Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

20 Plugin Figma yang Wajib Diketahui oleh UI/UX Designer

20 Plugin Figma yang Wajib Diketahui oleh UI/UX Designer - Figma adalah aplikasi desain dan prototipe berbasis cloud untuk membuat proyek seni digital, seperti desain website, mobile app, hingga logo. Figma dikemas sebagai aplikasi berbasis web agar pengguna dapat berkolaborasi dalam proyek dan bekerja di mana saja. Cukup menggunakan browser dan aplikasi Figma dapat dijalankan dengan mudah.

Dengan keunggulannya tersebut, Figma kini menjelma menjadi salah satu aplikasi desain yang populer di kalangan UI/UX Designer.

Meskipun Figma telah dilengkapi fitur-fitur yang canggih, kita masih bisa membuat Figma lebih powerful dengan menambahkan plugin. Plugin adalah tools yang membawa fitur-fitur tambahan dan bisa meningkatkan produktivitas kita bekerja dengan Figma.

Di artikel ini trivusi.web.id akan paparkan 20 plugin Figma yang perlu Anda ketahui dan miliki sebagai seorang UI/UX Designer.

Daftar Isi

Plugin Figma yang Wajib Dimiliki oleh UI/UX Designer untuk Meningkatkan Produktivitas

Berikut adalah beberapa plugin figma yang perlu Anda miliki sebagai seorang UI/UX Designer

1. Autoflow

Autoflow adalah plugin terbaik untuk membuat user flow yang mudah dan cepat. Kita bisa membuat user flow dalam waktu singkat hanya dengan membuat bentuk dan menghubungkannya.

Autoflow Plugin Figma untuk UI/UX Designer

2. Batch Styler

Batch Styler adalah plugin yang bisa kita gunakan untuk mengubah banyak warna dan font sekaligus. Plugin ini akan menghemat banyak waktu dengan mengubah seluruh design system yang kita punya dengan hanya satu klik.

Batch Styler, Plugin Figma untuk UI/UX Designer

3. Blush

Blush adalah library tempat kita dapat mengunduh dan menyesuaikan ilustrasi sesuai dengan kebutuhan kita. Bagian terbaiknya adalah plugin ini gratis dan tidak perlu berlangganan premium apa pun untuk mengunduh atau menggunakan ilustrasi dalam desain kita.

Blush, Plugin Figma untuk UI/UX Designer

4. Chart

Chart ialah plugin Figma yang menggunakan data random beneran untuk membuat grafik dan bagan. Chart mendukung copy-paste (salin tempel) dari editor seperti Microsoft Excel, Google Sheets, remote JSON (REST API), file CSV dan file JSON.

Chart, Plugin Figma untuk UI/UX Designer

5. Content Reel

Content Reel adalah plugin tempat kita bisa mendapatkan hampir apa saja, segalanya mulai dari gambar, teks, ikon bahkan avatar. Plugin ini dikembangkan oleh Microsoft dan salah satu plugin yang perlu Anda instal karena dapat menghemat waktu pekerjaan desain.

Content Reel, Plugin Figma untuk UI/UX Designer

6. Dark Mode Magic

Dark Mode Magic merupakan plugin ajaib yang tersedia di Figma. Plugin ini mampu mengubah desain yang semula memiliki skema warna terang menjadi tema gelap hanya dengan satu klik. Meskipun tidak mengoptimalkan semua warna tetapi plugin ini akan banyak membantu jika kita hendak mengubah desain tema terang menjadi tema gelap.

Dark Mode Magic, Plugin Figma untuk UI/UX Designer

7. Feather icons

Plugin feather icons berisi ikon-ikon dasar. Plugin ini sangat bagus untuk dimiliki meskipun jumlah ikonnya relatif lebih sedikit dibanding plugin lainnya.

Feather Icons, Plugin Figma untuk UI/UX Designer

8. Figma to HTML, CSS, React & more!

Salah satu plugin yang banyak digemari orang-orang karena kita bisa mengkonversi website apapun menjadi desain Figma hanya beberapa klik saja. Bayangkan kita bisa bisa menjiplak beberapa bagian dari website dan menggunakannya sebagai komponen desain kita.

Figma to HTML, CSS, React & more!, Plugin Figma untuk UI/UX Designer

9. Figmoji

Figmoji merupakan library pack yang berisi banyak emoji. Anda bisa dengan mudah memilih emoji yang diinginkan kemudian Figmoji akan membuatkan gambar SVG dari emoji tersebut.

Figmoji, Plugin Figma untuk UI/UX Designer

10. Icon Resizer

Mengimpor banyak ikon dan mengubah ukurannya secara manual adalah prosedur yang sangat panjang dan membuat penat. Tetapi kini kita dapat mengubah ukuran semua ikon yang dipilih dengan satu klik.

Sesuai namanya, plugin ini sangat membantu ketika kita mengimpor banyak ikon.

Icon Resizer, Plugin Figma untuk UI/UX Designer

11.   Iconify

Iconify adalah perpustakaan ikon terbesar di plugin Figma. Iconify memiliki lebih dari 100 set ikon yang berisi lebih dari 100.000 ikon yang dapat diimpor ke dokumen Figma dalam bentuk vektor. 

Iconify, Plugin Figma untuk UI/UX Designer

12. Breakpoints

Dengan plugin ini Anda bisa meninjau tampilan responsive hanya melalui frame Figma. Plugin ini dapat bekerja tanpa perlu membuka jendela baru. Bagian hebatnya adalah siapapun yang ada di tim Anda bisa mengubah-ubah size frame tanpa harus menginstal plugin ini. Menarik bukan?

13. Isometric

Isometric memungkinkan kita membuat isometric layer tanpa harus mengaturnya secara manual. Isometrik menjadi tren yang keren untuk digunakan dalam desain. Jadi membuat desain isometrik sangat mudah berkat plugin ini.

Isometric, Plugin Figma untuk UI/UX Designer

14. Draw Connector

Penghubung garis dan bentuk merupakan hal yang sangat membantu dalam membuat user flow. Nah, Draw Connector ini adalah satu dari banyak plugin terbaik untuk melabeli dan menghubungkan antar layer dengan mudah.

Draw Connector, Plugin Figma untuk UI/UX Designer

15. LottieFiles

Dengan plugin LottieFiles, kita dapat memasukkan animasi ke dalam desain yang kita miliki. Juga dapat mengimpor animasi SVG atau GIF yang sepenuhnya gratis dan LottiFiles memiliki ribuan animasi untuk project desain.

LottieFiles, Plugin Figma untuk UI/UX Designer

16. Mapsicle

Apakah Anda termasuk yang menggunakan gambar screenshot untuk membuat elemen peta dalam sebuah desain? Jangan pernah melakukannya lagi, cukup gunakan plugin Mapsicle dan buat peta dengan mudah. Kita dapat mencari lokasi mana pun dan menggunakan gambar lokasi itu sebagai gambar peta dalam desain kita.

Mapsicle, Plugin Figma untuk UI/UX Designer

17. Remove BG

Jika Anda ingin menghapus latar belakang gambar secara mudah, maka Remove BG adalah plugin terbaik yang bisa digunakan untuk menghapus latar belakang dengan satu klik.

RemoveBG, Plugin Figma untuk UI/UX Designer

18. UIGradients

Dengan plugin ini, kita dapat menambahkan banyak gradien ke dalam desain dengan satu klik.

UIGradients, Plugin Figma untuk UI/UX Designer

19. Unsplash

Unsplash adalah plugin yang sangat populer di Figma, dimana kita dapat langsung mengimpor banyak gambar dengan satu klik. Seperti yang kita tahu Unsplash adalah library gambar gratis yang bisa kita gunakan baik untuk kepentingan pribadi maupun komersial.

Unsplash, Plugin Figma untuk UI/UX Designer

20. Typescale

Sebagai seorang desainer, kita semua tahu pentingnya tipografi dan hierarki. Typescale adalah alat terbaik untuk menghasilkan skala tipe dengan cepat.

Typescale, Plugin Figma untuk UI/UX Designer

Penutup

Demikianlah 20 plugin Figma yang bisa Anda coba sebagai seorang UI/UX Designer. Semoga bermanfaat.

Salam!

Sumber: https://uxplanet.org/20-figma-plugins-every-designer-must-have-9bd6f1733780

Trivusi
Trivusi Ikatlah ilmu dengan menulis. Menebar manfaat dengan berbagi :)

Posting Komentar untuk "20 Plugin Figma yang Wajib Diketahui oleh UI/UX Designer"