Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Jenis-jenis dan Contoh Port pada Komputer

Komputer adalah perangkat yang mampu mengubah data menjadi informasi yang berguna. Komputer memproses input sesuai dengan set instruksi yang diberikan oleh pengguna dan memberikan output yang diinginkan.

Seperti yang kita ketahui bahwa kita dapat menghubungkan beberapa perangkat eksternal dengan sistem komputer. Salah satu komponen yang dapat digunakan adalah port.

Apa itu port?

Mengenal Jenis-jenis dan Contoh Port pada Komputer

Di kesempatan ini kita akan membahas mengenai pengertian, jenis, dan contoh port pada komputer. Yuk, kita mulai!

Daftar Isi

Pengertian Port pada Komputer

Port adalah koneksi atau jack yang disediakan di komputer untuk menghubungkan perangkat eksternal atau periferal ke komputer, misalnya, kita memerlukan port pada perangkat komputer untuk menghubungkan keyboard, mouse, pen-drive, dll.

Mengenal Jenis-jenis dan Contoh Port pada Komputer
Sumber: freepik.com

Port pada komputer berfungsi sebagai antarmuka atau titik lampiran antara komputer dan perangkat eksternal.

Komponen ini juga disebut port komunikasi, karena merupakan titik di mana kita dapat mencolokkan perangkat periferal agar dapat melakukan transfer data atau komunikasi antara perangkat dan komputer.

Umumnya ujung konektor female disebut port dan biasanya berjumlah empat hingga enam buah. Port di tempatkan pada motherboard yang ada di bagian belakang atau samping komputer.

Jenis Jenis Port Komputer

Berdasarkan jenis protokol yang digunakan untuk komunikasi, port komputer dapat dibagi menjadi dua jenis: Port Serial dan Port Paralel.

Port Serial

Jenis port ini menyediakan antarmuka untuk terhubung ke perangkat periferal menggunakan protokol serial.

Jenis-jenis port komputer: Port Serial
Sumber: javatpoint.com

Di port ini, kecepatan transmisi data adalah satu bit pada satu waktu melalui jalur komunikasi tunggal.

Contohnya, konektor D-Subminiature atau D-sub adalah port serial yang umum digunakan, yang membawa sinyal RS-232.

Port Paralel

Seperti namanya, port paralel adalah antarmuka yang memungkinkan komunikasi atau transfer data antara komputer dan perangkat secara paralel melalui lebih dari satu jalur komunikasi.

Jenis-jenis port komputer: Port Paralel
Sumber: javatpoint.com

Contoh dari port paralel adalah port printer.

Contoh Port Komputer

Berikut adalah beberapa contoh port yang umumnya ada pada komputer:

1. PS/2

Seperti namanya, port ini diperkenalkan pada seri komputer IBM Personal Systems/2. Konektor ini diberi kode warna, misalnya hijau untuk mouse, dan ungu untuk keyboard.

Port Komputer PS/2
Sumber: javatpoint.com

Selain itu, PS/2 adalah konektor DIN dengan enam pin. Saat ini, digantikan oleh port USB.

2. Port VGA

Port ini biasanya ditemukan di komputer, proyektor, dan TV HD.

Port ini adalah konektor D-sub yang disebut DR-15 karena memiliki 15 pin, yang disusun dalam 3 baris dengan lima pin di setiap baris.

Port VGA
Sumber: javatpoint.com

Port VGA paling sering digunakan untuk menghubungkan CPU dengan monitor CRT. Namun, sebagian besar monitor LCD dan LED dilengkapi dengan port VGA. 

Namun, port ini tidak menjamin kualitas gambar yang tinggi karena VGA hanya dapat membawa sinyal video analog hingga resolusi 648X480.

Karena permintaan dan penekanan pada kualitas video terus meningkat, port VGA secara bertahap digantikan oleh port yang lebih canggih yang dapat menjamin kualitas video tinggi seperti HDMI dan Display Port.

3. Digital Video Interface (DVI)

Digital Video Interface (DVI) adalah interface lain antara CPU dan monitor. Port ini adalah antarmuka berkecepatan tinggi yang dikembangkan untuk mengirimkan sinyal video digital lossless dan untuk menggantikan transmisi sinyal video digital analog melalui teknologi VGA.

Port DVI
Sumber: javatpoint.com

Antarmuka DVI dapat terdiri dari tiga jenis berdasarkan sinyal yang dikirimkan olehnya: DVI-I, DVI-D, dan DVI-A. DVI-I mendukung kombinasi sinyal digital dan analog, sedangkan DVI-A hanya mendukung sinyal analog, dan DVI-D hanya mendukung sinyal digital.

Mini-DVI: Seperti namanya, ini lebih kecil dari port DVI yang umum digunakan. Mini-DVI adalah port 32 pin yang dikembangkan oleh Apple sebagai pengganti port Mini-VGA. Port ini dapat mengirimkan berbagai jenis sinyal seperti S-Video, VGA, dan sinyal komposit menggunakan adaptor masing-masing.

4. Display Port

Display port memungkinkan transmisi video dan audio dari perangkat ke layar tampilan. Port ini merupakan teknologi tampilan canggih yang dikembangkan sebagai pengganti antarmuka lama seperti DVI dan VGA.

Jenis port komputer: Display port
Sumber: javatpoint.com

Display port dapat dilihat di laptop, komputer desktop, tablet, monitor, dll. Port ini memiliki konektor 20-pin dan menawarkan resolusi yang lebih baik daripada port DVI.

5. Konektor RCA

Konektor RCA dirancang untuk menerima sinyal video komposit dan stereo yang ditransmisikan oleh tiga kabel yang disebut kabel RCA.

Kabel RAC memiliki tiga colokan berkode warna yang terhubung ke tiga colokan berwarna yang sesuai dari konektor RCA.

Jenis port komputer: Konektor RCA
Sumber: javatpoint.com

Masing-masing colokan berwarna dilingkari dengan logam. Soket merah mendukung saluran stereo kanan, dan jack putih mendukung saluran stereo kiri, sedangkan kuning digunakan untuk video komposit.

6. Component Video

Port ini memungkinkan pemisahan sinyal video menjadi tiga saluran. Component video umumnya memiliki tiga slot berkode warna, yakni merah, biru, dan hijau.

Jenis port komputer: Video component
Sumber: javatpoint.com

Setiap slot pada component video menerima dan kemudian mengirimkan komponen tertentu dari sinyal video.

Port ini menawarkan video berkualitas tinggi daripada video komposit dan dapat membawa sinyal video analog dan digital.

7. Port HDMI

HDMI (High Definition Media Interface) adalah antarmuka digital yang dikembangkan untuk menghubungkan perangkat definisi tinggi (HD/High Definition) seperti kamera digital, konsol game, dll., ke komputer dan TV dengan port HDMI.

Jenis Port Komputer: Port HDMI
Sumber: javatpoint.com

Selain itu, port HDMI dapat membawa video yang tidak terkompresi dan sinyal audio yang tidak terkompresi atau terkompresi. Versi lanjutan HDMI, seperti 2.0, dapat mentransfer sinyal video hingga resolusi 4096x2160.

8. Port USB

Port USB (Universal Serial Bus) sangat serbaguna dalam penggunaan. Port ini dapat digunakan untuk berbagai keperluan, seperti untuk mentransfer data, untuk menghubungkan perangkat periferal, dan bahkan sebagai antarmuka untuk mengisi daya perangkat seperti smartphone, kamera digital, dll.

Jenis port komputer: Port USB
Sumber: javatpoint.com

Saat ini, port USB telah menggantikan konektor PS/2, port game, serial dan port paralel, dll.

9. RJ-45

RJ-45 adalah port jaringan bergaya Ethernet yang terdapat di komputer dan perangkat lain seperti router, switch, dll.

Jenis port komputer: RJ45
Sumber: javatpoint.com

Port ini memungkinkan komputer kita berinteraksi atau berkomunikasi dengan komputer dan perangkat jaringan lain di mana diperlukan jaringan Ethernet.

Bentuk lengkapnya adalah Registered Jack 45. Port ini juga dikenal sebagai port Ethernet, network jack, atau jack RJ45.

RJ-45 memiliki delapan pin; karenanya, kabel RJ45 terdiri dari delapan kabel terpisah dengan warna berbeda. Modelnya sepertinya soket telepon, namun sedikit lebih lebar.

10. RJ11

RJ11 digunakan sebagai antarmuka untuk modem, ADSL, dan telepon dan untuk menggantikan kabel telepon.

Jenis port komputer: RJ11
Sumber: javatpoint.com

Meskipun terlihat seperti RJ45, namun berbeda karena lebih kecil dan hanya memiliki enam pin. Port RJ11 adalah konektor 6P4C yang menunjukkan bahwa port ini memiliki enam pin dengan empat kontak.

Port ini utamanya digunakan untuk menghubungkan ke modem dial-up dan juga dikenal sebagai konektor telepon, port modem, jack telepon, dll.

11. Audio Jack 3.5mm

Audio Jack 3.5mm adalah konektor bulat kecil, port, atau jack audio yang biasa ditemukan di laptop, komputer, telepon, dll.

Jenis port komputer: Audio Jack 3.5mm
Sumber: javatpoint.com

Port ini dirancang untuk terhubung ke headphone dan speaker kabel. Dengan kata lain, port audio 3.5mm menerima steker berbentuk pin dari headphone, earphone, dll.

Ukuran "3,5 mm" pada port ini menunjukkan diameter konektor. Namun, di perangkat jadul, ada dua jack audio, satu untuk mikrofon dan satu lagi untuk headphone. Selain itu terdapat jack atau port 2,5 mm untuk headphone ponsel.

Penutup

Demikianlah penjelasan singkat mengenai jenis-jenis dan contoh port pada komputer. Semoga informasi yang disajikan dapat bermanfaat dan menambah khazanah ilmu pengetahuan kita.

Jika Anda tertarik dengan artikel serupa, jangan lupa kunjungi rubrik Arsikom, atau membaca tulisan lainnya mengenai "Jenis-jenis virus komputer".

Salam!

Referensi:

Trivusi
Trivusi Ikatlah ilmu dengan menulis. Menebar manfaat dengan berbagi :)

Posting Komentar untuk "Mengenal Jenis-jenis dan Contoh Port pada Komputer"