Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa itu Telnet? Pengertian, Cara Kerja, dan Kegunaannya

Telnet adalah protokol komputer yang menyediakan kompatibilitas komunikasi interaktif dua arah untuk komputer di internet dan jaringan area lokal.

Telnet memiliki antarmuka baris perintah dan terkenal sebagai protokol asli sejak internet pertama kali diluncurkan pada tahun 1969.

Seiring waktu, penggunaan Telnet menurun digantikan SSH (Secure Shell atau Secure Socket Shell). Telnet jarang digunakan lagi karena masalah keamanan saat digunakan melalui jaringan terbuka. Telnet tidak memiliki kebijakan otentikasi dan enkripsi data.

Di artikel ini kita akan membahas lebih lanjut mengenai Telnet, cara kerja, dan kegunaannya. Yuk, simak!

Daftar Isi

Apa itu Telnet?

Telnet merupakan singkatan dari Terminal Network, yakni jenis protokol yang memungkinkan satu komputer untuk terhubung ke komputer lokal secara remote.

Apa itu Telnet? Pengertian, Cara Kerja, dan Kegunaannya

Komputer yang memulai koneksi dikenal sebagai local computer, sedangkan komputer yang sedang terhubung atau menerima koneksi disebut sebagai remote computer.

Telnet berfungsi sebagai protokol jaringan yang digunakan oleh pengguna untuk mengakses komputer secara virtual. Selain itu, Telnet juga menyediakan saluran komunikasi dua arah, kolaboratif, dan berbasis teks antara dua mesin.

Telnet mengikuti perintah pengguna protokol jaringan TCP/IP untuk membuat sesi jarak jauh. Pada web, Hypertext Transfer Protocol (HTTP) dan File Transfer Protocol (FTP) memungkinkan pengguna untuk meminta file tertentu dari komputer jarak jauh.

Sementara, melalui Telnet, pengguna dapat masuk sebagai pengguna biasa dengan hak istimewa yang diberikan kepada aplikasi dan data tertentu di komputer tersebut.

Telnet beroperasi pada prinsip client/server. Local computer menggunakan program Telnet client dan  remote computer menggunakan program Telnet server.

Telnet kemungkinan besar akan digunakan oleh developer dan siapa saja yang memiliki kebutuhan untuk menggunakan aplikasi atau data tertentu yang terletak pada komputer jarak jauh.

Sejarah Telnet

Telnet awalnya dijalankan melalui protokol Network Control Program (NCP) dan disebut sebagai Teletype Over Network Protocol atau TONP.

Meskipun sudah digunakan secara informal untuk beberapa waktu, namun telnet secara resmi diluncurkan pada tanggal 5 Maret 1973.

Dalam bentuk awal, Telnet menggunakan American Standard Code for Information Interchange (ASCII) yang dikirimkan melalui saluran 8-bit untuk memungkinkan komputer jarak jauh berkomunikasi dengan teks dasar.

Seiring waktu, beberapa ekstensi Telnet dibuat. Telnet telah ada sebagai tools bagi programmer selama beberapa dekade.

Versi pertama Telnet dibuat untuk Advanced Research Projects Agency Network (ARPANET), pendahulu internet modern, pada 1960-an.

Project tersebut merupakan salah satu tools pertama yang dibuat untuk menghubungkan komputer dari jarak jauh dalam jarak yang jauh.

Protokol Telnet terus dikembangkan oleh para peneliti dan profesional pada tahun 1971 diikuti oleh sistem Telnet pada tahun 1983.

Cara Kerja Telnet

Telnet adalah jenis protokol client-server yang dapat digunakan untuk membuka baris perintah pada komputer jarak jauh, biasanya server.

Pengguna dapat menggunakan protokol ini untuk melakukan ping ke port dan mencari tahu apakah port tersebut terbuka.

Telnet bekerja dengan emulator koneksi terminal virtual, atau instance abstrak dari koneksi ke komputer, menggunakan protokol standar untuk bertindak seperti terminal fisik yang terhubung ke mesin.

FTP juga dapat digunakan bersama dengan Telnet untuk pengguna yang bekerja untuk mengirim file data.

Pengguna terhubung dari jarak jauh ke mesin menggunakan Telnet, kadang-kadang disebut sebagai Telnetting ke dalam sistem.

Pengguna diminta untuk memasukkan nama pengguna dan kombinasi kata sandi untuk mengakses komputer jarak jauh, agar dapat menjalankan baris perintah seolah-olah masuk ke komputer secara langsung.

Kegunaan Telnet

Telnet dapat digunakan untuk berbagai aktivitas di server, termasuk mengedit file, menjalankan berbagai program dan memeriksa email.

Beberapa server mengaktifkan koneksi jarak jauh menggunakan Telnet untuk mengakses data publik, memainkan game sederhana, atau mencari laporan cuaca.

Pengguna juga dapat terhubung ke perangkat lunak apa pun yang menggunakan protokol berbasis teks dan tidak terenkripsi melalui Telnet, dari server web hingga port.

Pengguna dapat membuka prompt perintah pada mesin jarak jauh, ketik kata telnet dan nama mesin jarak jauh atau alamat IP, dan koneksi telnet akan melakukan ping ke port untuk melihat apakah terbuka atau tidak.

Port yang terbuka akan menampilkan layar kosong, sedangkan apa muncul pesan kesalahan yang mengatakan bahwa port sedang terhubung berarti port tersebut ditutup.

Selain kegunaan yang disebutkan, ada beberapa manfaat lain dari Telnet, yaitu:

  • Telnet dapat digunakan untuk memecahkan masalah atau menguji server web atau email, serta untuk akses jarak jauh.
  • Telnet adalah protokol komputer yang menyediakan layanan komunikasi dua arah antara komputer melalui jaringan area lokal (LAN) dan Internet.
  • Protokol Telnet berjalan melalui jaringan aman untuk aplikasi pengumpulan data seluler.
  • Ada berbagai permainan berbasis teks yang tersedia melalui Telnet.
  • Selama beberapa tahun, beberapa katalog perpustakaan hanya dapat dijangkau melalui Telnet.

Kelebihan Telnet

  • Telnet tersedia untuk sejumlah besar sistem operasi. Bahkan sistem yang lebih lama dapat terhubung ke mesin yang lebih baru dengan versi sistem operasi yang berbeda.
  • Telnet memungkinkan kita menguji akses dari perangkat di jaringan sekolah/kampus ke port tertentu di server eksternal.
  • Telnet dapat digunakan untuk terhubung ke perangkat keras jaringan (switch, router) untuk keperluan konfigurasi.
  • Protokol Telnet dapat menjadi server, dan klien mengimplementasikan terminal virtual jaringan (NVT).
  • Membantu dalam administrasi untuk bekerja melalui internet.
  • Telnet bisa untuk mengirim/menerima informasi komputer melalui perintah.
  • Telnet dapat mendukung konfirmasi pengguna.

Penutup

Demikianlah penjelasan singkat mengenai Telnet. Semoga informasi yang disajikan dapat bermanfaat dan menambah khazanah pengetahuan kita.

Salam!

Referensi:

Trivusi
Trivusi Ikatlah ilmu dengan menulis. Menebar manfaat dengan berbagi :)

Posting Komentar untuk "Apa itu Telnet? Pengertian, Cara Kerja, dan Kegunaannya"