Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi dari Masa ke Masa

Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi dari Masa ke Masa - Perkembangan sains dan teknologi, dimulai pada masa zaman batu sampai pada zaman sekarang. Pada zaman dahulu transportasi hanya dilakukan dengan berjalan kaki atau berlari, kemudian berkembang menggunakan hewan seperti kuda dan lain-lain. 

Perkembangan pada kendaraan darat begitu cepat, mulai dari kendaraan hewan seperti kuda, keledai, onta, gajah, kerbau, dan lain-lain. Kemudian berkembang menjadi mobil, kereta api bahkan sampai pada pesawat yang berkekuatan supersonik dengan kecepatan di atas 500 km/jam. Perkembangan transportasi ini tidak hanya di darat melainkan pada kendaraan laut seperti perahu yang memakai tenaga manusia (dengan bantuan alat dayung), perahu layar yang mengandalkan kekuatan angin, kapal berlayar hingga kapal laut bermesin. Demikian pula manusia memikirkan transportasi udara, maka diciptakanlah pesawat terbang.

Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi dari Masa ke Masa
Sumber gambar: pexels.com

Awal abad ke-20 diciptakan pesawat bermesin propeller, kemudian meningkat menjadi bermesin jet. Kapasitas angkutnya juga meningkat dari 500 orang untuk Boeing 747 dan saat ini sedang dirancang pesawat-pesawat berbadan lebar dengan bermesin jet dengan daya angkut 1000 orang. Sebelum abad ke-20 kecepatan kendaraan sebenarnya 100 km/jam tapi setelah abad ke-20 kecepatan kendaraan 10.000 km/jam. Jadi, dalam jangka waktu 100 tahun kecepatan kendaraan naik 100 kali lipat dan ini merupakan suatu perkembangan yang luar biasa.

Penemuan sinar katoda oleh Faraday yang sekarang dikenal dengan electron karena dipopulerkan oleh J.J. Thomson sebagai simbol kelistrikan yang kemudian dikembangkan oleh Thomas Alfa Edison menjadi lampu listrik, pemanfaatan elektron dalam dunia teknologi selain untuk penerangan banyak juga dipakai di bidang lain seperti transportasi (kereta listrik), alat rumah tangga (mesin cuci, rice cooker, dsb), alat pendidikan (overhead, LCD), alat komunikasi (media cetak, TV), komputer dan sebagainya. 

Penemuan unsur radioaktif oleh Pierre Curie dan Marie Curie yang disebut Uranium, membuka peluang pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi sangat pesat sehingga dari penemuan ini mempunyai akibat negatif yang sangat dahsyat pada tahun 1945 ketika bom atom dijatuhkan di Hiroshima pada tanggal 6 Agustus dan di Nagasaki pada tanggal 9 Agustus 1945, banyak serdadu dan rakyat sipil Jepang yang meninggal dan bahkan cacat fisik serta genetik seumur hidup sampai saat ini.

Berikut contoh hasil karya ilmu pengetahuan dan teknologi yang banyak digunakan pada bidang komunikasi, antara lain:

  • Percetakan (media cetak), sebagai alat yang menggunakan media komunikasi antar instansi dan manusia, komunikasi massa (koran, majalah, leaflet) yang tersebar  ke pelosok pedesaan.
  • Radio (media elektronik), suatu alat komunikasi dengan menggunakan gelombang radio yang dipancarkan untuk pemancar.
  • Televisi (media elektronik), suatu alat komunikasi berupa suara dan gambar dimana jarak sebagai penghalang tidak lagi menjadi masalah.
  • Satelit komunikasi, siaran radio dan televisi dapat diterima pada waktu yang bersamaan, tidak terhalang oleh jarak.
  • Telepon, orang dapat berkomunikasi langsung dengan orang lain tanpa batas jarak termasuk handphone yang sekarang berkembang pesat.
  • Telegraf, suatu alat komunikasi jarak jauh dengan waktu singkat.
  • Internet, suatu alat komunikasi secara tertulis dengan waktu singkat.

Salah satu kemajuan teknologi yang sangat pesat saat ini dan sangat berguna bagi kehidupan manusia adalah penemuan mesin yang diciptakan pertama kali pada tahun 1712 oleh James Watt. Sampai sekarang banyak sekali tipe-tipe mesin yang telah ada dan digunakan oleh manusia untuk bermacam-macam keperluan antara lain:

  • Mesin bakar: Apabila mesin dicampur dengan udara, terpercik loncatan listrik sehingga menimbulkan tekanan besar. Tekanan ini akan mendorong piston untuk menggerakkan komponen lain.
  • Mesin diesel: Sama seperti mesin bakar hanya bahan bakarnya solar atau campuran yang sekarang dikenal dengan biosolar.
  • Mesin uap: Prinsip kerja mesin ini adalah dengan molekul air semakin banyak akan menimbulkan tekanan yang besar lalu tekanan ini diubah menjadi gerak atau tenaga.
  • Mesin jet: Bahan bakarnya dicampur di udara, dibakar dalam tabung pembakar, gas dan panas yang timbul digunakan untuk menggerakkan mesin dan badan pesawat.

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang kita rasakan saat ini juga mendukung dalam penyediaan kebutuhan pokok manusia. Kebutuhan pokok tersebut dapat berupa:

  • Pangan: Merupakan kebutuhan utama manusia dan tentunya aneka ragam yang dibutuhkan manusia agar hidup sehat dan sempurna. Seperti masyarakat di pantai, kaum nelayan banyak memakan protein hewani (dari ikan). Pertumbuhan tubuhnya relatif bagus karena cukup protein namun kulitnya kurang baik. Hal ini disebabkan karena kaum nelayan kurang mengonsumsi sayuran yang mengandung serat dan vitamin yang dibutuhkan kulit. Sebaliknya masyarakat di pegunungan banyak mengonsumsi sayuran tetapi kurang mengonsumsi protein. Sehingga tampak tubuhnya kurang baik pertumbuhannya, walaupun kulitnya lebih baik dari masyarakat nelayan. Untuk memenuhi kebutuhan pangan masyarakat di suatu daerah, maka pertaniannya harus berhasil. Maka dari itu diperlukan bibit unggul, pemberlakuan sistem pemupukan, pencegahan hama seperti pemakaian insektisida, pestisida, herbisida ramah lingkungan. Sehingga dengan demikian akan diperoleh peningkatan produk pertanian dengan kualitas yang lebih baik, umur lebih singkat dan beberapa kelebihan lainnya.
  • Sandang: Ilmu dan teknologi telah memberikan sumbangan yang sangat besar pada bidang sandang. Seandainya tidak, maka mungkin kita masih hidup  sebagaimana di zaman purba dimana manusia masih menggunakan kulit kayu atau dedaunan sebagai penutup tubuhnya. Baik masa lalu maupun masa sekarang, ilmu pengetahuan dan teknologi telah menolong manusia dalam pengadaan mesin-mesin tekstil. Bila pada abad yang lalu mesin-mesin dapat mempercepat proses pembuatan tekstil yang umumnya masih terbuat dari kapas, maka pada abad sekarang ini ilmu pengetahuan dan teknologi telah menyumbangkan kepada manusia serat-serat sintetis. Baik yang terbuat dari kayu yang diproses secara kimia, benang (rayon), ataupun dari proses lain yaitu bahan galian atau tambang, misalnya hasil samping sulingan batu bara dan minyak bumi menjadi serat-serat sintetis seperti polyester, polipropilen, polipropilen, polietilen, menjadi lilin, serta aspal untuk kebutuhan transportasi  dan sebagainya. Dengan teknologi orang tidak perlu menunggu terlalu lama pada proses penanaman kapas sampai dipanen, serat-serat sintetis dapat dibuat menjadi tekstil secara besar-besaran dalam waktu yang sangat singkat.
  • Papan: Hewan seperti burung membuat sarangnya secara naluriah berbeda dengan manusia yang oleh Allah SWT, Tuhan Yang Maha Kuasa diberikan karunia dan keunggulan berupa akal dan budi pekerti. Manusia dapat menggunakan akalnya untuk menyempurnakan rumah tempat tinggalnya dari gua-gua alami ke pepohonan, kemudian berkembang menjadi rumah diatas tiang-tiang penyangga lalu rumah kayu yang lebih disempurnakan dan lebih maju lagi sekarang sudah mampu membangun gedung-gedung pencakar langit yang menjulang tinggi ke angkasa. Untuk mencapai puncaknya orang tidak perlu lagi meniti tangga langkah demi langkah, tetapi cukup tekan tombol dan beberapa saat kemudian sudah sampai ke lantai 200 dan seterusnya. Orang dapat mandi dan menikmati minum air baik panas maupun dingin hanya dengan menekan tombol dari alat pemanas air serta alat pendingin seperti dispenser otomatis. Orang dapat menjelajah alam melalui televisi dengan sistem jelajah tercanggih hanya dengan menekan tombol termasuk berkomunikasi melalui bantuan internet, dan lain-lain. Hal ini berkat berkembangnya ilmu pengetahuan seperti ilmu arsitektur, ilmu material, dan teknik sipil. Sehingga manusia dapat membuat konstruksi bangunan yang kokoh, tahan terhadap bencana, dan efisien.

Ilmu pengetahuan dan teknologi juga mengembangkan teknologi informasi melalui komputer dengan sistem terpusat LAN (Local Area Network) seperti komputer analisis untuk berbagai keperluan. Komputer untuk menganalisis data yang sangat kompleks misalnya untuk meramalkan cuaca. Para pejabat pemerintahan, misalnya bagian kepegawaian, komputer akan sangat membantu dan penyimpanan data tentang sarana dan prasarana dalam suatu jajaran pemerintahan sehingga bilamana diperlukan dapat mengatur penempatan tenaga sesuai dengan keahliannya masing-masing secara efisien.

Kepolisian negara dapat mengidentifikasi para penjahat, keberadaannya dan segala sifat serta gerak-geriknya, termasuk sistem antisipasinya melalui komputer, sehingga dengan cepat dapat menangkap atau memeriksa seseorang karena para penjahat itu biasanya melakukan kriminalitas dengan sifat atau cara yang sama. Saat ini telah digunakan komputer dalam kebohongan, untuk ahli bahasa yang menerjemahkan langsung bahasa ke dalam suatu bahasa lain dengan menggunakan analisis suara, misalnya pada sidang PBB, para pendengar dapat mengambil handphone sesuai bahasa yang dikuasai, atau menggunakan headset multi bahasa, dan lain-lain.

Trivusi
Trivusi Ikatlah ilmu dengan menulis. Menebar manfaat dengan berbagi :)

Posting Komentar untuk "Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi dari Masa ke Masa"