Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa itu CPU? Pengertian, Sejarah, Jenis, dan Komponennya

CPU termasuk bagian vital yang wajib ada dalam komponen dasar komputer. Ia bertindak sebagai otak yang mengendalikan keseluruhan proses dalam sistem komputer.

Apa itu CPU? Pengertian, Sejarah, Jenis, dan Komponennya

Di artikel ini kita akan membahas lebih rinci mengenai apa itu CPU, bagaimana sejarah perkembangannya, dan apa saja jenis-jenisnya. Simak, ya!

Daftar Isi

Pengertian Central Processing Unit (CPU)

Central Processing Unit (CPU) disebut juga processor, central prosesor, atau microprocessor. CPU melakukan semua fungsi penting dari komputer. CPU menerima instruksi dari perangkat keras, perangkat lunak aktif, dan kemudian menghasilkan output yang sesuai.

Apa itu CPU? Pengertian, Sejarah, Jenis, dan Komponennya
Sumber: freepik.com

Komponen ini menyimpan semua program penting seperti sistem operasi dan perangkat lunak aplikasi. CPU juga membantu perangkat input dan output untuk berkomunikasi satu sama lain. Karena fitur-fitur CPU ini, makanya ia disebut sebagai otak komputer.

CPU dipasang atau dimasukkan ke dalam soket CPU yang terletak di motherboard. Selain itu, juga dilengkapi dengan heat sink untuk menyerap dan membuang panas agar CPU tetap dingin dan berfungsi dengan lancar.

Dalam CPU terdapat istilah clock speed. Clock speed pada CPU atau prosesor mengacu pada jumlah instruksi yang dapat diproses dalam satu detik, yang diukur dalam gigahertz. Misalnya, CPU dengan clock speed 4,0 GHz berarti dapat memproses 4 miliar instruksi dalam satu detik.

Komponen-komponen pada CPU

Secara umum, CPU memiliki tiga komponen:

  • Control Unit
  • ALU (Arithmetic Logic Unit)
  • Memory/Storage Unit

Control Unit

Control unit menggunakan sinyal listrik untuk menginstruksikan sistem komputer agar mengeksekusi instruksi yang sudah disimpan. Instruksi diambil dari memori kemudian didecode dan selanjutnya dieksekusi.

Komponen ini bertanggungjawab mengontrol dan mengoordinasikan fungsi semua bagian komputer.

Tugas utama control unit adalah memelihara dan mengatur aliran informasi di seluruh prosesor. Unit ini tidak mengambil bagian dalam pemrosesan dan penyimpanan data.

ALU (Arithmetic Logic Unit)

ALU melakukan fungsi aritmatika dan logika. Fungsi aritmatika meliputi penjumlahan, pengurangan, pembagian perkalian, dan perbandingan. Fungsi logika mencakup pemilihan, perbandingan, dan penggabungan data.

CPU dapat berisi lebih dari satu komponen ALU. Selanjutnya, ALU dapat digunakan untuk memelihara timer yang membantu menjalankan komputer.

Memory/Storage Unit

Memory/Storage Unit juga disebut sebagai Random Access Memory (RAM). Unit ini menyimpan data, program, dan hasil pemrosesan antara dan akhir. Namun fungsinya hanya sebagai tempat penyimpanan data sementara, yang digunakan untuk menjalankan komputer.

Jenis-jenis CPU

CPU sebagian besar diproduksi oleh Intel dan AMD, yang masing-masing memproduksi jenis CPU sendiri.

Di zaman modern, ada banyak jenis CPU di pasaran. Beberapa tipe dasar CPU dijelaskan di bawah ini:

CPU Single Core

Single Core adalah jenis CPU komputer tertua, yang digunakan pada tahun 1970-an. Jenis CPU ini hanya memiliki satu inti untuk memproses operasi yang berbeda. Artinya CPU single core hanya dapat memulai satu operasi pada satu waktu.

CPU ini bekerja dengan cara beralih bolak-balik antara kumpulan aliran data yang berbeda ketika lebih dari satu program berjalan. Jadi, tidak cocok untuk multitasking karena kinerjanya akan berkurang jika lebih dari satu aplikasi berjalan.

CPU ini masih digunakan di beberapa perangkat, seperti smartphone.

CPU Dual Core

Seperti namanya, CPU Dual Core berisi dua inti dalam satu Integrated Circuit (IC). Meskipun setiap inti memiliki pengontrol dan cache sendiri, namun keduanya dihubungkan bersama untuk bekerja sebagai satu unit.

Dengan demikian, CPU Dual Core dapat bekerja lebih cepat dan dapat menangani multitasking lebih efisien daripada prosesor Single Core.

CPU Quad Core

Jenis CPU ini dilengkapi dengan dua prosesor dual-core dalam satu integrated circuit (IC) atau chip.

Jadi, CPU Quad-Core adalah chip yang berisi empat unit independen yang disebut core. Core ini membaca dan mengeksekusi instruksi CPU.

Core dapat menjalankan beberapa instruksi secara bersamaan, sehingga meningkatkan kecepatan keseluruhan untuk program yang kompatibel dengan pemrosesan paralel.

CPU Quad Core menggunakan teknologi yang memungkinkan empat unit pemrosesan independen (core) untuk berjalan secara paralel pada satu chip.

Jadi dengan mengintegrasikan beberapa inti dalam satu CPU, kinerja yang dihasilkan menjadi lebih tinggi tanpa perlu meningkatkan clock speed. Namun, kinerja meningkat hanya jika perangkat lunak komputer mendukung multiprosesor. Perangkat lunak yang mendukung multiprosesor membagi beban pemrosesan antara beberapa prosesor alih-alih menggunakan satu prosesor pada satu waktu.

Sejarah dan Perkembangan CPU dari Masa ke Masa

Beberapa peristiwa penting dalam perkembangan CPU sejak penemuannya hingga saat ini adalah sebagai berikut:

  • Pada tahun 1823, Baron Jons Jackob Berzelius menemukan silikon yang merupakan komponen utama CPU hingga saat ini.
  • Pada tahun 1903, Nikola Tesla mendapatkan paten gerbang atau sakelar, yang merupakan rangkaian logika listrik.
  • Pada bulan Desember 1947, John Bardeen, William Shockley, dan Walter Brattain menemukan transistor pertama di Bell Laboratories dan dipatenkan pada tahun 1948.
  • Pada tahun 1958, IC kerja pertama dikembangkan oleh Robert Noyce dan Jack Kilby.
  • Pada tahun 1960, IBM mendirikan fasilitas produksi massal pertama untuk transistor di New York.
  • Pada tahun 1968, Robert Noyce dan Gordon Moore mendirikan Intel Corporation.
  • AMD (Advanced Micro Devices) didirikan pada Mei 1969.
  • Pada tahun 1971, Intel memperkenalkan mikroprosesor pertama, Intel 4004, dengan bantuan Ted Hoff.
  • Pada tahun 1972, Intel memperkenalkan prosesor 8008; pada tahun 1976 diperkenalkan Intel 8086, dan pada bulan Juni 1979, Intel 8088 dirilis.
  • Pada tahun 1979, prosesor 16/32-bit, Motorola 68000, dirilis. Kemudian, digunakan sebagai prosesor untuk komputer Apple Macintosh dan Amiga.
  • Pada tahun 1987, Sun memperkenalkan prosesor SPARC.
  • Pada bulan Maret 1991, AMD memperkenalkan keluarga mikroprosesor AM386.
  • Pada bulan Maret 1993, Intel merilis prosesor Pentium. Pada tahun 1995, Cyrix memperkenalkan prosesor Cx5x86 untuk memberikan persaingan dengan prosesor Intel Pentium.
  • Pada Januari 1999, Intel memperkenalkan prosesor Celeron 366 MHz dan 400 MHz.
  • Pada bulan April 2005, AMD memperkenalkan prosesor dual-core pertamanya.
  • Pada tahun 2006, Intel memperkenalkan prosesor Core 2 Duo.
  • Pada tahun 2007, Intel memperkenalkan berbagai jenis prosesor Core 2 Quad.
  • Pada bulan April 2008, Intel memperkenalkan seri pertama dari prosesor Intel Atom, seri Z5xx. Mereka adalah prosesor single-core dengan GPU 200 MHz.
  • Pada bulan September 2009, Intel merilis prosesor desktop Core i5 pertama dengan empat core.
  • Pada Januari 2010, Intel merilis banyak prosesor seperti prosesor Core 2 Quad Q9500, prosesor mobile Core i3 dan i5 pertama, prosesor desktop Core i3 dan i5 pertama. Pada tahun yang sama di bulan Juli, ia merilis prosesor desktop Core i7 pertama dengan enam core.
  • Pada Juni 2017, Intel memperkenalkan prosesor desktop Core i9 pertama.
  • Pada April 2018, Intel merilis prosesor seluler Core i9 pertama.

Penutup

Demikianlah penjelasan singkat mengenai pengertian, sejarah, dan jenis-jenis CPU. Semoga informasi yang dipaparkan dapat bermanfaat dan menambah wawasan kita.

Apabila Anda suka dengan artikel ini jangan lupa share ke rekan-rekan di media sosial, atau kunjungi rubrik Arsikom untuk artikel-artikel bermanfaat lainnya.

Salam!

Referensihttps://www.javatpoint.com/central-processing-unit

Trivusi
Trivusi Ikatlah ilmu dengan menulis. Menebar manfaat dengan berbagi :)

Posting Komentar untuk "Apa itu CPU? Pengertian, Sejarah, Jenis, dan Komponennya"