Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Aplikasi Dashboard Kecamatan OpenDK

Mengenal Aplikasi Dashboard Kecamatan OpenDK - Halo Sobat Trivusi! Di kesempatan ini kita akan membahas mengenai aplikasi dashboard kecamatan berbasis web yang bernama OpenDK.

Daftar Isi

Apa itu OpenDK?

OpenDK adalah istilah untuk menyebut aplikasi Dashboard Kecamatan yang dikelola oleh OpenDesa. OpenDK dibuat dengan tujuan mengumpulkan data OpenSID dari semua desa pada suatu kecamatan. 

Data desa yang sudah dihimpun kemudian dapat dilakukan monitoring dan pemantauan, guna keperluan penentuan kebijakan strategis kecamatan di masa mendatang.

Aplikasi OpenDK sangat berguna untuk menampilkan statistik di wilayah kecamatan, diantaranya adalah statistik penduduk, statistik kesehatan, statistik pendidikan dan statistik lainnya. 

Upaya ini adalah sebagai bentuk transparansi dan keterbukaan informasi publik yang dilakukan pemerintah kecamatan kepada seluruh rakyat di wilayahnya.

Proses pengumpulan data tidak dilakukan oleh OpenDK melainkan dilakukan melalui pengiriman data dari OpenSID masing-masing desa.

Pengelola OpenSID masing-masing desa berhak menentukan kapan data tersebut tersedia untuk dikirim. 

Dengan mekanisme seperti ini, OpenDK tidak bisa mengakses secara langsung data dari OpenSID. Sebagai alternatifnya, OpenDK menyediakan fitur impor dan API supaya dapat menerima data yang dikirim oleh aplikasi OpenSID.

Contoh Tampilan Aplikasi OpenDK

Berikut adalah contoh tampilan dari aplikasi OpenDK:

Tampilan web aplikasi OpenDK
Tampilan web aplikasi OpenDK

Tampilan dasbor aplikasi OpenDK (Dashboard Kecamatan)
Tampilan dasbor aplikasi OpenDK (Dashboard Kecamatan)

Bagaimana Alur Kerja Aplikasi OpenDK ?

1. Terhubung dengan Aplikasi OpenSID

Aplikasi OpenSID bisa dihubungkan dengan aplikasi OpenDK, sehingga data statistik penduduk dan data statistik APBDesa dari desa yang berada di wilayah kecamatan bisa ditampilkan langsung.

2. Terhubung dengan Data Pendidikan dan Data Kesehatan di Kecamatan

Selain data kependudukan, data dari UPTD Dinas Pendidikan di kecamatan juga bisa ditampilkan statistiknya, begitu pula data yang berhubungan dengan kesehatan yang bersumber dari Puskesmas.

Bagaimana Cara Mendapatkan Aplikasi OpenDK ?

OpenDK adalah aplikasi sumber terbuka sehingga Anda bisa mendapatkannya dengan bebas dan gratis. Aplikasi ini dibawah lisensi GNU.

Aplikasi OpenDK dapat Anda download secara gratis di repositori GitHub https://github.com/OpenSID/OpenDK.

Apabila Anda adalah pegiat kecamatan yang ingin bergabung di grup Facebook Komunitas OpenDK bisa mengunjungi laman https://www.facebook.com/groups/opendk

Info lebih lengkap terkait OpenDK dapat anda akses di https://opendk.my.id

Demo aplikasi ini bisa dilihat di https://demo.opendk.my.id.

Berikut adalah kredensial akun untuk login admin:

– email: admin@mail.com

– password: password

Penutup

Demikianlah artikel singkat mengenai aplikasi OpenDK. Semoga informasi tersebut bisa berguna dan bermanfaat bagi sobat sebagai pembaca.

Salam!

Trivusi
Trivusi Ikatlah ilmu dengan menulis. Menebar manfaat dengan berbagi :)

Posting Komentar untuk "Mengenal Aplikasi Dashboard Kecamatan OpenDK"