Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Hal yang Perlu Anda Pelajari untuk Menjadi Pakar SEO

5 Hal yang Perlu Anda Pelajari untuk Menjadi Pakar SEO

5 Hal yang Perlu Anda Lakukan untuk Menjadi Pakar SEO - Untuk menjadi seorang yang ahli di bidang SEO, Anda perlu banyak belajar mengenai cara kerja SEO dan teknik yang biasanya digunakan.

Sama seperti pekerjaan lainnya, menjadi ahli SEO diperlukan kerja keras dan ketekunan untuk mencapainya.

Kunci utamanya adalah fokus dan mau belajar. Selain itu dibarengi dengan konsistensi dan ketekunan.

Di artikel ini akan dijabarkan beberapa hal yang perlu Anda pelajari untuk menjadi pakar SEO.

Daftar Isi

1. Melakukan riset kata kunci (keyword research)

Salah satu alasan mengapa sebuah blog atau website yang ditangani oleh seorang SEO profesional bisa nangkring di halaman pertama Google adalah karena mereka selalu melakukan riset kata kunci sebelum mengeksekusi sebuah konten. 

SEO profesional biasanya mendedikasikan waktu yang lebih lama untuk melakukan ini daripada membuat konten itu sendiri.

Melakukan riset kata kunci adalah hal yang patut Anda tiru dari seorang SEO profesional. Tujuannya adalah agar Anda dapat menemukan strategi kata kunci yang lebih baik dan pada akhirnya konten yang Anda target mampu membidik kata kunci yang tepat.

Ada banyak tools yang bisa Anda coba untuk belajar melakukan riset kata kunci, salah satunya adalah Google Keyword Planner.

2. Rajin membuat konten yang berkualitas

Anda tentu pernah mendengar istilah 'konten adalah raja'. Konten yang berkualitas akan membawa nilai tambah bagi pembaca. Hal ini akan dicatat oleh mesin pencari seperti Google dan mempertimbangkan konten Anda agar dapat tampil di laman pertama.

Semakin relevan dan sesuai dengan apa yang diinginkan oleh pembaca, konten Anda akan menjadi prioritas dan disukai oleh mesin pencari.

Audiens Anda hanya akan mau membagikan konten yang berkualitas, semakin banyak dibagikan, semakin banyak traffic ke website Anda. Traffic adalah salah satu faktor penting bagi SEO karena dapat memengaruhi peringkat di hasil pencarian.

Untuk menjadi seorang pakar SEO, Anda dituntut untuk bisa meramu sebuah konten yang banyak mendatangkan pegunjung. Konten yang disukai pengunjung adalah konten berkualitas yang bisa menyelesaikan masalah mereka atau paling tidak memiliki nilai tambah.

3. Membangun backlink (link building)

Link building dan SEO adalah dua hal yang tidak dapat dipisahkan. Membangun backlink bertujuan untuk menciptakan brand awareness, meningkatkan traffic dan peringkat situs web.

Beberapa strategi membangun backlink yang digunakan para SEO profesional diantaranya adalah guest blogging, di mana mereka dapat meletakkan tautan di artikel yang ditayangkan oleh pemilik blog. 

Selain itu, mencantumkan tautan eksternal juga merupakan strategi link building yang efektif. Asalkan tautan tersebut berkualitas dan berguna bagi pengunjung.

Jika Anda ingin menjadi seorang pakar SEO, pemahaman mengenai cara membangun backlink adalah sesuatu hal wajib.

Anda bisa membaca artikel "8 Strategi Mendapatkan Backlink Berkualitas" untuk mengetahui strategi terbaik untuk optimasi SEO. 

4. Menganalisis dan melakukan pengukuran performa

Setelah melakukan 3 hal di atas, langkah selanjutnya adalah melacak dan menganalisa kinerja SEO yang telah kita terapkan.

Mengapa hal ini penting? Cara ini berguna untuk mengukur apakah optimasi SEO yang Anda terapkan membawa hasil yang baik atau justru sebaliknya.

Mengevaluasi kinerja juga merupakan kesempatan belajar. Melalui cara itu, Anda akan dapat mengidentifikasi bagian yang perlu ditingkatkan.

Membuat strategi yang efektif sangat penting untuk keberhasilan SEO. Mampu melakukan pengukuran dan analisis dapat membantu Anda membuat keputusan yang lebih baik dalam pembuatan strategi.

Karena itu, untuk menjadi pakar SEO, menemukan tools yang tepat untuk analisis dan pengukuran kinerja SEO adalah hal yang penting untuk dikerjakan.

5. Mengawasi gerak kompetitor

Langkah terakhir adalah selalu memantau apa yang dilakukan kompetitor untuk memenangkan hati audiens--termasuk juga mesin pencari. Dengan itu Anda juga bisa mengambil langkah yang tepat sebelum Anda ketinggalan lebih jauh.

***

Itulah 5 tips yang perlu Anda pelajari ketika memutuskan untuk menjadi seorang SEO specialist.

Tak lupa tips terakhir yang perlu Anda lakukan adalah selalu pelajari hal-hal baru. Karena sejatinya algoritma mesin pencari selalu berubah dari waktu ke waktu. Apa yang menurut Anda hari ini berjalan sesuai yang diharapkan, belum tentu berhasil di masa yang akan datang.

Tetap semangat, fokus, dan konsisten!

Salam.

Trivusi
Trivusi Ikatlah ilmu dengan menulis. Menebar manfaat dengan berbagi :)

Posting Komentar untuk "5 Hal yang Perlu Anda Pelajari untuk Menjadi Pakar SEO"