Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa itu VLAN? Pengertian, Jenis, dan Keunggulannya

VLAN adalah sebuah jaringan versi virtual dari LAN. LAN sendiri merupakan sekelompok komputer dan perangkat periferal yang terhubung di area terbatas seperti sekolah, laboratorium, rumah, dan gedung perkantoran.

VLAN sangat berguna untuk berbagi sumber daya seperti file, printer, game, dan aplikasi lainnya.

Di artikel ini kita akan membahas VLAN secara rinci. Yuk, Simak!

Daftar Isi

Pengertian VLAN

VLAN adalah Virtual Local Area Network yang dapat menghubungkan beberapa perangkat dan mesin dalam satu jaringan, tanpa harus menempatkan perangkat di lokasi geografis yang sama.

Apa itu VLAN? Pengertian, Jenis, dan Keunggulannya

VLAN melakukan pengelompokan satu atau lebih LAN untuk berkomunikasi satu sama lain dan berbagi dalam broadcast domain. VLAN berjalan pada segmen LAN yang berbeda karena didasarkan pada koneksi logis dibanding koneksi fisik.

Jenis jaringan ini umumnya dipilih karena fitur-fiturnya yang unggul meliputi efisiensi biaya karena kita mendapatkan sesuai apa yang kita bayar, efisiensi kinerja tinggi, fleksibel, dan jauh lebih terukur, risiko keamanan yang lebih rendah, dan lain sebagainya.

Jaringan komputer dapat dibentuk baik dengan LAN (Local area network) atau dengan WAN (Wide area network) melalui workstation, switch, bridge, hub, perangkat, dan server.

Jika berada pada satu lokasi maka disebut sebagai LAN atau broadcast domain. VLAN membentuk beberapa jaringan yang terhubung secara virtual atau logis sebagai satu LAN. Dalam hal ini, paket tidak dikirim ke semua perangkat yang berada dalam jaringan tetapi ke broadcast domain tertentu.

Setiap Virtual LAN memiliki domain broadcast yang unik. Untuk VLAN yang berbeda, perangkat Layer 3 perlu berkomunikasi saat swith VLAN yang sama sedang digunakan.

Perangkat Layer 3 pada VLAN akan memisahkan broadcast domain apabila header Layer 2 gagal memverifikasi satu jaringan dari yang lain.

Keunggulan VLAN

Berikut adalah beberapa keunggulan yang ditawarkan oleh jenis jaringan VLAN dibanding jenis jaringan lainnya:

  • Keamanan
    Administrator jaringan dapat menambahkan keamanan tambahan untuk komunikasi jaringan dengan menerapkan Virtual LAN. Data akan lebih aman dengan membuat Virtual LAN karena admin dapat mengatur firewall, dapat mengontrol domain broadcast, dan juga dapat membatasi akses.
  • Kinerja
    VLAN dapat meningkatkan kinerja, karena mengurangi beban lalu lintas dengan menghindari tujuan yang tidak diinginkan. Hanya perangkat yang diminta yang akan mendapatkan paket multicast, bukan ke semua perangkat yang terhubung dalam jaringan.
  • Pengelompokan
    Virtual LAN dapat mengelompokkan atau mengkonfigurasi secara logis sehubungan dengan area domain terlepas dari lokasi geografis perangkat.
  • Skalabilitas dan fleksibilitas
    Seperti dibahas sebelumnya, jumlah host pada Virtual LAN dapat ditambahkan atau dihapus sesuai kebutuhan. Menggunakan VLAN maka relokasi jaringan menjadi sederhana. Selain itu, VLAN juga memungkinkan untuk perluasan jaringan.
  • Hemat biaya
    VLAN dapat menghemat biaya karena dapat digunakan untuk membuat broadcast domain sehingga mengurangi kebutuhan router yang mahal.

Fungsi VLAN

VLAN memiliki fungsi untuk memisahkan trafik layer 2. Ketika host dalam satu VLAN tidak dapat mengomunikasikan data antara host di VLAN lain, maka di sini router ditempatkan untuk melewatkan data di antara keduanya.

Kita dapat menghubungkan semua host dalam satu switch untuk koneksi setiap grup, tetapi biayanya mahal, alternatifnya kita dapat memakai VLAN untuk menyiarkan data.

Selain itu, VLAN banyak disukai karena dapat digunakan untuk transfer data yang aman antara dua host. Hanya anggota pada VLAN yang dapat mengakses jaringan dan data.

Jenis-jenis VLAN

Berdasarkan tujuannya, VLAN dapat dibagi menjadi 5 jenis, yakni:

  1. Management VLAN
  2. Data VLAN
  3. Voice VLAN
  4. Default VLAN
  5. Native VLAN

Management VLAN

Management VLAN adalah VLAN terpisah yang disiapkan untuk lalu lintas manajemen seperti pencatatan sistem/aplikasi, pemantauan, dan tugas sensitif terkait manajemen lainnya.

Selain keamanan, VLAN jenis ini juga memastikan bahwa bandwidth untuk manajemen akan tersedia bahkan ketika lalu lintas pengguna tinggi.

Data VLAN

Data VLAN adalah jenis VLAN yang digunakan untuk membagi seluruh jaringan menjadi 2 kelompok. VLAN ini juga dikenal sebagai user VLAN, dimana hanya digunakan untuk data yang bersifat UGC (user generated content).

VLAN ini hanya dapat membawa data dan tidak digunakan untuk membawa lalu lintas manajemen ataupun suara.

Voice VLAN

Voice VLAN merupakan VLAN yang dirancang dan dikonfigurasi untuk membawa lalu lintas suara. Voice VLAN sebagian besar diberikan prioritas transmisi tinggi di atas jenis lalu lintas jaringan lainnya.

Untuk memastikan kualitas voice over IP (VoIP) (delay kurang dari 150 milidetik (ms) di seluruh jaringan), kita harus memiliki VLAN suara terpisah karena akan menghemat bandwidth untuk aplikasi lain.

Default VLAN

VLAN default dapat dikelompokkan sebagai dua jenis. Yang pertama merujuk ke semua port pada perangkat saat switch on. Yang kedua, network manager dikonfigurasi dengan VLAN berdasarkan semua port yang ditetapkan meskipun switch sedang tidak digunakan atau off.

Menggunakan VLAN default memungkinkan perangkat jaringan apa pun yang terhubung ke salah satu port switch untuk terhubung dengan perangkat lain di port switch lainnya. Salah satu fitur unik dari default VLAN adalah VLAN ini tidak dapat diganti atau dihapus.

Native VLAN

Native VLAN adalah salah satu jenis VLAN dimana lalu lintas dialokasikan ke port trunk 802.1Q. Port trunk 802.1Q  adalah port untuk menempatkan lalu lintas yang tidak ditandai (lalu lintas yang tidak berasal dari VLAN mana pun)

Native VLAN paling sering digunakan untuk perangkat lama atau perangkat yang tidak lagi didukung.

Penutup

Demikianlah penjelasan lengkap mengenai pengertian, jenis, dan keunggulan dari VLAN. Semoga informasi yang disajikan dapat bermanfaat.

Apabila Anda suka dengan artikel seperti ini, jangan lupa untuk mengunjungi rubrik Jaringan atau membaca artikel lainnya mengenai "HTTP Status Code".

Salam!

Referensi:

Trivusi
Trivusi Ikatlah ilmu dengan menulis. Menebar manfaat dengan berbagi :)

Posting Komentar untuk "Apa itu VLAN? Pengertian, Jenis, dan Keunggulannya"