Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Komponen Dasar pada Sistem Komputer

Komponen komputer dapat didefinisikan sebagai elemen vital dari sistem komputer yang membuat perangkat berfungsi penuh dan berjalan tanpa masalah. Biasanya unit perangkat keras dasar yang melengkapi arsitektur struktural sistem komputer.

Mengenal Komponen Dasar pada Sistem Komputer

Penting untuk diperhatikan bahwa setiap komputer harus memiliki komponen-komponen dasar ini agar memenuhi syarat untuk dapat disebut sebagai sistem komputer.

Daftar Isi

Komponen Komputer

Komponen utama dari arsitektur sistem komputer dan alur fungsinya adalah sebagai berikut,

  • Unit masukan (input)
  • Unit pemroses (processor)
  • Unit keluaran (output)

Meskipun komponen di atas dapat bekerja secara independen dalam sistem komputer, komponen-komponen tersebut juga harus berfungsi secara harmonis satu sama lain.

Mengenal Komponen Dasar pada Sistem Komputer
Sumber: freepik.com

Ada banyak perangkat yang memenuhi syarat sebagai unit input dan output untuk sistem komputer.

Berikut adalah penjelasan secara lebih rinci:

1. Unit Masukan (Input)

Unit input memulai proses komputasi yang melibatkan interaksi pengguna. Komponen ini bertanggung jawab untuk menangkap input dari pengguna d an kemudian memerintahkan atau menginstruksikan komponen lain dari komputer.

Proses ini memberikan petunjuk ke komputer dan membiarkan komponen berikutnya memutuskan bagaimana membuat hasil untuk input yang dimasukkan.

Ada beberapa perangkat input yang tersedia untuk aktivitas ini, tergantung pada jenis input yang diperlukan untuk tugas tertentu.

Berikut ini adalah beberapa perangkat input yang umum digunakan untuk melakukan aktivitas unit input adalah,

  • Keyboard: Perangkat keyboard, seperti namanya, terdiri dari sekumpulan tombol yang digunakan untuk mengetikkan instruksi dan memasukkan perintah pada sistem komputer. Perangkat ini bertindak sebagai entitas yang memungkinkan sistem untuk merekam input yang diberikan oleh pengguna, dan format khas yang digunakan untuk membangun jenis perangkat ini adalah format QWERTY, bersama dengan tombol fungsional lainnya seperti F1 hingga F12 ALT, CTRL, Shift, dll. kunci.
  • Mouse: Mouse adalah perangkat input lain yang umum digunakan untuk menunjuk dan mengklik, yang dilengkapi dengan roda gulir untuk menggulir layar dan beberapa tombol untuk tujuan pemilihan.
  • Joystick: Joystick adalah perangkat input yang digunakan untuk mengirimkan perintah untuk proses game yang dilakukan di sistem komputer. Ini terdiri dari beberapa tombol kontrol dan setidaknya satu kontrol tuas, oleh karena itu, diberi nama 'Joystick'.
  • Layar Sentuh: Layar Sentuh adalah kemajuan terbaru untuk mengirim input ke perangkat komputasi, di mana pengguna hanya perlu menggunakan layar sentuh untuk menginstruksikan komputer. Tindakan sentuh dapat dilakukan oleh perangkat khusus seperti pena yang disebut 'Stylus' atau bahkan dengan menggunakan ujung jari pengguna.

2. Unit Pemrosesan (Central Processing Unit/CPU)

Central Processing Unit, biasa disebut CPU, umumnya digunakan untuk mengambil data input atau instruksi dari unit input dan mengubah data input yang belum diproses menjadi format yang dapat dibaca mesin, sehingga memudahkan komputer untuk melakukan aktivitas pemrosesan.

CPU terbuat dari tiga unit berbeda: Memory Unit, Control Unit, dan Arithmetic & Logical Unit.

  • Memory Unit: Unit ini digunakan untuk berbagai tujuan seperti menyimpan data yang diterima dari berbagai perangkat input, menyediakan ruang yang diperlukan untuk menangani aktivitas komputasi, menyimpan penghitungan sebelumnya, menyimpan ruang untuk aktivitas mendatang, buffering informasi sementara, dll.
  • Control Unit: Merupakan unit paling rumit dalam komponen pemrosesan sistem komputer, yang menerima data mentah dari komponen input, dan melakukan aktivitas dalam format terkontrol, sesuai dengan arahan yang diberikan oleh operator komputer. Ini adalah unit lain dari modul perangkat keras yang terletak di dalam CPU.
  • Arithmetic & Logical Unit: Unit ini memainkan peran penting dalam cara kerja perangkat komputer, di mana operasi yang relevan dan fungsi logis disimpulkan. Unit ini bekerja sama dengan unit lain, seperti komponen lain dalam sistem komputer, dengan menggunakan informasi input dari unit input dan unit memori/kontrol untuk melakukan berbagai pekerjaan untuk mencapai hasil akhir yang sempurna.

3. Unit Keluaran (Ouput)

Unit Output, mirip dengan unit input, dirancang hanya untuk tujuan berinteraksi dengan pengguna sistem komputer. Biasanya digunakan untuk memberikan hasil yang diproses kepada pengguna berdasarkan input yang diberikan.

Perangkat yang menangani pemrosesan output harus mampu mengirimkan semua jenis data atau kombinasi tipe data pada unit tampilannya, termasuk teks, angka, gambar, audio, video, gif, dll.

Berikut adalah beberapa perangkat output yang umum digunakan:

  • Monitor: Monitor komputer bertanggung jawab untuk menampilkan hasil yang diterima setelah memproses dan menyelesaikan semua operasi di unit pemrosesan pusat. Teknologi dalam mendesain perangkat tampilan telah berkembang dari monitor monokrom ke monitor berwarna hingga LED/LCD terbaru.
  • Printer: Printer adalah perangkat output lain, mirip dengan monitor, tetapi perbedaannya adalah bahwa data output yang diterima diproduksi menjadi hard copy. Standar kinerja perangkat printer dikualifikasikan berdasarkan kecepatan pemrosesan, resolusi pencetakan, kapasitas memori pemrosesan, fitur warna pencetakan, dll.
  • Speaker: Speaker digunakan untuk mendapatkan data output berformat audio, yang dilengkapi dengan berbagai ekstensi seperti.MP3, MPEG, .WMA, dll. Perangkat ini membantu mengirimkan peringatan yang dapat didengar kepada pengguna, mengakses data dengan musik atau audio, komunikasi sistem, dll.

Penutup

Sebagai kesimpulan, komponen komputer adalah bagian penting dari sistem komputer, yang menjalankan fungsinya secara mandiri dan dengan melengkapi komponen lain di dalam sistem. Sistem komputer tidak dapat bekerja sepenuhnya sebagai perangkat yang efisien dan berkinerja lengkap kecuali semua komponen ini berfungsi tanpa gangguan.

Demikianlah penjelasan lengkap mengenai komponen dasar pada komputer. Semoga bermanfaat dan menambah khazanah ilmu pengetahuan kita tentang komputer.

Apabila Anda suka dengan artikel ini jangan lupa share ke rekan-rekan di media sosial, atau kunjungi rubrik Arsikom untuk artikel-artikel bermanfaat lainnya.

Salam!

Referensihttps://www.educba.com/components-of-computers/

Trivusi
Trivusi Ikatlah ilmu dengan menulis. Menebar manfaat dengan berbagi :)

Posting Komentar untuk "Mengenal Komponen Dasar pada Sistem Komputer"