Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa itu Metaverse dan Apa Saja Contohnya?

Apa itu Metaverse dan Apa Saja Contohnya? - Second Life, Fortnite, Minecraft, dan Roblox adalah contoh game interaktif yang sedikit menggambarkan cara kerja metaverse. Orang-orang bisa bekerja sama dengan orang lain, berpartisipasi dalam acara sosial, dan memperdagangkan uang dunia nyata untuk produk dan layanan virtual di tempat kerja.

Tidak bisa dipungkiri, Metaverse ini adalah topik yang akan terus menarik perhatian di tahun-tahun mendatang.

Mark Zuckerberg sebagai pemilik 3 media sosial raksasa (Facebook, Instagram dan WhatsApp) bahkan melakukan branding perusahaannya dengan nama Meta, Inc. dan hendak bertransisi dari bisnis media sosial 2D yang bergantung pada platform lain menjadi perusahaan media sosial XR dalam lima tahun ke depan.

Selain metaverse, tren media sosial belakangan ini adalah video pendek yang diprakarsai oleh TikTok, kemudian diikuti oleh Instagram dengan reels-nya.

Jika Anda pengguna aktif Instagram dan ingin sukses mengembangkan akun agar dapat menjangkau lebih banyak pengguna, maka jumlah followers adalah salah satu parameter yang penting. Cara mendapatkan followers pun beragam, Anda bisa mendapatkannya dengan cara organik maupun dengan beli follower instagram.

Artikel ini tidak akan menjelaskan secara detail mengenai Instagram, namun akan fokus membahas konsep metaverse yang digaungkan oleh pemilik platform Instagram, Mark Zuckerberg.

Yuk, kita mulai dari definisi metaverse terlebih dahulu!

Apa itu Metaverse dan Apa Saja Contohnya?
Sumber: pixabay.com

Apa itu Metaverse Sebenarnya?

Metaverse sebenarnya bukanlah hal yang baru. Istilah tersebut sudah beredar selama puluhan tahun. Virtual reality, augmented reality, dan komputasi 3D – konsep teknologi di baliknya – telah dulu ada. 

Yang membuat metaverse semakin banyak dibicarakan saat ini adalah puncak dari dorongan teknologi selama bertahun-tahun agar dapat diwujudkan menjadi nyata dan berguna bagi semua orang.

Istilah metaverse berasal dari kata Yunani meta "melampaui" dan verse sebagai "ruang". Istilah ini telah digunakan sejak 1987 oleh Jean Baudrillard untuk menggambarkan bagaimana media dan teknologi membentuk dunia yang kita alami. Kata ini pertama kali diperkenalkan oleh Neal Stephenson dalam novelnya pada tahun 1992 yang berjudul Snow Crash. 

Metaverse merupakan konsep ruang bersama virtual kolektif yang diciptakan oleh konvergensi realitas fisik yang ditingkatkan secara virtual dan ruang virtual yang persisten secara fisik.

Jika Anda bingung dengan penjelasan tersebut, bayangkan Anda berada pada sebuah dunia internet virtual dimana Anda bisa berinteraksi dengan orang-orang secara 3 dimensi meskipun fisik kita tetap di tempat dan tidak pergi kemana-mana.

Mark Zuckerberg selaku pemilik Meta, Inc. menggambarkan metaverse sebagai lingkungan virtual yang bisa Anda masuki, bukan hanya melihat layar seperti yang terjadi saat ini.

Di lingkungan dan ruang virtual ini orang-orang dapat bekerja, bertemu, dan bermain dengan pengguna internet lainnya meski tidak berada pada ruang fisik yang sama dengan orang tersebut berkat bantuan headset VR, kacamata AR, aplikasi smartphone dan atau perangkat lainnya.

Beberapa istilah tambahan sekarang yang tmasuk dalam definisi metaverse adalah dunia virtual, augmented reality, dan internet spasial, atau web 3.0.

  • Dunia Virtual: simulasi yang dihasilkan komputer dari gambar atau lingkungan tiga dimensi yang dapat berinteraksi secara alami atau fisik oleh seseorang yang memakai peralatan elektronik tertentu, seperti helm dengan layar atau sarung tangan dengan sensor.
  • Augmented Reality: Tampilan gabungan yang dibuat dengan menempatkan gambar yang dihasilkan komputer di atas perspektif pengguna mengenai lingkungan yang sebenarnya.
  • Internet spasial atau web 3.0: Internet masa depan, dimana pengguna beralih dari interaksi dengan layar dan membawanya ke ruang fisik digital. 

Apa Saja Contoh Metaverse Saat Ini?

Minecraft (diakuisisi oleh Microsoft seharga $ 2,5 miliar pada tahun 2014), Fornite (dari Epic Games), atau Roblox adalah hal yang muncul di benak kita ketika membahas metaverse saat ini.

Berikut adalah beberapa contoh metaverse yang terjadi hari ini dan mungkin akan mengarah pada masa depan metaverse selanjutnya:

  • Nvidia mengembangkan metaverse bertajuk Omniverse, sebuah platform yang mereka gunakan untuk membuat simulasi canggih dari dunia yang sebenarnya.
  • Perusahaan arsitektur Norman Foster menggunakan Omniverse untuk meniru efek waktu pada struktur bangunan yang dirancang oleh mereka.
  • BMW juga telah membuat salinan virtual identik dari salah satu pabriknya untuk menguji bagaimana perubahan logistik tertentu akan berdampak pada pabrik sebelum menerapkannya di dunia nyata.
  • Facebook telah melakukan investasi signifikan dalam realitas virtual (VR), termasuk akuisisi Oculus pada 2014. Facebook membayangkan dunia virtual sebagai tempat avatar digital terhubung ke pekerjaan, perjalanan, atau hiburan menggunakan headset VR
  • Microsoft menggunakan hologram dan sedang mengembangkan aplikasi mixed and extended reality (XR) dengan platform Microsoft Mesh-nya, yang menggabungkan dunia nyata dengan augmented reality dan virtual reality. Belum lama ini, Microsoft memamerkan rencananya untuk menghadirkan realitas campuran termasuk hologram dan avatar virtual ke Microsoft Teams pada tahun 2022. Juga sedang dikerjakan untuk tahun depan: ruang terhubung virtual 3D yang dapat dijelajahi untuk ritel dan tempat kerja.
  • Angkatan Darat A.S. saat ini bekerja sama dengan Microsoft pada headset augmented reality Hololens 2 bagi tentara untuk berlatih dan bertarung. 
  • Roblox telah bekerja sama dengan perusahaan sepatu skateboard Vans untuk menciptakan Vans World, sebuah taman skateboard virtual di mana pemain dapat berdandan dengan perlengkapan Vans yang baru dan membuka Gucci Garden yang terbatas.

Penutup

Meskipun metaverse masih diragukan dan belum diketahui konsep sebenarnya, namun teknologi futuristik ini patut diulik dan didalami apalagi bagi Anda yang menyukai dunia teknologi dan sains. Semoga kedepannya metaverse bisa diwujudkan dan meningkatkan manfaat keberadaan internet saat ini untuk kemaslahatan umat manusia di masa depan.

Salam!

Trivusi
Trivusi Ikatlah ilmu dengan menulis. Menebar manfaat dengan berbagi :)

Posting Komentar untuk "Apa itu Metaverse dan Apa Saja Contohnya?"