Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membatasi Orang Memasukkan ke Grup WhatsApp Tanpa Izin

Cara Membatasi Orang Memasukkan ke Grup WhatsApp Tanpa Izin
Sumber gambar: unsplash.com

Cara Membatasi Orang Memasukkan ke Grup WhatsApp Tanpa Izin - Halo Sobat Trivusi! Bagaimana perasaan Anda ketika ada orang tak dikenal tiba-tiba memasukkan Anda ke grup WhatsApp tanpa izin? Tentunya kesal, bukan? Nah untuk menghindari hal seperti ini, simak artikel ini sampai habis, ya.

Logo WhatsApp. Sumber gambar: wikipedia.org

Grup WhatsApp adalah salah satu fitur unggulan dari platform pesan singkat milik Meta (sebelumnya bernama Facebook) sebagai tempat berkirim pesan dan berdiskusi antar sesama anggota keluarga, teman, atau bahkan rekan kerja.

Tetapi fitur ini sering dimanfaatkan oleh orang untuk dijadikan media promosi produk atau jasa dengan cara memasukkan banyak orang ke dalam sebuah grup. Grup-grup ini sering dibuat tanpa izin dari anggota dan kadang orang-orang yang dimasukkan menjadi sebal karena ulah oknum tersebut.

Sebagian besar dari kita tentu benci menjadi anggota dari grup yang tidak penting. Namun, sungkan untuk keluar karena takut dianggap tidak sopan.

Cara terbaik untuk mengatasinya adalah dengan memiliki filter yang akan menghentikan oknum-oknum tersebut secara acak menambahkan Anda ke grup.

Lalu, bagaimana cara mencegah orang-orang seperti itu melakukan hal itu kembali?

Untungnya, WhatsApp sadar akan masalah ini. Mereka akhirnya menyediakan pengaturan privasi bagi pengguna untuk memfilter hal-hal seperti ini terulang lagi.

Pengaturan yang disediakan memberikan keleluasan kepada Anda untuk mengatur siapa saja yang boleh menambahkan Anda ke grup. Jika belum pernah diubah, secara bawaan otomatis terpilih opsi 'Semua orang', yang artinya siapapun boleh menambahkan Anda ke grup—termasuk orang yang tidak Anda kenal.

Untuk menghindari ditambahkan ke grup oleh orang acak, Anda bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini: 

  1. Buka aplikasi WhatsApp. Di pojok kanan atas, klik tombol titik tiga yang ada di layar
  2. Pilih menu Settings (Pengaturan) kemudian pilih Account (Akun)
  3. Klik menu Privacy > Groups (Privasi > Grup). Jika belum pernah diubah, statusnya berisi 'Everyone' (Semua Orang)
  4. Ganti pilihannya dengan 'My Contacts' (Kontak saya) apabila Anda hanya mengizinkan nomor kontak yang Anda miliki boleh memasukkan ke grup.
    Atau Anda juga bisa memilih opsi 'My Contacts Except' (Kontak saya kecuali...) yang memungkinkan Anda menghapus kontak yang tidak diinginkan dari tindakan menambahkan ke grup.

Penutup

Demikianlah cara yang bisa Anda lakukan untuk membatasi orang dari tindakan memasukkan akun WhatsApp ke grup yang tidak dikehendaki. Untuk dapat menjalankan tutorial di atas, pastikan versi WhatsApp yang Anda gunakan adalah versi terbaru agar berhasil.

Semoga informasi di atas dapat berguna bagi sobat yang membutuhkan.

Salam!

Trivusi
Trivusi Ikatlah ilmu dengan menulis. Menebar manfaat dengan berbagi :)

Posting Komentar untuk "Cara Membatasi Orang Memasukkan ke Grup WhatsApp Tanpa Izin"