Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Panduan OpenSID: Mengatur Penandatanganan Surat

Panduan OpenSID: Mengatur Penandatangan Surat

Artikel ini adalah bagian dari rubrik #PanduanOpenSID yang dirangkum dari laman GitHub Wiki OpenSID.

Sekilas tentang Fitur Penandatanganan Surat

Dalam pembuatan surat, pengguna akan diberikan pilihan siapa yang akan menandatangani surat tersebut. Pengaturan penandatangan surat secara default dilakukan di halaman Pemerintahan Desa.


Dalam aturan tata naskah dinas, pejabat yang dapat menandatangani atas namanya sendiri hanyalah kepala (dalam lingkup desa adalah Kepala Desa).

Jika dalam situasi kepala desa tidak berkedudukan di Kantor Desa, maka penandatangan surat harus menggunakan atas nama (a.n.). Secara hierarki yang bisa menandatangani atas nama Kepala Desa adalah Sekretaris Desa.

Lantas, bagaimana jika Kepala Desa dan Sekretaris Desa tidak berkedudukan di Kantor Desa?

Jika kedua pejabat tersebut tidak berkedudukan di kantor desa, maka penandatangan surat menggunakan untuk beliau (u.b.), yang nantinya akan ditandatangani oleh perangkat desa yang berkepentingan.

Cara Mengatur Penandatanganan Surat

Berdasarkan uraian di atas, maka pengaturan default untuk penandatangan surat adalah sebagai berikut.

  • Tekan tombol a.n. pada jabatan Kepala Desa.
  • Pilih u.b. pada jabatan Sekretaris Desa. 
Untuk lebih jelasnya perhatikan gambar berikut.

Penutup

Demikianlah panduan cara mengatur penandatangan surat pada aplikasi OpenSID. Semoga bermanfaat.

Trivusi
Trivusi Ikatlah ilmu dengan menulis. Menebar manfaat dengan berbagi :)

Posting Komentar untuk "Panduan OpenSID: Mengatur Penandatanganan Surat"

www.domainesia.com