Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Competitive Programming: Pengertian, Manfaat, dan Cara Memulainya

Salah satu kekhawatiran terbesar bagi sebagian besar kandidat saat melakukan wawancara di perusahaan teknologi adalah adanya coding interview yang berisi pertanyaan teknis yang harus kita selesaikan dalam waktu yang telah ditentukan.

Bagi yang tidak punya pengalaman dalam competitive programming dan tidak terbiasa dengan jenis test seperti ini, kemungkinan besar akan gagal di tahap ini.

Test coding interview tersebut menuntut peserta untuk mendapatkan solusi atas pertanyaan dalam waktu yang singkat.

Di artikel ini kita akan membahas lebih detail mengenai apa itu competitive programming, manfaat, dan cara memulainya. Yuk, simak!

Daftar Isi

Pengertian Competitive Programming

Competitive programming adalah sebuah perlombaan berbasis nalar yang biasanya diadakan melalui internet atau jaringan lokal, melibatkan peserta yang mencoba memprogram sesuai dengan spesifikasi yang diberikan. Kontestan dapat disebut sebagai sport programmer.

Competitive Programming: Pengertian, Manfaat, dan Cara Memulainya

Dalam istilah sederhana, competitive programming dapat didefinisikan sebagai sejenis kontes di mana beberapa programmer mengambil bagian untuk menyelesaikan beberapa pertanyaan pemrograman dalam waktu terbatas.

Kontes tersebut dapat dilakukan secara online di berbagai platform coding atau dapat diadakan secara offline di beberapa sekolah, perguruan tinggi, atau organisasi.

Manfaat Competitive Programming

Berikut adalah beberapa manfaat apabila kita mengikuti competitive programming:

1. Problem solving

Dalam competitive programming, kita dituntut untuk dapat memecahkan masalah dari dunia nyata dan harus menyelesaikannya dengan cara terbaik dalam waktu terbatas.

Melalui mekanisme seperti ini, lambat laun akan meningkatkan kemampuan kita dalam problem solving atau mengatasi masalah dalam kehidupan sehari-hari kita.

2. Coding interview

Competitive programming sangat membantu kita dalam memecahkan pertanyaan wawancara coding (coding interview) dengan lebih dari satu kemungkinan cara.

Umumnya para interviewer meminta lebih dari satu solusi untuk masalah tertentu. Dengan sering mengikuti kontes competitive programming, kemampuan ini akan terasah dengan sendirinya.

3. Mendapatkan perusahaan impian

Berbagai perusahaan teknologi raksasa seperti Google, Facebook, dan Amazon seringkali mengadakan kompetisi coding online dan langsung merekrut kandidat berdasarkan kinerja peserta dalam kompetisi tersebut.

4. Teamwork

Sebagian besar competitive programming dibuat dalam bentuk kelompok atau grup. Oleh karena itu, kita juga akan belajar bagaimana tampil dan mengatur waktu selama beberapa kompetisi. Selain itu kita juga akan mengatur strategi dan membagi tugas dengan peserta lain dalam satu tim.

 5. Profile building

Saat kita menyelesaikan pertanyaan di platform tertentu atau di beberapa kompetisi, kita biasanya diminta untuk mengisi profil di platform tersebut.

Banyak perusahaan cenderung mempekerjakan kandidat, berdasarkan profil di beberapa platform competitive programming online.

Apa yang Harus Dipelajari untuk Ikut Competitive Programming?

Di bawah ini merupakan langkah-langkah yang bisa kita ikuti untuk memulai competitive programming:

1. Tentukan satu bahasa pemrograman

Sebelum memulai, kita harus terbiasa dengan setidaknya satu bahasa pemrograman seperti c ++, java atau python.

Jika tahu lebih dari satu bahasa, maka kita harus memilih salah satu yang lebih nyaman menurut kita.

Selain itu, cobalah untuk memilih beberapa bahasa berorientasi objek. Sebagian besar orang menggunakan C ++ untuk competitive programming.

2. Pilih platform online

Ada banyak platform coding online tempat kita dapat berlatih dan ikut serta dalam beberapa tantangan online. Jadi, pilih salah satu dan mulailah memecahkan masalah.

Beberapa platform pengkodean online adalah Hackerrank , CodeChef , HackerEarth , dll.

3. Pahami mengenai time and space complexity

Dalam competitive coding, time and space complexity merupakan faktor yang penting karena umumnya untuk setiap pertanyaan ada batas waktu dan ruang memori. Dengan batas itulah, kode kita harus dijalankan.

Dalam sebagian besar kasus, batas waktunya adalah 1 detik dan batas ruangnya adalah 256 MB.

4. Pelajari struktur data dan analisis algoritma

Struktur data dan analisis algoritma sangat penting untuk menyelesaikan pertanyaan dengan cara terbaik.

Beberapa struktur data yang dibutuhkan selama competitive programming di antaranya:

Selain struktur data, beberapa konsep yang perlu diketahui antara lain:

  • Time and space complexity
  • Recursion
  • Searching dan sorting
  • Backtracking
  • Bit Manipulation
  • Greedy approach
  • Dynamic programming
  • Number theory
  • Game theory

5. Terus berlatih secara konsisten

Mulailah berlatih soal di situs web coding online dan ikut serta dalam kontes coding. Selain itu, cobalah untuk menyelesaikan pertanyaan dari kontes pengkodean sebelumnya dan masalah lain yang tersedia di situs web.

Dengan cara ini, Anda akan terbiasa dalam menyelesaikan pertanyaan yang ada.

Penutup

Demikianlah penjelasan lengkap mengenai pengertian, manfaat, dan cara memulai competitive programming. Semoga informasi yng disajikan dapat bermanfaat dan menambah khazanah pengetahuan kita.

Salam!

Referensihttps://afteracademy.com/blog/getting-started-with-competitive-programming/

Trivusi
Trivusi Ikatlah ilmu dengan menulis. Menebar manfaat dengan berbagi :)

Posting Komentar untuk "Competitive Programming: Pengertian, Manfaat, dan Cara Memulainya"