Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Teknik SEO On-Page Supaya Page One di Google, Ampuh!

10 Teknik SEO On-Page Supaya Page One di Google, Ampuh! - Untuk memenangkan ranking di hasil pencarian Google saat ini memerlukan pengoptimalan dari berbagai kombinasi faktor. Faktor-faktor yang dianggap penting oleh mesin pencari diantaranya dari sisi teknikal, SEO On-Page, dan SEO Off-Page.

Kebanyakan artikel yang ada di internet lebih menekankan dan fokus pada teknik SEO Off-Page – seperti mencari backlink – dan elemen teknis lainnya.

Tetapi kenyataannya justru SEO off-page tidak akan banyak berguna jika kita tidak memperhatikan fundamentalnya, yakni SEO on-page.

10 Elemen Kunci Keberhasilan SEO On-Page yang Perlu Anda Tahu
Sumber: freepik.com

SEO on-page berarti kita mengoptimalkan halaman website kita dari dalam sebelum dilakukan pengoptimalan dari luar.

Dan karena algoritma pencarian akan terus berkembang, penting untuk memastikan pengetahuan SEO kita selalu mutakhir agar tidak tertinggal dari kompetitor kita.

Di artikel ini, kita akan membahas apa itu SEO on-page, apa pentingnya, dan 10 pertimbangan SEO on-page yang perlu kita ketahui.

Daftar Isi

Apa itu SEO On-Page?

SEO On-page (juga dikenal sebagai SEO on-site) dapat didefinisikan sebagai praktik mengoptimalkan halaman web untuk meningkatkan peringkat mesin pencari situs web dan mendapatkan lalu lintas (traffic) organik.

Selain menerbitkan konten yang relevan dan berkualitas tinggi, SEO On-page mencakup pengoptimalan judul, tag HTML (judul, meta, dan header), dan gambar. Hal ini untuk memastikan situs web kita memiliki tingkat keahlian, otoritas, dan kepercayaan yang tinggi. 

Teknik ini memperhitungkan berbagai aspek pada halaman web yang apabila ditambahkan bersama-sama akan meningkatkan rangking situs web yang kita miliki di hasil pencarian (Google, Bing, Duckduckgo, dll).

Mengapa SEO On-page Penting?

SEO On-page penting karena membantu mesin pencari memahami situs web kita dan kontennya, serta mengidentifikasi apakah isinya relevan dengan apa yang orang cari.

Saat mesin pencari menjadi lebih canggih seperti sekarang ini, ada fokus yang lebih besar terhadap relevansi dan semantik di halaman hasil mesin pencari (SERP).

Google, dengan sejumlah besar algoritma kompleksnya, sekarang jauh lebih baik dalam:

  • Memahami apa yang sebenarnya dicari pengguna saat mereka mengetik kata kunci perncarian.
  • Memberikan hasil pencarian yang sesuai maksud pengguna (apakah sekadar mencari informasi, ingin belanja, atau mengecek berita trending).

Beradaptasi dengan perkembangan ini sangat penting agar website kita termasuk konten di dalamnya  telah dioptimalkan dengan baik sesuai dengan praktik terbaik saat ini. Baik yang terlihat secara kasat mata oleh pengunjung (teks, gambar, video, atau audio) maupun bagian yang hanya dikenali oleh mesin pencari (seperti tag HTML dan Structured Data).

Selain itu, kita tidak bisa mengabaikan SEO on-page begitu saja karena kita memiliki kendali lebih besar pada elemen dalam website kita – dibandingkan dengan SEO off-page yang berasal dari pihak luar.

Kurang lebih ada 10 elemen penting yang ada dalam teknik SEO on-page. Memperhatikan 10 area ini akan membantu kita meningkatkan konten dan otoritas halaman web yang pada akhirnya peringkat website kita akan naik serta traffic ke website menjadi bertambah banyak.

Teknik dan Kunci Keberhasilan SEO On-Page

1. E-A-T

E-A-T adalah kependekan dari Expertise, Authoritativeness, and Trustworthiness. Istilah ini adalah framework yang digunakan Google untuk menilai pembuat konten, halaman web, dan situs web secara keseluruhan.

E-A-T Google SEO
Sumber: setupad.com

Google selalu mengutamakan konten berkualitas tinggi. Mereka ingin memastikan bahwa situs yang memproduksi konten berkualitas tinggi dihargai dengan peringkat yang lebih baik. Sedangkan situs yang membuat konten berkualitas rendah mendapatkan visibilitas yang lebih sedikit atau bahkan terpental dari ranking 10 besar.

E-A-T bisa dibilang sebagai sinyal agar kita fokus pada pengunjung dengan memberikan informasi yang akurat dan dapat dipertanggungjawabkan. Tentukan tema konten web kita apakah membahas teknologi, kesehatan, berita, resep masakan atau apapun sesuai latar belakang atau keahlian kita. Ulas secara mendalam dan konsisten dengan artikel seputar tema tersebut.

Teknik ini juga akan membuat web kita unik karena membahas sesuatu yang fokus pada satu topik. Google juga menyukai jenis web seperti ini karena menandakan website tersebut dapat menjadi rujukan jika seseorang mencari topik sejenis.

2. Optimasi Tag Judul

Tag judul adalah tag HTML yang ada di bagian atas setiap halaman web, memberikan isyarat atau konteks awal tentang topik topik dari halaman yang bersangkutan.

Tag judul ditampilkan secara mencolok di halaman hasil mesin pencari (biasanya digunakan sebagai tautan yang dapat diklik) serta di jendela browser.

contoh tag judul pada laman pencarian
Sumber: fandangoseo.com

Tag judul penting dioptimalkan karena merupakan elemen pertama yang dibaca oleh pengguna yang sedang mencari sesuatu. Pastikan membuat tag judul yang ringkas namun sesuai isi artikelnya.

Umumnya karakter pada tag judul maksimum berkisar 60 karakter. Apabila lebih, judul akan terpotong dan ditambahkan titik tiga di belakang frasa yg terpotong.

3. Tambahkan Meta Description yang Sesuai

Sejak awal SEO, meta description telah menjadi poin pengoptimalan yang penting.

Meta description, yaitu tag meta yang memberikan deskripsi tentang halaman tersebut, sering ditampilkan di SERP di bawah judul halaman.

contoh meta description
Sumber blog.hubspot.com

Google menyatakan bahwa meta deskription tidak terlalu membantu dalam pemeringkatan. Namun, sebenarnya atribut meta description masih tetap berguna bagi pengunjung untuk mengetahui ringkasan dari sebuah konten.

Mengoptimalkan deskripsi meta dengan benar dapat membantu meningkatkan rasio klik-tayang (CTR).

4. Buat Headline yang Menarik dan Memicu Klik

Ingin konten situs web mendatangkan banyak klik di hasil pencarian? Cobalah untuk menulis judul yang menarik.

Membuat judul untuk artikel blog mungkin tampak sepele, tetapi percayalah bahwa judul yang bagus dapat meningkatkan persentase CTR atau rasio-klik-tayang, yaitu perbandingan jumlah klik per banyaknya tayangan di hasil pencarian. 

Judul artikel perlu memicu minat pembaca dan juga tampil menonjol/unik di SERP – menarik pengguna untuk mengklik dan melanjutkan membaca konten lainnya.

5. Variasikan Artikel dengan Subjudul (Tag Header)

Tag header adalah elemen HTML (H1-H6) yang digunakan untuk mengidentifikasi heading dan subheading dalam konten artikel dan membedakannya dari jenis teks lain (misal teks paragraf).

Tag header tidak punya pengaruh signifikan untuk peringkat situs seperti dulu, tetapi tag ini tetap memiliki fungsi penting – untuk pengguna dan SEO website kita.

Elemen ini secara tidak langsung dapat memengaruhi peringkat situs dengan cara:

  • Membuat konten Anda lebih mudah dan lebih menyenangkan untuk dibaca pengunjung.
  • Menyediakan konteks kaya kata kunci mengenai konten web kita untuk mesin pencari.

Dengan membagi bahasan artikel yang panjang menjadi beberapa subjudul dapat membantu pengguna agar tidak pusing melihat tulisan yang terlalu panjang tanpa variasi format tulisan. 

Cara ini dapat dikombinasikan dengan membuat daftar isi dalam artikel yang apabila diklik akan membawa ke subjudul yang dimaksud tanpa harus banyak scroll. Seperti yang sudah penulis terapkan pada website ini.

6. Menulis Artikel dengan Kaidah SEO

Menulis sesuai kaidah SEO berarti menulis konten dengan mempertimbangkan mesin pencari dan pengguna. Caranya dengan melakukan riset kata kunci dan sebar kata kunci ke konten kita. Namun pastikan artikel kita tetap enak dibaca dan bermanfaat bagi pengguna.

Memproduksi konten demi memuaskan mesin Google saja tidak akan berhasil membuat peringkat website naik. Ingatlah bahwa kita menulis konten untuk orang dan bukan robot. Oleh karena itu konten tersebut harus berkualitas tinggi, substansial, dan relevan.

7. Hindari Kanibalisasi Kata Kunci

Menargetkan kata kunci tertentu dan berlebihan di beberapa halaman dapat menyebabkan "kanibalisasi kata kunci" yang memiliki beberapa konsekuensi yang berpotensi membawa pengaruh buruk bagi SEO web kita.

Ketika kita punya beberapa artikel yang menargetkan kata kunci yang sama, kita sebenarnya bersaing dengan diri sendiri. Hindari praktik seperti ini dan lakukan pengecekan apakah kanibalisasi kata kunci ada di situs web kita dan segera perbaiki jika ada.

8. Audit Konten

Sebagian besar pembuat konten berfokus pada pembuatan konten baru sehingga lupa mengaudit konten yang sudah ada. Hal ini adalah sebuah tindakan yang kurang bijak.

Mengaudit konten yang sudah ada sangat penting karena membantu kita dalam:

  • Mengevaluasi apakah konten yang sudah ada telah mencapai tujuan yang diharapkan.
  • Mengidentifikasi apakah informasi dalam konten website masih akurat atau sudah usang (atau bahkan ketinggalan zaman).
  • Menentukan jenis konten apa yang cocok.

Audit konten dapat sangat membantu strategi SEO dan harus dilakukan secara teratur.

9. Optimasi Gambar

Menambahkan gambar adalah cara yang baik untuk membuat halaman web kita menjadi lebih menarik. Tetapi tidak semua gambar sama – beberapa bahkan dapat memperlambat situs web kita.

Mengoptimalkan gambar dengan benar akan membantu kita memanfaatkan aset SEO yang berharga.

Optimalisasi gambar memiliki banyak keuntungan, seperti:

  • Peluang peringkat tambahan (muncul di Penelusuran Gambar Google).
  • Pengalaman pengguna yang lebih baik.
  • Waktu muat halaman lebih cepat.
Jangan lupa pastikan untuk hanya memasukkan gambar yang mendukung konten kita dan menggunakan judul deskriptif dan teks alternatif.

10. Buat Pengunjung Nyaman dan Puas

Meningkatkan elemen SEO di halaman situs web hanyalah sebagian dari pertempuran.

Sebagian lainnya terletak pada cara kita memastikan bahwa pengunjung tidak kabur begitu saja dari web kita – tetapi sebaliknya, buat mereka berlama-lama membaca konten yang ada, berinteraksi, dan terus datang kembali di kemudian hari.

Mempertahankan pengguna yang terlibat merupakan tantangan tersendiri, tetapi pasti bisa kita lakukan. Untuk meningkatkan keterlibatan pengguna, fokuslah pada aspek-aspek seperti kecepatan situs, pengalaman pengguna, dan pengoptimalan konten, dan beberapa aspek lainnya.

Penutup

Demikianlah 10 elemen kunci keberhasilan SEO On-page. Teknik ini cukup penting apabila Anda ingin meningkatkan peluang situs web muncul di hasil pencarian.

Mengoptimalkan faktor-faktor dari dalam (onsite) secara teratur dapat membantu meningkatkan peringkat dan lalu lintas situs web yang kita miliki.

Jika Anda tertarik dengan artikel seperti ini, silakan kunjungi rubrik #Artikel dan #Tips dan Trik

Salam!

Trivusi
Trivusi Ikatlah ilmu dengan menulis. Menebar manfaat dengan berbagi :)

Posting Komentar untuk "10 Teknik SEO On-Page Supaya Page One di Google, Ampuh!"