Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

8 Strategi Mendapatkan Backlink Berkualitas untuk Blog Anda

8 Strategi dan Cara Mendapatkan Backlink Berkualitas untuk Blog Anda - Jika Anda melakukan teknik SEO untuk blog, membangun backlink adalah cara yang perlu Anda lakukan.

Backlink adalah salah satu faktor yang sangat penting dan berpengaruh bagi kebanyakan search engine, seperti Google, Yahoo, dan aplikasi sejenis.

Backlink dijadikan sebagai poin untuk melakukan pemeringkatan pada hasil pencarian. 

Semakin banyak backlink yang Anda peroleh dari domain yang memiliki reputasi tinggi maka akan semakin baik di mata Google.

Google dan search engine sejenis akan menganggap blog atau website Anda memiliki relevansi yang baik.

Dengan ini kemungkinan blog Anda merajai hasil pencarian juga semakin tinggi.

Daftar Isi

Apa itu backlink?

Pada dasarnya backlink adalah sebuah tautan atau link yang berasal dari sebuah website menuju halaman website lain.

Sebagai contoh, misalkan situs A menerbitkan sebuah artikel dan mencantumkan tautan yang ketika diklik akan mengarah ke website atau blog Anda. Tautan atau link tersebut akan menjadi backlink untuk Anda.

Backlink dianggap sebagai bentuk "voting" untuk sebuah halaman web.

Sumber: digitalrdm.com

Halaman blog atau web yang memiliki backlink dalam jumlah banyak memiliki kesempatan mendapatkan traffic organik yang tinggi dari mesin pencari.

Namun, kuantitas atau banyaknya backlink tidak serta merta dianggap baik oleh Google apabila tidak dibarengi dengan kualitas website yang mereferensikan halaman blog Anda.

Justru akan menjadi boomerang bagi blog yang Anda miliki apabila backlink yang Anda bangun berasal dari domain yang terindikasi spam atau bereputasi buruk.

Anda perlu menggunakan cara-cara yang baik dan benar untuk membangun backlink tanpa menyebabkan spam ke situs lain.

Nah, di artikel ini saya akan menjabarkan strategi untuk mendapatkan backlink berkualitas yang bisa diterapkan ke blog Anda agar dapat bersaing dan mendominasi laman pencarian Google.

Simak sampai habis, ya!

Strategi dan Cara untuk Mendapatkan Backlink Berkualitas

Mendapatkan backlink yang berkualitas memang bukan perkara yang mudah. Namun, masih memungkinkan untuk dilakukan. 

Adapun strategi yang bisa Anda terapkan untuk mendapatkan backlink berkualitas adalah sebagai berikut:

1. Membuat konten unik, orisinal, lengkap dan solutif

Dengan membuat konten yang unik, orisinal, lengkap dan solutif, maka kredibilitas blog Anda akan semakin naik karena isinya diminati dan dibaca oleh pengunjung blog. 

Pengunjung yang puas dengan konten Anda tak akan segan untuk membagikan artikel tersebut ke platform media sosial mereka.

Selain itu, dengan membuat konten yang berkualitas tidak menutup kemungkinan konten tersebut bisa dijadikan referensi dan sumber ide oleh orang lain untuk menulis konten serupa. 

Strategi ini membuat peluang Anda mendapatkan backlink juga semakin besar.

Orang lain akan berpikir untuk mencantumkan tautan blog Anda di artikel mereka karena menganggap konten tersebut mungkin akan berguna bagi pembaca sebagai pembanding atau pelengkap artikel. 

Backlink yang mereka beri bisa juga dianggap penghargaan atas usaha Anda membuat konten yang berharga dan berkualitas.

2. Menjadi penulis tamu (guest blogging)

Menjadi penulis tamu atau guest blogging adalah cara yang efektif untuk menjaring audiens dan pembaca baru.

Sumber: freepiklabs.com

Banyak situs-situs populer yang membuka kesempatan untuk penayangan artikel bagi penulis tamu. Tentunya dengan syarat memenuhi standar yang ditetapkan oleh situs yang bersangkutan.

Dengan menerbitkan artikel atau tulisan di website populer, tulisan Anda akan dilihat oleh pembaca situs tersebut. Kesempatan tersebut bisa Anda gunakan untuk menyisipkan tautan atau link yang relevan dengan topik artikel, termasuk dengan mengarahkan ke halaman blog Anda.

Pastikan tautan yang dicantumkan masih sesuai dengan topik yang dibahas. Misalnya Anda menulis tentang "tips blogging bagi pemula", cantumkan link artikel di blog Anda yang memiliki topik serupa. 

Hal ini akan mendorong pembaca untuk menelusuri tautan yang dicantumkan dan mendatangkan traffic pengunjung baru. 

Selain itu, link atau tautan tersebut akan menjadi backlink gratis yang akan memperkuat reputasi blog Anda.

3. Menulis di Platform Content Sharing

Sama seperti poin sebelumnya, Anda bisa mempublikasikan tulisan Anda ke platform content sharing seperti Medium, Kompasiana, Kaskus, Reddit, dan SlideShare. Platform seperti ini bisa dimanfaatkan untuk menempatkan link website atau blog Anda. 

Sumber: aslantek.com

Anda bisa menulis artikel baru yang masih berkaitan dengan topik yang Anda bahas lalu letakkan link artikel yang Anda inginkan. 

Dengan begitu Anda mendapatkan backlink dari platform content sharing tersebut. Meskipun link-nya bersifat nofollow, metode ini tetap layak diterapkan untuk mempromosikan konten blog Anda.

4. Komentar di website atau blog yang berkualitas (blog walking)

Cara lain yang bisa Anda coba adalah dengan komentar di website yang populer, seperti portal berita dan blog yang memiliki topik yang sama dengan konten blog Anda.

Yang perlu diingat, lakukan komentar dengan cara yang baik dan beretika. Anda bisa dianggap spam jika melakukan komentar di banyak website tanpa ada alasan yang jelas, melulu hanya ingin mengumpulkan backlink dari web yang Anda kunjungi.

Untuk menghindari dicap sebagai tukang spam, cobalah untuk berkomentar dengan tujuan membantu orang lain yang memiliki minat serupa.

Berkomentar di blog akan memberikan kesempatan kepada Anda untuk berinteraksi dengan sesama pembaca dan berkontribusi dalam memberikan pendapat atau saran.

Di kolom komentar tersebut Anda bisa menyelipkan tautan yang mengarah ke blog Anda.

Tujuannya agar pembaca dapat melihat referensi lain yang mungkin bisa membantu mereka memperoleh informasi yang mereka butuhkan.

Dengan begitu, selain Anda mendapatkan backlink, jumlah kunjungan ke blog atau website Anda menjadi bertambah.

Strategi ini bisa juga diterapkan untuk forum dan website tanya jawab online, seperti Kaskus, Quora, dan website sejenis. Cobalah mencari web forum yang sesuai dengan niche blog Anda dan gabung dalam diskusi yang ada di sana.

5. Membuat infografis

Berbeda dengan poin-poin sebelumnya yang berfokus pada pembuatan tulisan yang mendalam dan menghabiskan banyak waktu, strategi ini cenderung lebih mudah dan mengandalkan kreativitas di bidang seni.

Membuat infografis untuk membangun backlink adalah strategi yang patut Anda lakukan.

Infografis adalah informasi yang dikemas dalam bentuk gambar yang menarik dan berisi konten yang mudah dibaca dengan cepat. Sebagai konten visual, infografis menjadi salah satu jenis konten yang paling banyak dibagikan secara online.

Sumber: freepik.com

Infografis yang Anda buat perlu menarik dan informatif. sehingga blog dan website lain tertarik menggunakan infografis tersebut untuk menguatkan atau membuat variasi di dalam konten artikel mereka.

Blog atau website yang baik tentu akan mencantumkan link ke kreator asli pembuat infografis--yaitu Anda. 

Jangan khawatir, Anda tidak perlu menjadi desainer profesional untuk membuat infografis yang menawan. Ada beberapa tools yang biasa digunakan oleh content creator untuk membuat infografis dengan mudah. Diantaranya adalah Canva dan Piktochart, yang bisa digunakan secara gratis.

6. Melakukan kerjasama promosi dan endorse 

Membuat konten yang berkualitas saja tidak cukup membuat Anda mendapatkan backlink. Anda juga perlu tahu cara mempromosikannya.

Jika Anda punya budget lebih, Anda bisa menjalin kerjasama promosi dengan influencer. Mereka dapat membagikan konten Anda--termasuk tautan blog--di media sosial atau platform yang mereka punya. 

Membayar influencer mungkin akan sangat mahal jika Anda memilih orang dengan pengikut ratusan ribu hingga jutaan. Solusi alternatif adalah menjalin kerjasama dengan micro influencer yang memiliki pengikut sebanyak 1000 ~ 10.000 saja. Selain lebih terjangkau, biasanya pengikut mereka lebih loyal.

Selain itu, Anda mungkin perlu mempertimbangkan sistem barter atau istilah kerennya collab (kolaborasi). Misalnya Anda memiliki produk yang bisa di-review oleh influencer. Mereka bisa dapat barang tersebut secara gratis dan Anda sendiri mendapatkan backlink ke website Anda.

Jadi strategi ini sama-sama menguntungkan.

7. Memberikan testimoni

Anda juga bisa mendapatkan backlink dengan memberikan testimoni kepada sebuah bisnis.

Kebanyakan perusahaan membutuhkan testimoni sebagai bukti dan penegasan bahwa produk yang mereka tawarkan disukai banyak orang.

Sumber: freepik.com

Biasanya mereka akan menampilkan testimoni di halaman depan website atau halaman khusus yang didedikasikan untuk cerita sukses pelanggan yang memakai produk atau jasa mereka.

Peluang ini bisa diterapkan dengan cara memilih produk atau jasa yang Anda gunakan dan membantu Anda menjalankan blog atau bisnis Anda sendiri. Kemudian jika Anda merasa puas, coba tawarkan testimoni kepada perusahaan tersebut dan imbal baliknya Anda mendapat backlink.

Pastikan memilih website dengan Domain Authority tinggi atau merupakan website dengan reputasi yang baik.

8. Memperbaiki broken link dan merekomendasikan blog Anda

Memperbaiki broken link yang dimaksud di sini adalah dengan mencari artikel populer dan memindai semua link yang dicantumkan. Apabila ada link yang rusak atau tidak lagi bisa diakses, Anda bisa menghubungi pemilik situs dan melaporkannya. 

Anda bisa menawarkan link artikel blog Anda yang relevan dan berkualitas untuk menggantikan broken link tersebut. Pemilik situs mungkin akan mempertimbangkan tawaran dan saran Anda karena sebelumnya telah membantu mereka.

Perlu diperhatikan, pelaporan perlu disampaikan dengan baik dan jelas, seperti menjabarkan di bagian mana letak link yang bermasalah. 

Hal ini akan memberikan kesan yang baik bagi pemilik situs dan bersedia menerima blog Anda untuk ditayangkan sebagai backlink.

Penutup

Itulah 8 strategi mendapatkan backlink yang berkualitas. Semoga informasi tersebut bisa berguna dan dapat Anda terapkan untuk membangun reputasi blog.

Harapan akhirnya supaya konten yang Anda miliki bisa bertengger di peringkat atas halaman pertama Google dan mampu mendatangkan traffic organik dalam jumlah yang signifikan.

Salam!

Referensi:

Trivusi
Trivusi Ikatlah ilmu dengan menulis. Menebar manfaat dengan berbagi :)

8 komentar untuk "8 Strategi Mendapatkan Backlink Berkualitas untuk Blog Anda"

  1. terima kasih, artikel yang bermanfaat untuk bloger pemula

    BalasHapus
  2. Bermanfaat sekali mas informasinya. Kalau boleh, bisakah mas buatkan tips cara mendapatkan backlink dari pinterest dan medium.
    Jujur saya sudah mencoba share atau membuat artikel di pinterest atau medium. tapi setiap saya chek di moz hasilnya selalu nihil. Apakah itu berarti link yang saya dapatkan dari pinterest dan medium jenisnya adalah nofollow?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kedua platform tersebut linknya bersifat nofollow. Sedangkan, metrik penghitungan DA yang digunakan oleh Moz kemungkinan didasarkan pada backlink dofollow. Jadi, backlink yang didapat tidak signifikan memengaruhi skor di Moz.

      Hapus
    2. Kalau situs sosial seperti youtube, apakah itu sifatnya nofollow?
      Tapi saya suka lihat blog atau website besar di Moz ada yang mendapatkan backlink dari youtube. Itu caranya gimana ya?
      Padahal saya juga menanamkan link yang mengarah ke blog saya di deskripsi video youtube saya, tapi hasilnya selalu nihil.

      Hapus
    3. Untuk YouTube, saya kurang tau juga, mas. Mungkin bisa dicek pake tools backlink checker ahrefs

      Hapus
    4. Ok mas, makasih infonya, sangat bermanfaat untuk menambah wawasan blogging 🙏

      Hapus


Komentar SPAM akan disensor. Harap gunakan kalimat yang tidak menjurus pada SARA dan pornografi.