disematkan kepada mesin pencari satu ini. Hal ini tak lepas dari persepsi bahwa Google adalah mesin pencari yang serba tahu.

Di masa sekarang rasanya hampir mustahil masyarakat Indonesia terutama generasi muda tidak mengenal mesin pencari Google. Kebanyakan orang sudah menggunakan layanan pencarian Google untuk menemukan informasi, hiburan, sampai berita viral yang baru saja terjadi.

Berkat kepopulerannya, hingga saat ini Google telah melayani 4 miliar pencarian setiap harinya. Sebuah angka yang fantastis, bukan?

Kepopuleran Google sendiri didukung oleh banyak faktor. Namun, sebagai sebuah mesin pencari ada beberapa aspek yang membuat Google mampu mendominasi dan menyingkirkan kompetitor sejenis di kategori mesin pencari.

Dikutip dari laman tanya jawab Quora, setidaknya ada 6 faktor yang membuat Google unggul dari pesaingnya dan mampu membuatnya menjadi mesin pencari nomor 1.

Adapun faktor-faktor tersebut adalah sebagai berikut:

1. Kecepatan

Dari aspek ini, Google menang dari pesaingnya karena mampu memberikan hasil pencarian 5-10x lebih cepat kepada pengguna. Bahkan saat sebelum Google ada, pengguna tidak pernah membayangkan bahwa mesin pencari bisa secepat sekarang.

Google sangat bangga dengan kecepatannya. Karenanya Google tak segan dan sangat percaya diri untuk menunjukkan berapa milidetik waktu yang dibutuhkan untuk memproses kata kunci yang diketik oleh pengguna. Waktu pemrosesan ini ditampilkan di bagian atas hasil pencarian (misalnya "0,38 detik").

Hal ini untuk memberi kesan kepada penggunanya bahwa mereka sangat peduli akan kecepatan.

2. Mesin indeks yang bisa menjangkau lebih dalam

Bot crawler milik Google merayapi lebih banyak halaman web daripada pesaingnya. Hal ini secara tidak langsung bisa mengarahkan kepada hasil pencarian yang lebih beragam dan memiliki nilai bagi pengguna.

Google juga menunjukkan hal ini di bagian atas hasil pencarian (misalnya "Sekitar 14.800.000 hasil") untuk meyakinkan pengguna bahwa mereka lebih besar dan lebih baik.

3. Hasil pencarian yang relevan

Berkat faktor sebelumnya (nomor 2), hasil pencarian yang disuguhkan bisa lebih relevan dengan apa yang diinginkan oleh pengguna. Algoritma PageRank yang dipakai oleh Google juga berperan penting untuk memberikan hasil yang lebih akurat dan mengeliminasi informasi yang tidak penting.

Hal ini membuat pengguna yang menggunakan layanan Google merasa terbantu dan seiring waktu tumbuh kepercayaan yang kuat. Orang akan berpikir bahwa Google dapat diandalkan untuk mengatasi masalah mereka. Jika pengguna puas, tentu dia akan menggunakannya kembali di lain waktu.

Tentunya dengan itu membuat pesaing seperti Bing, Yahoo!, dan sejenisnya tak berkutik di hadapan Google. 

4. Memiliki tampilan yang minimalis

Mesin pencari lainnya memiliki UI yang kompleks dengan iklan banner dan gangguan lainnya. Sebaliknya, Google menghadirkan antarmuka yang minimalis dan bersih di mana pencarian adalah satu-satunya hal yang difokuskan.

5. Snippet untuk kueri tertentu

Fitur ini tampak sepele, tetapi Google adalah mesin pencari pertama yang menampilkan cuplikan pada hasil pencarian.

Fitur ini menunjukkan bagian mana dari hasil pencarian yang cocok dengan kueri kata kunci. Hal Ini sangat berguna dalam mencari tahu hasil mana yang relevan dan mana yang tidak dengan hanya melihat halaman hasil pencarian.

6. Fokus pada satu produk utama

Mesin pencari telah menjadi produk utama Google sejak awal dan merupakan satu-satunya produk selama beberapa tahun pertama. Fokus pada satu area biasanya sangat bermanfaat bagi perusahaan dalam hal pengembangan produk.

Setelah menjadi mesin pencari yang dominan, Google tidak berpuas diri dan memperlambat pengembangan produk di pencarian.

Sebaliknya, mereka menggandakan upaya dan berinvestasi besar-besaran untuk lebih meningkatkan aktivitas pencarian oleh pengguna dengan melakukan hal-hal seperti membangun framework pengujian A/B yang baik, berinvestasi dalam teknologi pusat data, mencari tahu strategi monetisasi mereka, dll.

Semua ini adalah upaya Google untuk tetap dapat mendominasi pasar dan menjadi mesin pencari nomor 1.

***

Itulah penjelasan mengenai alasan mengapa Google menjadi mesin pencari nomor 1. Faktor lain yang juga penting dan ikut mendongkrak popularitas Google adalah karena mereka merupakan perusahaan di balik Android, salah satu sistem operasi mobile yang juga digunakan oleh banyak orang.

Semoga informasi di atas bermanfaat dan sampai jumpa di artikel berikutnya.

Salam!

Trivusi
Trivusi Ikatlah ilmu dengan menulis. Menebar manfaat dengan berbagi :)

Posting Komentar untuk "Inilah Alasan Mengapa Google Menjadi Mesin Pencari Nomor 1"