Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Elemen Kunci Keberhasilan SEO On-Page yang Perlu Anda Tahu

10 Elemen Kunci Keberhasilan SEO On-Page yang Perlu Anda Tahu - Sukses memenangkan peringkat dalam pencarian organik saat ini memerlukan pengoptimalan dari berbagai kombinasi faktor. Faktor-faktor yang dianggap penting oleh mesin pencari diantaranya dari sisi teknikal, SEO On-Page, dan SEO Off-Page.

Kebanyakan artikel yang ada di internet lebih menekankan dan fokus pada teknik SEO Off-Page – seperti pembuatan tautan – dan elemen teknis lainnya.

Tetapi kenyataannya justru SEO off-page tidak akan banyak berguna jika kita tidak memperhatikan fundamentalnya, yakni SEO on-page. 

Sumber gambar: unsplash.com

SEO on-page berarti kita mengoptimalkan halaman website kita dari dalam sebelum dilakukan pengoptimalan dari luar.

Dan karena algoritma pencarian akan terus berkembang, penting untuk memastikan pengetahuan SEO kita selalu mutakhir agar tidak tertinggal dari kompetitor kita.

Di artikel ini, kita akan membahas apa itu SEO on-page, mengapa itu penting, dan 10 pertimbangan SEO on-page yang perlu kita ketahui.

Daftar Isi

Apa itu SEO On-Page?

SEO On-page (juga dikenal sebagai SEO on-site) mengacu pada praktik mengoptimalkan halaman web untuk meningkatkan peringkat mesin pencari situs web dan mendapatkan lalu lintas (traffic) organik.

Selain menerbitkan konten yang relevan dan berkualitas tinggi, SEO On-page mencakup pengoptimalan judul, tag HTML (judul, meta, dan header), dan gambar. Hal ini untuk memastikan situs web kita memiliki tingkat keahlian, otoritas, dan kepercayaan yang tinggi. 

Teknik ini memperhitungkan berbagai aspek halaman web yang apabila ditambahkan bersama-sama akan meningkatkan rangking situs web yang kita miliki di hasil pencarian (Google, Bing, Duckduckgo, dll).

Mengapa SEO On-page Penting?

SEO On-page penting karena membantu mesin pencari memahami situs web kita dan kontennya, serta mengidentifikasi apakah isinya relevan dengan apa yang orang cari.

Saat mesin pencari menjadi lebih canggih seperti sekarang ini, ada fokus yang lebih besar terhadap relevansi dan semantik di halaman hasil mesin pencari (SERP).

Google, dengan sejumlah besar algoritme kompleksnya, sekarang jauh lebih baik dalam:

  • Memahami apa yang sebenarnya dicari pengguna saat mereka mengetik kata kunci perncarian.
  • Memberikan hasil pencarian yang sesuai maksud pengguna (apakah sekadar mencari informasi, ingin belanja, atau mengecek berita trending).

Beradaptasi dengan perkembangan ini sangat penting agar website kita termasuk konten di dalamnya  telah dioptimalkan dengan baik sesuai dengan praktik terbaik saat ini. Baik yang terlihat secara kasat mata oleh pengunjung (teks, gambar, video, atau audio) maupun bagian yang hanya dikenali oleh mesin pencari (seperti tag HTML dan Structured Data).

Selain itu, Anda tidak bisa mengabaikan SEO on-page begitu saja karena Anda memiliki kontrol lebih besar saat mengoptimalkan elemen on-site – dibandingkan dengan SEO off-page yang terdiri dari sinyal eksternal (yaitu, backlink).

Kurang lebih ada 10 elemen penting yang ada dalam teknik SEO on-page. Memperhatikan 10 area ini akan membantu meningkatkan konten dan otoritas halaman web yang pada akhirnya peringkat website kita akan naik serta traffic ke website menjadi bertambah banyak.

Elemen Kunci Keberhasilan SEO On-Page

1. E-A-T

E-A-T adalah kependekan dari Expertise, Authoritativeness, and Trustworthiness. Istilah ini adalah framework yang digunakan Google untuk menilai pembuat konten, halaman web, dan situs web secara keseluruhan.

Google selalu mengutamakan konten berkualitas tinggi. Mereka ingin memastikan bahwa situs yang memproduksi konten berkualitas tinggi dihargai dengan peringkat yang lebih baik. Sedangkan situs yang membuat konten berkualitas rendah mendapatkan visibilitas yang lebih sedikit atau bahkan terpental dari ranking 10 besar.

E-A-T bisa dibilang sebagai korelasi atau sebab-akibat – berperan dalam hasil pencarian organik Google. Artinya E-A-T harus menjadi pertimbangan dalam strategi SEO kita. 

2. Tag Judul

Tag judul adalah tag HTML yang ada di bagian atas setiap halaman web, memberikan isyarat atau konteks awal tentang topik topik dari halaman yang bersangkutan.

Tag judul ditampilkan secara mencolok di halaman hasil mesin pencari (biasanya digunakan sebagai tautan yang dapat diklik) serta di jendela browser.

Tag judul memiliki dampak yang tidak signifikan pada peringkat organik, makanya terkadang diabaikan.

Namun tetap saja tag judul yang hilang, duplikat, dan ditulis dengan buruk dapat berdampak negatif pada hasil SEO, jadi pastikan Anda mengoptimalkan elemen ini.

3. Meta Description

Sejak awal SEO, meta description telah menjadi poin pengoptimalan yang penting.

Meta description, yaitu tag meta yang memberikan deskripsi tentang halaman tersebut, sering ditampilkan di SERP di bawah judul halaman.

Google menyatakan bahwa deskripsi meta tidak terlalu membantu dalam pemeringkatan. Namun, sebenarnya atribut meta description masih tetap berguna bagi pengunjung untuk mengetahui ringkasan dari sebuah konten.

Mengoptimalkan deskripsi meta dengan benar dapat membantu meningkatkan:

  • Rasio klik-tayang (RKT).
  • Persepsi kualitas hasil.
  • Persepsi tentang apa yang ditawarkan situs web yang bersangkutan

4. Headline

Ingin konten situs web berkinerja baik di pencarian? Cobalah untuk menulis judul yang menarik.

Membuat judul untuk artikel blog mungkin tampak sepele, tetapi percayalah bahwa judul yang bagus dapat memberi perbedaan antara klik dan tayangan. Itulah mengapa penting untuk membuatnya secara strategis.

Judul artikel perlu memicu minat pembaca dan juga tampil menonjol/unik di SERP – menarik pengguna untuk mengklik dan melanjutkan membaca konten lainnya.

5. Tag Header

Tag header adalah elemen HTML (H1-H6) yang digunakan untuk mengidentifikasi heading dan subheading dalam konten artikel dan membedakannya dari jenis teks lain (misal teks paragraf).

Tag header tidak begitu penting untuk peringkat situs seperti dulu, tetapi tag ini tetap memiliki fungsi penting – untuk pengguna dan SEO website kita.

Elemen ini secara tidak langsung dapat memengaruhi peringkat situs dengan cara:

  • Membuat konten Anda lebih mudah dan lebih menyenangkan untuk dibaca pengunjung.
  • Menyediakan konteks kaya kata kunci mengenai konten Anda untuk mesin pencari.

6. Penulisan SEO

Penulisan SEO berarti menulis konten dengan mempertimbangkan mesin pencari dan pengguna.

Ada strategi dibalik penulisan konten SEO yang solid dan lebih dari sekadar riset kata kunci serta mengisi bagian yang kosong.

Memproduksi konten demi memuaskan mesin Google tidak akan berhasil membuat peringkat website naik. Ingatlah bahwa kita menulis konten untuk orang dan bukan robot. Oleh karena itu konten tersebut harus berkualitas tinggi, substansial, dan relevan.

7. Kanibalisasi Kata Kunci

Benar atau salah: Semakin banyak halaman yang Anda targetkan untuk kata kunci, semakin baik peringkat website kita untuk kata kunci itu?.

Jawabannya salah!

Menargetkan kata kunci tertentu dan berlebihan di beberapa halaman dapat menyebabkan "kanibalisasi kata kunci" yang memiliki beberapa konsekuensi yang berpotensi membawa bencana bagi SEO.

Ketika memiliki beberapa peringkat halaman untuk kata kunci yang sama, kita sebenarnya bersaing dengan diri sendiri.

Penting untuk mengidentifikasi apakah kanibalisasi kata kunci ada di situs web Anda dan segera perbaiki jika ada.

8. Audit Konten

Sebagian besar pembuat konten berfokus pada pembuatan konten baru sehingga mereka lupa mengaudit konten mereka yang sudah ada. Dan ini adalah sebuah kesalahan.

Mengaudit konten yang ada sangat penting karena membantu kita dalam:

  • Mengevaluasi apakah konten yang ada mencapai tujuannya dan mendapatkan ROI.
  • Mengidentifikasi apakah informasi dalam konten website masih akurat atau sudah usang (atau bahkan ketinggalan zaman).
  • Menentukan jenis konten apa yang cocok.

Audit konten dapat sangat membantu strategi SEO dan harus dilakukan secara teratur.

9. Optimasi Gambar

Menambahkan gambar adalah cara yang baik untuk membuat halaman web kita menjadi lebih menarik. Tetapi tidak semua gambar sama – beberapa bahkan dapat memperlambat situs web kita.

Mengoptimalkan gambar dengan benar akan membantu kita memanfaatkan aset SEO yang berharga.

Optimalisasi gambar memiliki banyak keuntungan, seperti:

  • Peluang peringkat tambahan (muncul di Penelusuran Gambar Google).
  • Pengalaman pengguna yang lebih baik.
  • Waktu muat halaman lebih cepat.
Jangan lupa pastikan untuk hanya memasukkan gambar yang mendukung konten Anda dan menggunakan judul deskriptif dan teks alternatif.

10. Keterlibatan Pengguna

Meningkatkan elemen SEO di halaman situs web hanyalah sebagian dari pertempuran.

Sebagian lainnya terletak pada cara kita memastikan bahwa pengunjung tidak kabur begitu saja dari web kita – tetapi sebaliknya, buat mereka berlama-lama membaca konten yang ada, berinteraksi, dan terus datang kembali di kemudian hari.

Mempertahankan pengguna yang terlibat merupakan tantangan tersendiri, tetapi pasti bisa kita lakukan. Untuk meningkatkan keterlibatan pengguna, fokuslah pada aspek-aspek seperti kecepatan situs, pengalaman pengguna, dan pengoptimalan konten, dan beberapa aspek lainnya.

Penutup

Demikianlah 10 elemen kunci keberhasilan SEO On-page. Teknik ini cukup penting apabila Anda ingin meningkatkan peluang situs web muncul di hasil pencarian.

Mengoptimalkan faktor-faktor dari dalam (onsite) secara teratur dapat membantu meningkatkan peringkat dan lalu lintas situs web yang kita miliki.

Jika Anda tertarik dengan artikel seperti ini, silakan kunjungi rubrik #Artikel dan #Tips dan Trik

Salam!

Trivusi
Trivusi Ikatlah ilmu dengan menulis. Menebar manfaat dengan berbagi :)

Posting Komentar untuk "10 Elemen Kunci Keberhasilan SEO On-Page yang Perlu Anda Tahu"