Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Panduan OpenSID: Mengatasi Error Saat Impor Data Penduduk

Panduan OpenSID: Mengatasi Error Saat Impor Data Penduduk

Artikel ini merupakan bagian dari rubrik #PanduanOpenSID yang dirangkum dari GitHub Wiki OpenSID.

Daftar Isi

Mengatasi Error Saat Impor Data Penduduk di OpenSID

Saat melakukan impor data penduduk di aplikasi OpenSID biasanya tidak selalu berjalan mulus. Terkadang terjadi error yang menyebabkan impor data menjadi gagal.

Ada beberapa tipe kesalahan atau error yang terjadi ketika mencoba melakukan impor data penduduk yang ada di menu Pengaturan > Database. Jika Anda mengalami error tersebut, jangan panik karena tiap error bisa dicarikan solusinya.

Nah, di artikel ini trivusi.web.id akan merangkum beberapa error yang sering dikeluhkan oleh pengguna saat impor data.

Simak artikel berikut untuk mengetahui solusi dan cara memperbaikinya.

Jenis-jenis Error Saat Impor Data Penduduk di OpenSID

Berikut ini dijelaskan error yang sering ditemukan pada waktu Impor Data Kependudukan dan penanganannya.

Jumlah Penduduk Berbeda dengan yang Dilaporkan pada Waktu Impor

Error yang dialami:

Jumlah penduduk setelah impor berbeda dengan jumlah penduduk yang dilaporkan pada waktu impor.

Jumlah Penduduk Berbeda dengan yang Dilaporkan pada Waktu Impor

Jumlah Penduduk Berbeda dengan yang Dilaporkan pada Waktu Impor

Solusinya: Masalah ini bisa terjadi apabila di data yang diimpor ada baris/penduduk dengan NIK yang sama/dobel. Bila ini terjadi, yang tersimpan hanya satu penduduk dengan NIK tersebut, berisi data pada baris terakhir untuk NIK tersebut. Untuk menghindari masalah ini, pastikan tidak ada NIK dobel.

Perhatian! Untuk mengimpor penduduk yang belum memiliki NIK, isi dengan NIK bernilai 0 (nol). NIK nol menunjukkan penduduk tersebut belum memiliki NIK resmi.

Berkas Impor Tidak Bisa Dibaca

Error yang dialami: Pada waktu impor, ditemukan error seperti di gambar berikut.

Berkas impor tidak bisa dibaca

Masalah ini terjadi saat mengimpor berkas yg dihasilkan oleh Pengaturan > Database > Ekspor Database, karena formatnya tidak persis seperti berkas Excel.

Untuk mengatasinya, buka berkas yg bermasalah menggunakan Microsoft Excel dan Save As... dalam format Excel 2003 (.xls).

Nama Dusun, RW, RT Tidak Tampil

Error yang dialami: Setelah data penduduk diimpor (Impor Excel), ada data penduduk yang tidak menampilkan Dusun, RW dan RT; padahal di file Excel kolom Dusun, RW dan RT telah terisi dengan benar.

Nama Dusun, RW, RT Tidak Tampil

Kemungkinan besar error ini terjadi karena pada kumpulan baris dengan No. KK sama (yaitu anggota keluarga yang sama), tidak ada anggota keluarga yang tertulis sebagai kepala keluarga. Yaitu tidak ada anggota keluarga yang mempunyai nilai '1' di kolom Status Hubungan Dalam Keluarga.

Menangani Nama Dusun, RW, RT Tidak Tampil

Solusinya: pastikan untuk setiap keluarga (yaitu baris penduduk dengan nomor Kartu Keluarga yang sama), ada satu yang mempunyai nilai '1' di kolom Status Hubungan Dalam Keluarga.

Menangani Nama Dusun, RW, RT Tidak Tampil

Simpan dan coba lakukan impor data ulang.

Tanggal Lahir Terimpor Salah

Error yang dialami: Beberapa pengguna melaporkan masalah di mana kolom tanggal lahir terimpor salah, di mana banyak tanggal lahir menjadi 1 Januari 1970 padahal yang ada di file Excel bukan itu.

Error ini bisa terjadi jika format tanggal di file Excel bukan yyyy-mm-dd (seperti 1978-03-28). Misalnya, jika tanggal lahir di file Excel mempunyai format dd/mm/yy (seperti 28/03/78), akan terimpor salah, menjadi 1 Januari 1970. Dalam hal ini, ubah format semua tanggal lahir menjadi yyyy-mm-dd.

OpenSID juga dapat mengimpor tanggal lahir yang menggunakan format dd/mm/yyyy atau dd-mm-yyyy. Tetapi ada kalanya versi perangkat lunak Office yang digunakan menghasilkan format tanggal yang tidak kompatibel dengan plug-in Excel (versi Excel 2003) yang digunakan di OpenSID. Jika terjadi kesalahan tanggal lahir sewaktu menggunakan salah satu format ini, ubah format semua tanggal lahir menjadi yyyy-mm-dd.

Untuk mengubah tanggal lahir ke format yyyy-mm-dd, di Excel pilih format Custom dan isi Type dengan pola yyyy-mm-dd. Atau anda bisa juga melakukan copy/paste format cell dari contoh kolom tanggal lahir yang disediakan di berkas assets/import/FormatImportExcel.xls.

File Impor Terlalu Besar

Apabila file yang dimpor terlalu besar, pengguna akan mendapat error seperti berikut:

Data Gagal Disimpan -> Ukuran file melebihi batas 2 MB

Batasan ukuran file yang bisa diupload dan batas waktu melakukan upload ditentukan oleh setting di file php.ini. Lokasi file ini bisa dilihat di control panel XAMPP. Bisa juga dilihat di menu Pengaturan > Info Sistem. Batas ukuran file default biasanya 2M.

Pada komputer lokal setting in bisa diubah. Setting yang perlu disesuaikan adalah:

  • post_max_size
  • upload_max_filesize
  • max_input_time
  • max_execution_time

Setelah setting di atas diubah, Apache perlu direstart pada control panel XAMPP.

Tetapi di server hosting, perubahan setting ini memerlukan bantuan admin, dan belum tentu disetujui, karena akan mempengaruhi pemakai lain. Dalam hal ini, ukuran file yang diupload perlu dikurangi sesuai dengan batas yang diperbolehkan.

Atau anda juga bisa membagi file penduduk tersebut menjadi dua / tiga / berapapun bagian, asal tidak melebihi batas ukuran 2 M. Setelah file penduduk tersebut anda pecah menjadi beberapa bagian, ketika mengimpor data penduduk untuk yang kedua / ketiga dst, pastikan untuk tidak mencentang "hapus data penduduk sebelum impor" dengan begitu data penduduk anda akan menjadi satu dalam database aplikasi openSID

Penutup

Demikian panduan mengatasi error yang sering terjadi saat impor data penduduk. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan berguna.

Salam!

Trivusi
Trivusi Ikatlah ilmu dengan menulis. Menebar manfaat dengan berbagi :)

Posting Komentar untuk "Panduan OpenSID: Mengatasi Error Saat Impor Data Penduduk"