Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perbedaan Informed Search dan Uninformed Search

Searching atau pencarian adalah proses menemukan urutan langkah-langkah yang diperlukan untuk memecahkan suatu masalah.

Terdapat 2 jenis pencarian dalam bidang kecerdasan buatan, yakni informed search dan uninformed search.

Perbedaan Informed Search dan Uninformed Search

Perbedaan antara keduanya adalah apakah pencarian informasi memberikan panduan tentang di mana dan bagaimana menemukan solusi.

Informed search mengandung panduan atau petunjuk tambahan mengenai masalah sedangkan uninformed search sebaliknya tidak memiliki informasi tambahan dalam definisi masalah kecuali spesifikasi awal.

Di artikel ini kita akan membahas lebih rinci mengenai perbedaan keduanya. Simak, ya!

Daftar Isi

Pengertian Informed Search

Teknik pencarian informed search memanfaatkan pengetahuan khusus atau informasi tambahan untuk memberikan petunjuk untuk solusi masalah.

Jenis strategi pencarian ini sebenarnya mencegah algoritma tersandung tersesat dalam mencapai tujuan atau arah menuju solusi yang diharapkan.

Informed search memiliki keunggulan dalam hal biaya di mana optimalitas dicapai dengan biaya pencarian yang lebih rendah.

Untuk mencari biaya jalur yang optimal dalam sebuah graph dengan menerapkan strategi dimana node yang paling menjanjikan n dimasukkan ke fungsi heuristik h(n).

Kemudian fungsi mengembalikan bilangan real non-negatif yang merupakan perkiraan biaya jalur yang dihitung dari node n ke node target.

Di sini bagian terpenting dari teknik informed search adalah fungsi heuristik yang memfasilitasi dalam memberikan pengetahuan tambahan tentang masalah ke algoritma.

Hal tersebut sangat membantu dalam menemukan jalan ke tujuan melewati berbagai node tetangga.

Algoritma yang termasuk dalam informed search, di antaranya: heuristic depth-first, heuristic breadth-first search, greedy search, graph search, dan A* search.

Pengertian Uninformed Search

Berbeda dengan informed search, uninformed search melakukan pencarian dengan cara hanya memberikan definisi masalah tetapi tidak ada langkah lebih lanjut untuk menemukan solusi untuk masalah tersebut.

Tujuan utama dari pencarian jenis ini adalah untuk membedakan antara keadaan target dan non-target sampai menemukan tujuan dan melaporkan penerusnya. Strategi ini juga dikenal sebagai pencarian buta (blind search).

Adapun contoh algoritma pencarian uninformed search adalah Depth First Search, Uniform Cost Search, dan Breadth First Search.

Perbedaan Informed Search dan Uninformed Search

Berikut ini adalah beberapa perbedaan mendasar mengenai informed search dan uninformed search:

  • Teknik pencarian informed search menggunakan pengetahuan untuk menemukan solusi. Sebaliknya, teknik pencarian uninformed search tidak menggunakan pengetahuan. Dalam istilah yang lebih sederhana, tidak ada informasi lebih lanjut yang diberikan mengenai solusi tersebut.
  • Efisiensi pencarian pada teknik informed search lebih baik daripada pencarian pada metode uninformed search.
  • Uninformed search menghabiskan lebih banyak waktu dan biaya karena tidak memiliki petunjuk tentang solusi dibandingkan dengan informed search.
  • Depth first search, breadth first search, dan uniform cost search adalah algoritma yang termasuk dalam kategori uninformed search. Sebaliknya, informed search mencakup algoritma seperti heuristic depth-first, heuristic breadth-first search, greedy search, graph search, dan A* search

Penutup

Demikianlah penjelasan lengkap mengenai pengertian dan perbedaan antara teknik pencarian informed search dan uninformed search. Semoga informasi yang disajikan dapat bermanfaat bagi pembaca.

Apabila Anda suka dengan artikel serupa, Anda dapat mengunjungi rubrik Data Structure atau membaca artikel lainnya mengenai 'Pengertian dan Jenis-Jenis Struktur Data'.

Salam!

Referensi:

Trivusi
Trivusi Ikatlah ilmu dengan menulis. Menebar manfaat dengan berbagi :)

Posting Komentar untuk "Perbedaan Informed Search dan Uninformed Search"