Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Tips Penting untuk Membuat Desain Presentasi yang Baik

4 Tips Penting untuk Membuat Desain Presentasi yang Baik

4 Tips Penting untuk Membuat Desain Presentasi yang Baik - Apakah saat ini Anda sedang membutuhkan tips membuat presentasi yang baik? Beruntung, artikel ini akan membantu Anda memberikan info penting bagaimana cara membuat desain presentasi yang baik dan benar. 

Seperti yang kita ketahui bahwasanya desain yang baik akan berpengaruh untuk keberhasilan sebuah  presentasi. Dengan desain yang tepat, audiens akan memahami poin-poin yang ingin Anda sampaikan.

Sebaliknya ketika kita tidak menyiapkan desain presentasi dengan baik, peluang kegagalan dalam presentasi juga sangat besar. Memberikan presentasi yang buruk  dapat membuat audiens Anda bingung, gagal mendapatkan perhatian dan bahkan dapat merusak prospek karir Anda sendiri.

Sebenarnya kunci keberhasilan sebuah presentasi banyak bergantung pada aspek kreativitas dan seni. Tidak ada formula tunggal yang bisa 100% ampuh. Hingga saat ini banyak orang terus bereksperimen dan mencoba pola baru dalam merancang sebuah presentasi agar hasil yang diperoleh bisa maksimal.

Meskipun tidak mutlak berhasil, ada beberapa ciri dan pola umum yang biasanya dimiliki oleh sebuah presentasi yang baik.

Nah, di kesempatan ini saya akan membagikan tips agar presentasi kita tampil standout dan membuat audiens tertarik. 

Tips ini bisa Anda terapkan untuk membuat desain presentasi kuliah, tugas sekolah, ataupun untuk keperluan pekerjaan dan bisnis.

Daftar Isi

1. Buat seringkas mungkin

Cara terbaik untuk memberikan presentasi adalah menyampaikan informasi dengan cara yang cepat dan menarik. Tetap singkat dan tetap to the point.

Dengan hanya memberikan detail yang penting-penting saja, Anda meningkatkan peluang audiens untuk memahami apa yang Anda bicarakan. Detail lainnya selalu bisa datang nanti, kan? 

2. Gunakan software desain presentasi yang tepat

Program presentasi yang baik akan membantu Anda menyelaraskan fitur atau visual apa saja yang ingin Anda gunakan secara otomatis.

Software desain yang tepat juga akan menyederhanakan proses pembuatan dan pengeditan slide. Efek, font, warna, dan lainnya harus mudah diubah, sehingga akan menghemat waktu Anda.

Beberapa contoh software desain presentasi yang bisa Anda gunakan adalah Google Slides, Microsoft PowerPoint, dan Libre Office Impress

3. Pilih kombinasi warna dan tipografi yang sesuai

Daya tarik visual merupakan bagian penting dari setiap presentasi. Memilih warna-warna yang mencolok dan mewah mungkin akan berhasil dalam beberapa kasus. Namun akan sangat berisiko jika tidak diformulasikan dengan baik.

Cara yang paling aman adalah dengan menggunakan warna-warna netral yang nyaman dipandang dan tidak berbenturan satu sama lain. Lebih baik kembali ke basic daripada gagal.

Untuk memilih kombinasi warna, Anda juga bisa menggunakan situs penyedia color palette, misalnya Color Hunt. Pilih warna yang sesuai dengan topik presentasi Anda.

Sedangkan untuk memilih kombinasi tipografi dan jenis font, Anda bisa mendapatkan referensi dari situs seperti fontpair

4. Utamakan visual seperti grafik, gambar dan video

Saya yakin Anda pasti pernah mendengar peribahasa: "Sebuah gambar dapat mewakili ribuan kata". Peribahasa ini sangat relate ketika kita sedang membawakan presentasi.

Ketika Anda memberikan presentasi, ada situasi dimana Anda perlu berbicara 2-3 menit hanya untuk menjelaskan sebuah materi kepada audiens, namun tetap saja membuat audiens Anda merasa bingung.

Nah, dengan situasi seperti ini, elemen visual seperti gambar atau video, dapat menjelaskannya dengan cara yang cepat dan efektif. Apalagi jika Anda sambil  menunjukkan detail dan menjelaskannya.

Elemen visual juga bagus untuk membuat audiens tetap terlibat dan tertarik dengan materi presentasi Anda. Secara alami orang akan melihat gambar atau menonton video dan lebih rela melakukan hal itu daripada mendengarkan seseorang berbicara terus menerus.

***

Demikianlah 4 tips yang bisa Anda coba ketika membuat sebuah presentasi. Semoga informasi yang dibagikan bisa berguna.

Sampai jumpa di tips-tips berikutnya!

Salam.

Trivusi
Trivusi Ikatlah ilmu dengan menulis. Menebar manfaat dengan berbagi :)

Posting Komentar untuk "4 Tips Penting untuk Membuat Desain Presentasi yang Baik"