Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa itu Cisco Packet Tracer? Simak Penjelasannya!

Jaringan komputer telah menjadi bagian tak terpisahkan dalam kehidupan kita saat ini. Dari komunikasi pribadi hingga bisnis global, jaringan memainkan peran penting dalam pertukaran informasi.

Oleh karena itu, para profesional IT dan mahasiswa di bidang teknologi informasi perlu untuk memahami dan menguasai berbagai aspek jaringan komputer.

Salah satu tools yang paling populer dan efektif dalam pembelajaran serta simulasi jaringan adalah Cisco Packet Tracer.

Di artikel ini kita akan membahas secara detail mengenai Cisco Packet Tracer. Yuk, simak!

Daftar Isi

Pengertian Cisco Packet Tracer

Cisco Packet Tracer adalah sebuah tools atau aplikasi yang dikembangkan oleh perusahaan terkemuka di bidang teknologi, yakni Cisco. Tools ini berfungsi sebagai simulator yang memungkinkan pengguna untuk berlatih mengelola jaringan, mulai dari yang sederhana hingga yang kompleks.

Apa itu Cisco Packet Tracer? Simak Penjelasannya!

Tujuan utama dari Cisco Packet Tracer adalah membantu siswa untuk mendapatkan pengalaman praktis dalam dunia jaringan komputer dan mengembangkan keterampilan khusus terkait teknologi Cisco.  

Selain itu tools ini juga berguna untuk merancang sebuah sistem atau topologi jaringan yang akan di terapkan pada dunia nyata/kerja, karena merancang topologi jaringan komputer tanpa bantuan aplikasi seperti ini bisa saja membutuhkan biaya yang mahal. Makanya Cisco membuat aplikasi seperti ini agar orang dapat belajar tanpa membutuhkan biaya yang mahal.

Perlu diketahui bahwa Cisco Packet Tracer tidak dapat menggantikan perangkat keras fisik seperti router atau switch, karena tools ini menggunakan beberapa protokol yang sudah terintegrasi secara internal dan hanya diimplementasikan dalam bentuk perangkat lunak.

Namun, yang menarik adalah tools ini tidak hanya mencakup produk-produk Cisco, tetapi juga mendukung berbagai aspek jaringan lainnya.

Adapun beberapa manfaat yang ditawarkan oleh Cisco Packet Tracer, antara lain:

  • Pembelajaran Praktis: Cisco Packet Tracer dirancang khusus untuk keperluan pendidikan dan memberikan kesempatan bagi siswa untuk mendapatkan pengalaman praktis dalam merancang, mengkonfigurasi, dan menguji jaringan.
  • Peningkatan Keterampilan: Alat ini membantu siswa mengembangkan keterampilan teknis yang berkaitan dengan teknologi Cisco, seperti CCENT dan CCNA.
  • Mendukung Tugas dan Proyek: Siswa dapat menggunakan Cisco Packet Tracer untuk menyelesaikan tugas dan proyek jaringan mereka sendiri atau bekerja dalam kelompok.
  • Uji Coba Aplikasi: Network engineer dapat memanfaatkan alat ini untuk menguji aplikasi sebelum diterapkan dalam jaringan yang sebenarnya.
  • Pengujian Perubahan: Tim dukungan jaringan dapat menggunakan Cisco Packet Tracer untuk menguji perubahan yang ingin mereka terapkan. Mereka dapat memastikan bahwa perubahan tersebut berfungsi dengan baik sebelum diterapkan langsung dalam lingkungan produksi.
  • Manajemen Perangkat Simulasi: Alat ini memudahkan network engineer dalam menambahkan atau menghapus perangkat simulasi jaringan dengan mudah. Ini dapat dilakukan melalui antarmuka pengguna dengan metode drag and drop atau melalui antarmuka baris perintah.

Workspace pada Cisco Packet Tracer

Workspace atau ruang kerja pada aplikasi Cisco Packet Tracer dapat dilihat pada gambar di bawah ini.

contoh tampilan workspace cisco packet tracer
Sumber: pens.ac.id

Di bagian tengah yang putih kosong adalah workspace tempat kita membuat topologi jaringan yang kita inginkan. Kemudian di atas dan bawahnya ada toolbar untuk mengakses menu dalam aplikasi atau melakukan beberapa hal mulai dari memilih perangkat, mengkonfigurasi, mencari error, dsb.

Berikut adalah beberapa komponen dari Cisco Packet Tracer:

1. Toolbar Utama

Seperti halnya menu pada program office seperti Microsoft Word, Toolbar ini merupakan baris tombol utama yang berisi perintah-perintah penting. Beberapa di antaranya adalah menu File, Edit, Option, View, Tools, Extension, Help, serta icon-icon shortcut.

toolbar utama pada cisco packet tracer
Sumber: pens.ac.id

2. Toolbar Tambahan

Toolbar Tambahan berisi shortcut yang berguna untuk membuat berbagai objek seperti Line, Ellipse, Rectangle, Note, Delete, dan lain-lain yang berhubungan dengan pembuatan objek.

toolbar tambahan pada cisco packet tracer
Sumber: pens.ac.id

3. Bottom Toolbar

Bottom Toolbar adalah bagian bawah aplikasi yang berisi alat-alat tambahan yang membantu dalam proses desain. Bottom Toolbar pada Cisco Packet Tracer mencakup indikator waktu penggunaan workspace, tombol untuk mereset perangkat dalam simulasi, dan tombol Fast Forward untuk mempercepat proses simulasi seperti booting atau pembacaan tabel routing.

bottom toolbar pada cisco packet tracer
Sumber: pens.ac.id

Di bagian bawahnya, pengguna dapat menemukan perangkat-perangkat Cisco yang dapat ditarik dan diseret ke dalam workspace untuk membuat simulasi jaringan, sementara di sisi kanan terdapat PDU List window yang memungkinkan pemantauan status pengiriman PDU dalam simulasi.

Kelebihan dan Kekurangan Packet Tracer

Berikut adalah beberapa kelebihan dan kekurangan Cisco Packet Tracer

Kelebihan

  • Produk Cisco dikenal atas kualitas dan keandalannya yang baik, yang menjadikannya pilihan yang andal untuk jaringan.
  • Dukungan yang kuat tersedia dengan dokumentasi yang mudah diakses dan banyak sumber yang dapat membantu pengguna dalam mengatasi masalah.
  • Cisco Packet Tracer menawarkan beragam fitur dan protokol, termasuk standar terbuka dan propietary yang membuatnya sangat fleksibel.
  • Kode yang stabil dan cepat dalam perbaikan bug, sehingga masalah operasional atau keamanan jarang terjadi.
  • Antarmuka Command Line yang mudah digunakan membuat konfigurasi dan manajemen lebih sederhana.

Kekurangan

  • Harganya cenderung tinggi, yang membuatnya mungkin tidak terjangkau bagi beberapa organisasi.
  • Skema lisensi yang kompleks memerlukan waktu untuk dipahami, kadang-kadang mirip dengan belajar untuk sertifikasi CCIE.
  • Terdapat inkonsistensi antara produk, terutama karena Cisco mengakuisisi banyak perusahaan dengan kode basis yang berbeda.
  • Sebagian besar perangkat lunak berbasis GUI ditulis dalam Java dan dapat mengalami masalah kinerja.

Penutup

Demikianlah penjelasan lengkap mengenai Cisco Packet Tracer. Semoga informasi yang disajikan dapat bermanfaat dan menambah pengetahuan kita.

Salam!

Referensi:

Trivusi
Trivusi Ikatlah ilmu dengan menulis. Menebar manfaat dengan berbagi :)

Posting Komentar untuk "Apa itu Cisco Packet Tracer? Simak Penjelasannya!"