Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa itu FTP? Fungsi, Cara Kerja, Kelebihan, dan Kekurangannya

FTP merupakan singkatan dari File Transfer Protocol, yakni sebuah protokol internet standar yang disediakan oleh TCP/IP untuk mentransmisikan file dari satu host ke host lainnya.

Protokol ini banyak digunakan untuk mentransfer file halaman web dari pembuatnya ke komputer yang bertindak sebagai server untuk komputer lain di internet. FTP juga digunakan untuk mengunduh file ke komputer dari server lain.

Apa itu FTP? Fungsi, Cara Kerja, Kelebihan, dan Kekurangannya

FTP memungkinkan perangkat lunak, data, file teks untuk ditransfer antar berbagai jenis komputer. Pengguna akhir dalam koneksi FTP dikenal sebagai localhost dan server yang menyediakan data dikenal sebagai remote host.

Daftar Isi

Sejarah Perkembangan FTP

Spesifikasi pertama untuk FTP diterbitkan sebagai RFC 114 pada 16 April 1971, dan ditulis oleh Abhay Bhushan, yang saat itu menjadi mahasiswa Massachusetts Institute of Technology.

Tujuan awal dikembangkannya FTP adalah untuk memungkinkan transfer file melalui ARPANET, pendahulu internet.

Ketika internet modern mulai terbentuk, spesifikasi FTP mengalami beberapa revisi untuk menyesuaikan dengan standar jaringan, termasuk TCP/IP.

Pada tahun 1980, versi baru FTP didefinisikan dalam RFC 765 oleh Jon Postel, seorang ilmuwan peneliti di Institut Ilmu Informasi di Universitas California Selatan pada saat itu.

Lima tahun kemudian, FTP didefinisikan ulang lagi dengan RFC 959, yang memperkenalkan kemampuan manajemen baru untuk protokol, termasuk kemampuan untuk membuat dan menghapus direktori file.

Iterasi FTP sebelumnya sebagian besar terbatas pada mentransfer file ke dan dari struktur direktori file yang ada.

Pada tahun 1997, RFC 959 diperbarui dengan kemampuan baru yang ditentukan dalam RFC 2228 untuk menyediakan kemampuan keamanan. Dua tahun kemudian, FTP diperbarui dengan RFC 2428 untuk mendukung protokol IPv6.

Fungsi dan Kegunaan FTP

Meskipun mentransfer file dari satu sistem ke sistem lain sangat sederhana dan mudah, tetapi terkadang dapat menyebabkan masalah.

Misalnya, dua sistem mungkin memiliki konvensi file yang berbeda. Kedua sistem tersebut bisa saja memiliki cara yang berbeda untuk merepresentasikan teks dan data. Atau bisa juga memiliki struktur direktori yang berbeda.

Protokol FTP hadir sebagai protokol komunikasi standar dan mengatasi masalah tersebut dengan membangun dua koneksi antar host.

Satu koneksi digunakan untuk transfer data, dan koneksi lain digunakan untuk koneksi kontrol.

Adapun kegunaan dari protokol FTP adalah:

  • Mendorong penggunaan komputer jarak jauh secara langsung.
  • Menyediakan protokol komunikasi standar untuk berbagi file.
  • Melindungi pengguna dari berbagai variasi sistem seperti sistem operasi, struktur direktori, struktur file, dll.
  • Dapat mentransfer data dengan lebih andal dan efisien.

Cara Kerja FTP

Koneksi protokol FTP dibuat antara dua sistem dan keduanya berkomunikasi satu sama lain menggunakan jaringan.

Pada proses koneksi, pengguna bisa mendapatkan izin dengan memberikan kredensial ke server FTP atau bisa menggunakan FTP anonim.

Ketika koneksi FTP dibuat, ada dua jenis saluran komunikasi yang juga dibuat dan mereka dikenal sebagai saluran perintah dan saluran data.

Saluran perintah digunakan untuk mentransfer perintah dan tanggapan dari klien ke server dan server ke klien.

FTP menggunakan pendekatan yang sama seperti TELNET atau SMTP untuk berkomunikasi melalui koneksi kontrol. Saluran ini menggunakan set karakter NVT ASCII untuk komunikasi dengan nomor port 21.

Sedangkan saluran data digunakan untuk mentransfer data sebenarnya antara klien dan server. Saluran ini menggunakan nomor port 20.

Klien FTP yang menggunakan URL memberikan perintah FTP bersama dengan alamat server FTP. Segera setelah server dan klien terhubung ke jaringan, pengguna masuk menggunakan ID Pengguna dan kata sandi.

Jika pengguna tidak terdaftar di server, maka dia juga dapat mengakses file dengan menggunakan login anonim di mana kata sandi adalah alamat email klien.

Server memverifikasi login pengguna dan memungkinkan klien untuk mengakses file. Klien mentransfer file yang diinginkan dan keluar dari koneksi.

Jenis-jenis FTP

Ada beberapa cara berbeda agar server FTP dan perangkat lunak klien dapat melakukan transfer file menggunakan FTP:

1. Anonymous FTP

Anonymous FTP adalah bentuk paling dasar dari FTP. FTP ini memberikan dukungan untuk transfer tanpa mengenkripsi data atau menggunakan nama pengguna dan kata sandi. 

Anonymous FTP paling sering digunakan untuk mengunduh materi yang diizinkan untuk distribusi tidak terbatas.

2. Password-protected FTP

FTP ini juga merupakan layanan FTP dasar, tetapi memerlukan penggunaan nama pengguna dan kata sandi, meskipun layanan ini mungkin tidak dienkripsi. FTP ini menggunakan port 21.

3. FTP Secure (FTPS)

FTP Secure kadang-kadang disebut sebagai FTP Secure Sockets Layer (FTP-SSL).

FTPS awalnya digunakan untuk membantu mengaktifkan bentuk transfer data FTP yang lebih aman. Biasanya default menggunakan port 990.

4. FTP over Explicit SSL/TLS (FTPES)

FTP jenis ini memungkinkan dukungan TLS eksplisit dengan memutakhirkan koneksi FTP melalui port 21 ke koneksi terenkripsi.

FTPES merupakan pendekatan yang umum digunakan oleh layanan berbagi file dan web untuk memungkinkan transfer file yang aman.

5. Secure FTP (SFTP)

Secara teknis, SFTP bukan protokol FTP, tetapi fungsinya sama. SFTP adalah bagian dari protokol Secure Shell (SSH) yang berjalan di atas port 22.

SSH biasanya digunakan oleh administrator sistem untuk mengakses sistem dan aplikasi dari jarak jauh dan aman, dengan memanfaatkan SFTP yang menyediakan mekanisme dalam SSH untuk transfer file yang terenkripsi.

Contoh FTP

Berikut ini adalah beberapa contoh FTP client gratis yang bisa kita coba :

1. Filezilla

Filezilla merupakan FTP client yang paling banyak digunakan, kelebihannya adalah bisa menangani transmisi simultan (transfer multithreaded), support SFTP dan FTPS.

Selain itu bisa dipakai untuk semua sistem operasi baik Windows, MacOSX ataupun Linux

2. Cyberduck

Cyberduck bisa menangani berbagai keperluan file transfer yang kita inginkan : SFTP, WebDev, Amazon S3, dan lain sebagainya.

Tampilan aplikasi ini sangat minimalis sehingga mudah digunakan. Tersedia untuk Windows dan MacOSX.

3. FireFTP

FireFTP adalah add-on Mozilla Firefox yang mempunyai fitur FTP/FTPS client tetapi langsung dari browser. Tersedia untuk Windows, MacOSX, dan Linux.

Kelebihan FTP

Berikut adalah beberapa kelebihan dari FTP:

  • FTP membantu mentransfer beberapa file besar antar sistem.
  • FTP sangat sederhana untuk diterapkan dan digunakan, sehingga menjadi protokol koneksi yang banyak digunakan.
  • FTP membantu mengatur file dan mentransfernya secara efisien melalui jaringan.
  • FTP menyediakan akses ke pengguna mana pun hanya melalui ID pengguna dan kata sandi. Selain itu, server dapat membuat beberapa tingkat akses.
  • Jika transfer file terganggu, maka pengguna dapat melanjutkan transfer file kapan pun koneksi dibuat.
  • FTP merupakan cara tercepat untuk mentransfer file dari satu komputer ke komputer lain.

Kekurangan FTP

Selain memiliki kelebihan, FTP juga memiliki kekurangan sebagai berikut:

  • FTP tidak menyediakan fasilitas enkripsi saat mentransfer file. Apalagi username dan password dalam teks biasa dan bukan kombinasi simbol, angka, dan abjad, sehingga lebih mudah diserang oleh peretas.
  • FTP adalah salah satu protokol tertua dan karenanya menggunakan beberapa koneksi TCP/IP untuk mentransfer file. Koneksi ini terhalang oleh firewall.
  • Koneksi FTP sulit dipindai dari virus, yang dapat meningkatkan risiko kerentanan.
  • FTP memberikan izin pengguna dan akses perangkat seluler yang sangat terbatas.
  • FTP membutuhkan lebih banyak memori dan upaya pemrograman, karena sangat sulit untuk menemukan kesalahan tanpa perintah.

Penutup

Demikianlah penjelasan singkat mengenai protokol FTP pada jaringan komputer. Semoga informasi yang disajikan dapat bermanfaat dan menambah khazanah pengetahuan kita.

Apabila Anda suka dengan artikel seperti ini, Anda bisa mengunjungi rubrik Jaringan atau membaca artikel lainnya mengenai "Pengertian dan Cara Kerja DNS".

Salam!

Referensi:

Trivusi
Trivusi Ikatlah ilmu dengan menulis. Menebar manfaat dengan berbagi :)

Posting Komentar untuk "Apa itu FTP? Fungsi, Cara Kerja, Kelebihan, dan Kekurangannya"