Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Wi-Fi 6, Teknologi Wi-Fi Generasi Terbaru

Mengenal Wi-Fi 6, Teknologi Wi-Fi Generasi Terbaru

Mengenal Wi-Fi 6, Teknologi Wi-Fi Generasi Terbaru - Halo, Sobat Trivusi! Apa kabarnya Anda hari ini? Semoga senantiasa sehat, ya. 

Di artikel ini kita akan membahas mengenai teknologi Wi-Fi generasi terbaru yang akan menggantikan Wi-Fi 5 yang saat ini masih populer digunakan.

Teknologi Wi-Fi yang dimaksud adalah Wi-Fi 6. Teknologi ini membawa perbaikan performa yang signifikan dari yang dimiliki oleh Wi-Fi generasi sebelumnya.

Daftar Isi

Apa itu Wi-Fi 6?

Logo Wi-Fi 6. Sumber gambar: wikipedia.org

Wi-Fi 6 adalah standar teknologi Wi-Fi generasi penerus dari versi sebelumnya. Wi-Fi 6 yang juga dikenal sebagai "AX Wi-Fi" atau 802.11ax merupakan pengembangan dari standar Wi-Fi 802.11ac saat ini.

Wi-Fi 6 pada awalnya dibuat untuk mengimbangi pertumbuhan jumlah perangkat yang ada di dunia. 

Selain kecepatan, Wi-Fi 6 juga menawarkan peningkatan efisiensi, dan mengurangi kemacetan dalam skenario penggunaan bandwidth yang berat. 

Wi-Fi 6 baru saja mengumumkan peluncurannya di penghujung tahun 2019. Bersamaan dengan itu turut hadir beberapa router yang sudah dibekali chip yang mendukung penggunaan sertifikasi 802.11ax, sebuah sebutan spesifikasi teknis untuk Wi-Fi 6.

Keunggulan Wi-Fi 6

Beberapa keunggulan yang dibawa oleh Wi-Fi 6 adalah sebagai berikut:

1. Kecepatan jaringan yang lebih baik

Ada dua teknologi kunci dibalik peningkatan kecepatan koneksi dari Wi-Fi 6 yaitu MU-MIMO dan OFDMA

MU-MIMO, singkatan dari "multi-user, multiple input, multiple output," sudah banyak digunakan di router dan perangkat modern saat ini, namun diperbarui dan ditingkatkan pada Wi-Fi 6.

Teknologi MU-MIMO memungkinkan router untuk berkomunikasi dengan beberapa perangkat pada saat yang sama, daripada melakukan broadcast ke satu perangkat, lalu perangkat berikutnya, dan perangkat berikutnya. 

Saat ini, MU-MIMO memungkinkan router untuk berkomunikasi dengan 4 perangkat sekaligus. Sementara pada Wi-Fi 6 memungkinkan hingga 8 perangkat sekaligus.

Teknologi lainnya, OFDMA, yang merupakan singkatan dari “orthogonal frequency division multiple access”, memungkinkan satu transmisi mengirimkan data ke beberapa perangkat sekaligus.

Lalu, berapa kecepatan jaringan yang ditawarkan oleh Wi-Fi 6?

Potensi kecepatan maksimum dari Wi-Fi 6 adalah 9,6 Gbps, lebih tinggi dari Wi-Fi 5 yang hanya 3.5Gbps.

2. Konsumsi daya yang lebih irit

Teknologi baru lainnya di Wi-Fi 6 memungkinkan perangkat untuk merencanakan komunikasi dengan router, mengurangi jumlah waktu yang diperlukan untuk menjaga antena tetap menyala untuk mengirim dan mencari sinyal.

Melalui fitur TWT (Target Wake Time) yang ada di Wi-Fi 6 secara substansial akan meningkatkan umur pakai perangkat mobile dan perangkat IoT serta konsumsi daya yang lebih irit.

3. Penurunan latensi hingga 75%

Wi-Fi 6 mampu menangani lalu lintas jaringan dalam jumlah besar secara lebih efisien sehingga mampu menurunkan latensi hingga 75%. 

Kabar ini tentu sangat menggembirakan bagi para gamer. Sebab unduhan game bisa lebih cepat, kecepatan unggah yang lebih baik untuk streaming gameplay, dan multitasking media yang lebih andal.

4. Meminimalkan terjadinya tumpang tindih antar jaringan

Overlapping Basic Service Sets (OBSS) adalah fitur Wi-Fi 6 lain yang dapat membantu meningkatkan kemacetan dan mengatasi tumpang tindih antar jaringan.

OBSS memungkinkan access point menggunakan "color" untuk mengidentifikasi jaringan secara unik. Jika lalu lintas lain terdeteksi di saluran jaringan, tetapi "color"-nya tidak sama dengan jaringan lokal, perangkat dapat mengabaikannya dan melanjutkan transmisi. 

Hal ini dapat membantu meningkatkan keandalan dan mengurangi latensi.

OFDMA dan OBSS bekerjasama agar komunikasi bisa lebih efektif di jaringan yang ramai. Meskipun semakin banyak perangkat yang tersambung ke Wi-Fi, kecepatan dan stabilitas jaringan tetap bagus, serta tidak terjadi tumpang tindih jika terdapat banyak jaringan di lokasi terdekat.

Fitur ini tidak hanya berguna di tempat-tempat umum yang sibuk, tetapi juga bisa bermanfaat untuk Anda di rumah jika Anda memiliki banyak perangkat yang terhubung ke Wi-Fi, atau jika Anda tinggal di kompleks apartemen yang padat.

5. Fitur keamanan terbaru

Kecepatan mungkin merupakan hal yang paling penting bagi rata-rata pengguna, terutama bagi para gamer, tetapi ada hal lain yang juga penting, yakni keamanan. Terutama untuk jaringan nirkabel.

Wi-Fi 6 menjanjikan peningkatan keamanan, berupa protokol keamanan baru yang disebut WPA3.

Selain itu, salah satu peningkatan terbesar adalah penerapan peningkatan keamanan kata sandi melalui sistem Dragonfly Key Exchange, juga disebut SAE atau Simultaneous Authentication of Equals.

Metode otentikasi ini membantu membuat kata sandi lebih sulit untuk dipecahkan dengan menggunakan metode yang lebih canggih. Lapisan keamanan tambahan ini dibuat dengan enkripsi yang lebih kuat, yang berarti Wi-Fi akan memiliki opsi keamanan yang lebih baik dari sebelumnya.

Lapisan keamanan ekstra ini adalah upaya Wi-Fi 6 untuk mengubah banyak hal menjadi lebih baik tanpa berdampak negatif pada pengalaman pengguna. 

Penutup

Itulah penjelasan singkat mengenai Wi-Fi 6 serta beberapa keunggulan yang ditawarkan untuk membuat teknologi jaringan lebih baik dan mampu mengimbangi pesatnya pertumbuhan perangkat IoT saat ini.

Mudah-mudahan informasi di atas bisa berguna dan menambah khazanah pengetahuan kita.

Salam!

Referensi

Trivusi
Trivusi Ikatlah ilmu dengan menulis. Menebar manfaat dengan berbagi :)

Posting Komentar untuk "Mengenal Wi-Fi 6, Teknologi Wi-Fi Generasi Terbaru"