Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa itu SMTP? Pengertian, Komponen, dan Cara Kerjanya

Email adalah salah satu layanan internet yang memiliki manfaat yang penting di dunia digital saat ini. Sebagian besar sistem internet menggunakan SMTP sebagai metode untuk mentransfer email dari satu pengguna ke pengguna lain

SMTP adalah protokol push dan digunakan untuk mengirim email sedangkan POP atau IMAP digunakan untuk mengambil email tersebut di sisi penerima.

Di artikel ini kita akan membahas lebih lanjut mengenai protokol SMTP. Yuk, simak!

Daftar Isi

Pengertian SMTP

SMTP merupakan singkatan dari Simple Mail Transfer Protocol, yakni seperangkat pedoman komunikasi yang memungkinkan perangkat lunak untuk mengirimkan surat elektronik (email) melalui internet.

Apa itu SMTP? Pengertian, Komponen, dan Cara Kerjanya

SMTP adalah protokol jaringan pada lapisan application layer. Klien yang ingin mengirim email membuka koneksi TCP ke server SMTP dan kemudian mengirim email melalui koneksi yang terbentuk.

Server SMTP selalu dalam keadaan standby. Segera setelah menerima koneksi TCP dari klien, SMTP memulai koneksi melalui port 25. Setelah berhasil membuat koneksi TCP, klien mengirim email secara instan.

Singkatnya, SMTP adalah program yang digunakan untuk mengirim pesan ke pengguna komputer lain berdasarkan alamat email.

SMTP menyediakan pertukaran email antara pengguna di komputer yang sama atau berbeda. Berikut ini adalah kemampuan yang ditawarkan oleh protokol SMTP:

  • Mengirimkan satu pesan ke satu penerima atau lebih.
  • Pesan yang dikirim dapat berupa teks, suara, video atau grafik.
  • Dapat mengirim pesan pada jaringan di luar internet.

Tujuan utama dari SMTP adalah untuk mengatur kaidah komunikasi antar server. Server memiliki cara untuk mengidentifikasi diri mereka sendiri dan mengumumkan jenis komunikasi apa yang dilakukan.

Server juga memiliki cara untuk menangani kesalahan seperti alamat email yang salah. Misalnya, jika alamat penerima salah, maka server penerima membalas dengan semacam pesan kesalahan.

Komponen pada SMTP

Protokol SMTP dapat dipecah menjadi SMTP client dan SMTP server yang bertindak sebagai User Agent (UA) dan Mail Transfer Agent (MTA).

User Agent (UA) menyiapkan pesan, membuat amplop dan kemudian memasukkan pesan ke dalam amplop. Mail Transfer Agent (MTA) mentransfer surat ini melalui internet.

Dalam model SMTP, pengguna hanya berurusan dengan User Agent (UA), misalnya, GMail, Microsoft Outlook, dll. 

Untuk bertukar email menggunakan TCP, maka menjadi tanggungjawab Mail Transfer Agent (MTA).

Pengguna yang mengirim email tidak harus berurusan dengan MTA karena merupakan tanggung jawab admin sistem untuk menyiapkan MTA lokal.

MTA menyiapkan antrian surat sehingga dapat menjadwalkan pengiriman surat berulang jika penerima tidak tersedia. MTA mengirimkan surat ke mailbox dan informasinya nanti dapat diunduh oleh User Agent.

Cara Kerja SMTP

Berikut ini adalah cara kerja protokol SMTP pada proses pengiriman pesan email:

Pengguna membuat pesan email menggunakan Mail User Agent (MUA). Pesan berisi dua bagian: body dan header.

Body adalah bagian utama dari pesan sedangkan header berisi informasi seperti alamat pengirim dan penerima.

Header juga menyertakan informasi deskriptif seperti subjek pesan. Ibaratnya, body pesan seperti surat dan header seperti amplop yang berisi alamat penerima.

Setelah menulis email, email client kemudian mengirimkan email yang sudah diisi ke SMTP server dengan menggunakan SMTP pada port TCP 25.

Alamat email berisi dua bagian: nama pengguna penerima dan nama domain. Misalnya, [email protected], di mana "budi" adalah nama pengguna penerima dan "gmail.com" adalah nama domain.

Jika nama domain alamat email penerima berbeda dengan nama domain pengirim, maka MSA akan mengirimkan email tersebut ke Mail Transfer Agent (MTA).

Untuk menyampaikan email, MTA akan menemukan domain target. Ia memeriksa data MX dari Domain Name System untuk mendapatkan domain target.

Data MX berisi nama domain dan alamat IP dari domain penerima. Setelah catatan ditemukan, MTA terhubung ke server pertukaran untuk menyampaikan pesan.

Setelah pesan masuk diterima, server pertukaran mengirimkannya ke Mail Delivery Agent (MDA) yang menyimpan email dan menunggu pengguna untuk mengambilnya.

Email yang tersimpan di MDA dapat diambil dengan menggunakan MUA (Mail User Agent). MUA dapat diakses dengan menggunakan login dan password.

Perbedaan SMTP dengan IMAP dan POP

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya bahwa SMTP adalah salah satu dari beberapa protokol email. Selain SMTP, ada dua protokol email lain yang juga umum digunakan yaitu POP dan IMAP.

Perbedaan utama antara protokol SMTP dengan POP dan IMAP adalah SMTP satu-satunya protokol untuk mengirim atau push (meluncurkan) email dari satu server email yang tidak dikenal ke server email lainnya.

Sedangkan POP dan IMAP adalah protokol untuk menerima atau pull (menjemput) email untuk penerima dari server email mereka sendiri.

Jadi, POP dan IMAP membatasi transfer email ke server email terverifikasi saja. Keduanya tidak dapat digunakan untuk komunikasi di luar jaringan.

Penutup

Demikianlah penjelasan singkat mengenai pengertian, komponen, dan cara kerja dari protokol SMTP. Semoga informasi yang disajikan dapat bermanfaat dan menambah khazanah pengetahuan kita.

Apabila Anda suka dengan artikel seperti ini, jangan lupa kunjungi rubrik Jaringan untuk informasi dan artikel menarik mengenai jaringan komputer.

Salam!

Referensi:

Trivusi
Trivusi Ikatlah ilmu dengan menulis. Menebar manfaat dengan berbagi :)

Posting Komentar untuk "Apa itu SMTP? Pengertian, Komponen, dan Cara Kerjanya"