Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa itu Komputer? Pengertian, Jenis, dan Manfaatnya

Komputer telah menjadi bagian dari hidup kita. Ada banyak hal yang kita lakukan dalam sehari menggunakan komputer. Beberapa contohnya, seperti saat menarik uang tunai dari ATM, kita menggunakan komputer yang memungkinkan ATM mengambil instruksi dan mengeluarkan uang tunai sesuai dengan perintah yang kita input.

Apa itu Komputer? Pengertian, Jenis, dan Manfaatnya

Di artikel ini kita akan membahas lebih dalam mengenai komputer, jenis, serta manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari. Baca hingga tuntas, ya!

Daftar Isi

Pengertian Komputer

Komputer adalah perangkat elektronik yang dapat diprogram untuk menerima data mentah sebagai input dan memprosesnya melalui serangkaian instruksi (program) untuk mengeluarkan hasil sebagai output.

Apa itu Komputer? Pengertian, Jenis, dan Manfaatnya
Sumber: freepik.com

Komputer membuat output tepat setelah melakukan operasi matematika dan logika. Output yang dihasilkan oleh komputer dapat disimpan untuk digunakan di masa mendatang. Komputer juga dapat memproses numerik serta perhitungan non-numerik. 

Istilah “komputer” sendiri berasal dari kata latin “computare” yang berarti menghitung.

Komputer dirancang untuk menjalankan aplikasi dan menyediakan berbagai solusi melalui komponen perangkat keras dan perangkat lunak yang terintegrasi. Ia bekerja dengan bantuan program dan melalui serangkaian digit biner (bit) dapat menampilkan angka desimal.

Komputer juga memiliki memori yang menyimpan data, program, dan hasil pemrosesan. Komponen komputer seperti mesin yang meliputi kabel, transistor, sirkuit, hard disk disebut perangkat keras. Sedangkan program dan data disebut perangkat lunak.

Analytical Engine diyakini sebagai komputer pertama yang ditemukan oleh Charles Babbage pada tahun 1837. Mesin ini menggunakan kartu punch sebagai read-only memory (ROM). Charles Babbage juga dikenal sebagai bapak komputer.

Bagian-bagian dasar komputer yang cukup esensial karena tanpanya komputer tidak dapat bekerja adalah sebagai berikut:

  • Processor: Komponen yang digunakan untuk menjalankan instruksi dari perangkat lunak dan perangkat keras.
  • Memory: Merupakan memori utama untuk transfer data antara CPU dan storage device.
  • Motherboard: Perangkat ini adalah komponen yang menghubungkan semua bagian atau komponen lain dari komputer.
  • Storage device: Komponen untuk menyimpan data secara permanen, misalnya, hard drive.
  • Input device: Komponen ini memungkinkan kita untuk berkomunikasi dengan komputer atau memasukkan data, misalnya, keyboard.
  • Output device: Perangkat ini memungkinkan kita untuk melihat output. Contohnya: monitor.

Jenis-jenis Komputer

Komputer dibagi menjadi beberapa jenis berdasarkan kriteria yang berbeda, di antaranya (1) berdasarkan ukuran dan (2) kemampuannya menangani data.

I. Berdasarkan ukuran

Berdasarkan ukurannya, komputer dapat dibagi menjadi lima jenis:

  • Micro Computer
  • Mini Computer
  • Mainframe Computer
  • Super Computer
  • Workstation

1. Micro Computer

Micro computer adalah komputer pengguna tunggal yang memiliki kecepatan dan kapasitas penyimpanan yang lebih sedikit dibandingkan dengan jenis lainnya.

Komputer jenis ini menggunakan mikroprosesor sebagai CPU. Komputer mikro pertama dibangun dengan chip mikroprosesor 8-bit.

Contoh umum dari mikrokomputer misalnya laptop, komputer desktop, personal digital assistant (PDA), tablet, dan smartphone.

Mikrokomputer umumnya dirancang dan dikembangkan untuk penggunaan umum seperti browsing, mencari informasi, internet, MS Office, media sosial, dll.

2. Mini Computer

Mini computer juga dikenal sebagai komputer kelas menengah. Komputer jenis ini tidak dirancang untuk satu pengguna, melainkan komputer multi-pengguna yang dirancang untuk mendukung banyak pengguna secara bersamaan.

Jadi, mini computer umumnya digunakan oleh usaha kecil dan perusahaan. Masing-masing departemen perusahaan menggunakan komputer ini untuk tujuan tertentu. Misalnya, departemen penerimaan universitas dapat menggunakan komputer mini untuk memantau proses penerimaan mahasiswa baru.

3. Mainframe Computer

Mainframe computer juga merupakan komputer multi-pengguna yang mampu mendukung ribuan pengguna secara bersamaan.

Komputer jenis ini digunakan oleh perusahaan besar dan organisasi pemerintah untuk menjalankan operasi bisnis mereka karena mereka dapat menyimpan dan memproses data dalam jumlah besar.

Misalnya, bank, universitas, dan perusahaan asuransi masing-masing menggunakan mainframe computer untuk menyimpan data nasabah, mahasiswa, dan pemegang polis.

4. Super Computer

Super-computer adalah komputer tercepat dan termahal di antara semua jenis komputer. Komputer ini memiliki kapasitas penyimpanan yang besar dan komputasi yang cepat karena dapat melakukan jutaan instruksi per detik.

Super-komputer merupakan komputer untuk tugas khusus seperti aplikasi masalah perhitungan numerik skala besar dalam disiplin ilmu sains dan teknik termasuk elektro, teknik perminyakan, prakiraan cuaca, kedokteran, penelitian ruang angkasa dan banyak lagi.

Misalnya, NASA menggunakan supercomputer untuk meluncurkan satelit luar angkasa dan memantau serta mengendalikannya untuk penelitian jelajah ruang angkasa.

5. Work Station

Workstation adalah komputer pengguna tunggal. Meskipun seperti komputer pribadi, workstation memiliki mikroprosesor yang lebih kuat dan monitor berkualitas lebih tinggi daripada micro computer.

Dalam hal kapasitas dan kecepatan penyimpanan, komputer jenis ini berada di antara micro computer dan mini computer.

Workstation umumnya digunakan untuk aplikasi khusus seperti desktop publishing, pengembangan perangkat lunak, dan desain teknik.

II. Berdasarkan kemampuan penanganan data

Berdasarkan kemampuan penanganan data, komputer dibagi menjadi tiga jenis:

  • Analogue Computer
  • Digital Computer
  • Hybrid Computer

1. Analogue Computer

Analogue computer atau komputer analog dirancang untuk memproses data analog. Data analog adalah data kontinu yang berubah terus menerus dan tidak memiliki nilai diskrit.

Kita dapat menggunakan komputer analog ketika kita tidak selalu membutuhkan nilai pasti misalnya nilai kecepatan, suhu, tekanan, dan arus.

Komputer analog langsung menerima data dari alat pengukur tanpa terlebih dahulu mengubahnya menjadi angka dan kode.

Komputer jenis ini mengukur perubahan terus menerus dalam kuantitas fisik dan umumnya membuat output sebagai pembacaan pada dial atau skala. Speedometer dan termometer air raksa adalah contoh komputer analog.

2. Digital Computer

Digital computer—selanjutnya disebut komputer digital—dirancang untuk melakukan perhitungan dan operasi logis dengan kecepatan tinggi.

Komputer ini menerima data mentah sebagai input dalam bentuk digit atau bilangan biner (0 dan 1) dan memprosesnya dengan program yang disimpan dalam memorinya untuk menghasilkan output.

Semua komputer modern seperti laptop, desktop termasuk smartphone yang kita gunakan di rumah atau kantor adalah komputer digital.

3. Hybrid Computer

Hybrid computer atau komputer hybrid memiliki fitur komputer analog dan digital. Komputer ini cepat seperti komputer analog dan memiliki memori dan akurasi seperti komputer digital.

Komputer hybrid dapat memproses data kontinu dan diskrit. Ia menerima sinyal analog dan mengubahnya menjadi bentuk digital sebelum diproses.

Komputer ini banyak digunakan dalam aplikasi khusus di mana perlu melakukan pemrosesan data analog dan digital sekaligus. Misalnya, prosesor digunakan di pompa bensin yang mengubah pengukuran aliran bahan bakar menjadi kuantitas dan harga. Komputer ini juga digunakan di pesawat terbang, rumah sakit, dan aplikasi ilmiah.

Manfaat Menggunakan Komputer

Komputer memiliki segudang manfaat apabila digunakan dengan bijak, di antaranya:

  • Meningkatkan produktivitas: Komputer meningkatkan produktivitas kita. Misalnya, setelah memiliki pemahaman dasar mengenai aplikasi pengolah kata, seperti Microsoft Word, kita dapat membuat, mengedit, menyimpan, dan mencetak dokumen dengan mudah dan cepat.
  • Terhubung ke internet: Komputer dapat menghubungkan kita ke internet yang memungkinkan kita mengirim email, menelusuri konten, mendapatkan informasi, menggunakan platform media sosial, dan banyak lagi. Dengan terhubung ke internet, kita juga dapat tetap terhubung dengan teman dan anggota keluarga meskipun jauh.
  • Media penyimpanan data: Komputer memungkinkan kita untuk menyimpan banyak informasi, misalnya, kita dapat menyimpan proyek, ebook, dokumen, film, gambar, lagu, dan banyak lagi.
  • Data dan informasi terorganisir dengan baik: Komputer tidak hanya memungkinkan kita untuk menyimpan data tetapi juga memungkinkan kita untuk mengatur data. Misalnya, kita  dapat membuat folder yang berbeda untuk menyimpan data dan informasi yang berbeda dan dengan demikian dapat mencari informasi dengan mudah dan cepat.
  • Memudahkan perhitungan: Komputer membantu kita melakukan perhitungan numerik baik sederhana maupun kompleks. Misalnya jika kita tidak pandai matematika dan tidak memiliki ingatan yang bagus, kita dapat menggunakan komputer untuk melakukan perhitungan dan menyimpan hasilnya.
  • Membantu orang yang cacat fisik: Komputer dapat digunakan untuk membantu orang yang cacat fisik, misalnya Stephen Hawking, yang tidak dapat berbicara menggunakan komputer untuk berbicara. Komputer juga dapat digunakan untuk membantu orang buta dengan menginstal perangkat lunak khusus untuk membaca apa yang ada di layar.
  • Membuat kita tetap terhibur: Kita dapat menggunakan komputer untuk mendengarkan lagu, menonton film, bermain game, dan lainnya.

Penutup

Demikianlah penjelasan singkat mengenai komputer. Semoga informasi yang disampaikan bermanfaat dan sampai jumpa lagi di artikel berikutnya.

Apabila Anda suka dengan artikel ini jangan lupa share ke rekan-rekan di media sosial, atau kunjungi rubrik Arsikom untuk artikel-artikel bermanfaat lainnya.

Salam!

Referensi:

Trivusi
Trivusi Ikatlah ilmu dengan menulis. Menebar manfaat dengan berbagi :)

Posting Komentar untuk "Apa itu Komputer? Pengertian, Jenis, dan Manfaatnya"