Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sejarah dan Evolusi Komputer dari Masa ke Masa

Istilah komputer berasal dari bahasa latin, yaitu ''computare" yang berarti menghitung. Manusia sejak zaman primitif telah mengenal adanya alat hitung.

Sejarah dan Evolusi Komputer dari Masa ke Masa

Di artikel ini kita akan membahas lebih rinci mengenai sejarah dan evolusi perangkat komputasi (alat hitung) dari yang paling sederhana hingga yang canggih seperti yang kita gunakan saat ini.

Simak, ya!

Daftar Isi

Sejarah dan Evolusi Komputer dari Masa ke Masa

Pada zaman dulu orang-orang menggunakan tongkat, batu, dan tulang sebagai alat hitung. Ketika nalar, pikiran, dan teknologi manusia meningkat seiring waktu, semakin banyak perangkat komputasi yang dikembangkan.

Sejarah dan Evolusi Komputer dari Masa ke Masa
Sumber: freepik.com

Sejarah dan evolusi perangkat komputasi populer mulai dari yang pertama hingga yang terbaru dapat dijabarkan sebagai berikut:

Sempoa (Abacus)

Sejarah komputer dimulai dengan lahirnya sempoa atau abacus yang diyakini sebagai komputer pertama. Banyak sumber literatur menjelaskan bahwa orang Cina menemukan sempoa sekitar 4.000 tahun yang lalu.

Sempoa adalah rak kayu yang memiliki batang logam dengan manik-manik terpasang di atasnya. Manik-manik dipindahkan oleh operator sempoa menurut beberapa aturan untuk melakukan perhitungan aritmatika.

Sempoa masih digunakan di beberapa negara seperti China, Rusia dan Jepang. Adapun contoh sempoa dapat dilihat pada gambar di bawah ini;

Sempoa, sejarah awal perangkat komputasi muncul
Sumber: javatpoint.com

Napier's Bone

Napier's bone adalah perangkat penghitung yang dioperasikan secara manual yang ditemukan oleh John Napier (1550-1617) dari Merchiston. 

Dalam alat hitung ini, Napier menggunakan 9 strip gading atau tulang berbeda yang ditandai dengan angka untuk mengalikan dan membagi. Oleh karena itu, alat itu dikenal sebagai "Napier's Bone" atau Tulang Napier. Alat ini juga mesin pertama yang menggunakan titik desimal.

Contoh komputer sederhana: napier bones
Sumber: javatpoint.com

Pascaline

Pascaline juga dikenal sebagai Mesin Aritmatika atau Mesin Penjumlah. Ditemukan antara tahun 1642 dan 1644 oleh seorang matematikawan-filsuf Prancis Biaise Pascal. Diyakini bahwa pascaline adalah kalkulator mekanis dan otomatis pertama.

Pascal menemukan mesin ini untuk membantu ayahnya, seorang akuntan pajak. Alat ini hanya bisa melakukan penambahan dan pengurangan.

Pascaline terbuat dari kotak kayu dengan serangkaian roda gigi dan roda. Ketika sebuah roda diputar satu putaran, maka roda tetangganya akan ikut berputar . Serangkaian jendela diberikan di bagian atas roda untuk membaca total.

Gambar alat ini ditunjukkan di bawah ini:

Contoh komputer primitif: Pascaline
Sumber: javatpoint.com

Stepped Reckoner atau Leibnitz wheel

Perangkat komputasi ini dikembangkan oleh matematikawan-filsuf Jerman Gottfried Wilhelm Leibnitz pada tahun 1673. Leibnitz meningkatkan penemuan Pascal untuk mengembangkan mesin ini. 

Perangkat yang dibuat oleh Leibnitz adalah kalkulator mekanik digital yang disebut stepped reckoner (penghitung langkah) karena tidak lagi menggunakan roda gigi, melainkan berasal dari drum bergalur.

Berikut adalah gambar dari alat ini:

Contoh komputer masa jadul: leibnitz wheel
Sumber: javatpoint.com

Difference Engine

Pada awal 1820-an, alat ini dirancang oleh Charles Babbage yang dikenal sebagai "Bapak Komputer Modern".

Difference engine adalah komputer mekanis yang dapat melakukan perhitungan sederhana. Ia merupakan mesin penghitung yang digerakkan oleh uap yang dirancang untuk memecahkan tabel angka seperti tabel logaritma.

Berikut adalah penampakan dari alat ini:

Penampakan difference engine, alat komputasi zaman dulu
Sumber: javatpoint.com

Analytical Engine

Mesin hitung ini juga dikembangkan oleh Charles Babbage pada tahun 1830. Ini adalah komputer mekanis yang menggunakan kartu punch sebagai input. Alat ini mampu memecahkan masalah matematika dan menyimpan informasi sebagai memori permanen.

Contoh analytical engine
Sumber: javatpoint.com

Mesin Tabulasi

Mesin Tabulasi ditemukan pada tahun 1890, oleh Herman Hollerith, seorang ahli statistik Amerika.

Mesin ini adalah tabulator mekanis berdasarkan kartu punch. Komputer ini bisa mentabulasi statistik dan merekam atau mengurutkan data atau informasi.

Mesin ini digunakan dalam Sensus AS tahun 1890. Hollerith juga memulai perusahaan Hollerith's Tabulating Machine yang kemudian menjadi International Business Machine (IBM) pada tahun 1924.

Mesin Tabulasi. komputer IBM pertama
Sumber: javatpoint.com

Differential Analyzer

Merupakan komputer elektronik pertama yang diperkenalkan di Amerika Serikat pada tahun 1930.

Differential Analyzer adalah perangkat analog yang ditemukan oleh Vannevar Bush. Mesin ini memiliki tabung vakum untuk mengganti sinyal listrik untuk melakukan perhitungan. Komputer ini mampu melakukan 25 perhitungan dalam beberapa menit.

Gambar mesin komputasi differential analyzer
Sumber: javatpoint.com

Mark I

Perubahan besar berikutnya dalam sejarah komputer dimulai pada tahun 1937 ketika Howard Aiken berencana mengembangkan mesin yang dapat melakukan perhitungan yang melibatkan bilangan besar.

Pada tahun 1944, komputer Mark I dibangun sebagai kemitraan antara IBM dan Harvard. Komputer Mark I merupakan komputer digital pertama yang dapat diprogram.

Mark I, komputer yang dibuat hasil kerjasama Harvard dan IBM
Sumber: javatpoint.com

Generasi Komputer

Generasi komputer mengacu pada peningkatan spesifik dalam teknologi komputer seiring waktu. Pada tahun 1946, jalur elektronik yang disebut sirkuit dikembangkan untuk melakukan penghitungan.

Sirkuit menggantikan roda gigi dan bagian mekanis lainnya yang digunakan untuk menghitung di mesin komputasi sebelumnya.

Di setiap generasi baru, sirkuit menjadi lebih kecil dan lebih maju dari sirkuit generasi sebelumnya. Miniaturisasi membantu meningkatkan kecepatan, memori, dan kekuatan komputer.

Ada lima generasi komputer yang dijelaskan di bawah ini:

Komputer Generasi Pertama

Komputer generasi pertama (1946-1959) memiliki karakteristik lambat, besar, dan mahal.

Di komputer ini, tabung vakum digunakan sebagai komponen dasar CPU dan memori. Komputer-komputer ini umumnya bergantung pada sistem operasi batch dan kartu punch. 

Pada generasi ini, pita magnetik dan pita kertas digunakan sebagai perangkat keluaran dan masukan.

Beberapa komputer generasi pertama yang populer adalah:

  • ENIAC ( Electronic Numerical Integrator and Computer)
  • EDVAC ( Electronic Discrete Variable Automatic Computer)
  • UNIVACI( Universal Automatic Computer)
  • IBM-701
  • IBM-650

Komputer Generasi Kedua

Generasi kedua (1959-1965) adalah era komputer transistor. Komputer-komputer ini menggunakan transistor yang murah, ringkas, dan mengonsumsi lebih sedikit daya. Hal ini membuat komputer transistor lebih cepat daripada komputer generasi pertama.

Pada generasi ini, inti magnetik digunakan sebagai memori utama dan cakram magnetik dan kaset digunakan sebagai penyimpanan sekunder.

Bahasa assembly dan bahasa pemrograman seperti COBOL dan FORTRAN, dan Batch processing serta sistem operasi multiprogramming digunakan di komputer ini.

Beberapa komputer generasi kedua yang populer adalah:

  • IBM 1620
  • IBM 7094
  • CDC 1604
  • CDC 3600
  • UNIVAC 1108

Komputer Generasi Ketiga

Komputer generasi ketiga menggunakan sirkuit terpadu (IC) bukan transistor. Sebuah IC tunggal dapat mengemas sejumlah besar transistor yang meningkatkan kekuatan komputer dan mengurangi biaya.

Komputer juga menjadi lebih andal, efisien, dan ukurannya lebih kecil. Komputer generasi ini menggunakan pemrosesan jarak jauh, pembagian waktu, multi pemrograman sebagai sistem operasi.

Pada generasi ini juga bahasa pemrograman tingkat tinggi seperti FORTRON-II TO IV, COBOL, PASCAL PL/1, ALGOL-68 digunakan.

Beberapa komputer generasi ketiga yang populer adalah:

  • IBM-360 series
  • Honeywell-6000 series
  • PDP(Personal Data Processor)
  • IBM-370/168
  • TDC-316

Komputer Generasi Keempat

Komputer generasi keempat (1971-1980) menggunakan sirkuit terintegrasi skala sangat besar (VLSI), sebuah chip yang berisi jutaan transistor dan elemen rangkaian lainnya. Chip ini membuat komputer generasi ini lebih ringkas, bertenaga, cepat, dan terjangkau.

Komputer generasi ini menggunakan sistem operasi realtime, time sharing, dan terdistribusi. Bahasa pemrograman seperti C, C++, DBASE juga digunakan pada generasi ini.

Beberapa komputer generasi keempat yang populer adalah:

  • DEC 10
  • STAR 1000
  • PDP 11
  • CRAY-1(Super Computer)
  • CRAY-X-MP(Super Computer)

Komputer Generasi Kelima

Pada komputer generasi kelima (1980-sampai sekarang), teknologi VLSI diganti dengan ULSI (Ultra Large Scale Integration).

Teknologi tersebut memungkinkan produksi chip mikroprosesor dengan sepuluh juta komponen elektronik. Komputer generasi ini menggunakan perangkat keras pemrosesan paralel dan perangkat lunak AI (Kecerdasan Buatan). Bahasa pemrograman yang digunakan pada generasi ini adalah C, C++, Java, .Net, dll.

Beberapa komputer generasi kelima yang populer adalah:

  • Desktop
  • Laptop
  • NoteBook
  • UltraBook
  • ChromeBook

Penutup

Demikianlah penjelasan mengenai sejarah dan evolusi komputer dari waktu ke waktu. Semoga informasi di atas dapat menambah khazanah pengetahuan kita mengenai sejarah komputer.

Apabila Anda suka dengan artikel ini jangan lupa share ke rekan-rekan di media sosial, atau kunjungi rubrik Arsikom untuk artikel-artikel bermanfaat lainnya.

Salam!

Referensihttps://www.javatpoint.com/history-of-computer

Trivusi
Trivusi Ikatlah ilmu dengan menulis. Menebar manfaat dengan berbagi :)

Posting Komentar untuk "Sejarah dan Evolusi Komputer dari Masa ke Masa"