Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bagaimana Hubungan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi?

Bagaimana Hubungan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi? - Kita tentu sudah sering mendengar istilah Ilmu Pengetahuan dan Teknologi atau  disingkat IPTEK. IPTEK saat ini diwujudkan untuk menunjang aktivitas manusia, contohnya telepon seluler, komputer, internet, dan lain-lain. Tanpa adanya IPTEK kehidupan sosial manusia bisa terhambat.

Dengan bekal kemampuan berpikir kreatif, manusia dapat mengembangkan IPTEK dari waktu ke waktu. Segala kemudahan seperti transportasi, telekomunikasi sampai pendidikan tak luput dari peran IPTEK.

Sumber gambar: pixabay.com

Lalu, bagaimana hubungan antara ilmu pengetahuan dan teknologi itu sendiri? Simak artikel berikut.

Hubungan antara Ilmu Pengetahuan dan Teknologi

Pada awalnya, teknologi berkembang menggunakan kaidah dan pengalaman yang diperoleh sebelumnya. Pada fase ini dapat dikatakan teknologi berjalan mandiri tanpa hubungan dengan ilmu pengetahuan. Fase ini berlangsung menjelang revolusi industri dan teknologi yang menonjol adalah pertanian, mekanika dan kedokteran.

Di tahapan berikutnya, teknologi memunculkan permasalahan-permasalahan yang memerlukan pendekatan atau metode ilmiah berbasis ilmu pengetahuan atau sains.

Ilmu pengetahuan dan teknologi sendiri sangat berhubungan erat. Bahkan dapat dikatakan teknologi adalah terapan dari ilmu pengetahuan. Tujuan teknologi adalah untuk memenuhi kebutuhan manusia.

Insinyur adalah ahli yang menerapkan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk memecahkan masalah yang dihadapi oleh masyarakat. Ilmuan mencari landasan hukum alam, insinyur yang menerjemahkan ilmu pengetahuan menjadi sesuatu yang berguna (mendesain), teknisi yang menerapkan rancangan desain, membentuk bahan dan alat sebagaimana yang ditentukan dalam desain. Oleh karenanya teknologi dirancang berdasarkan konsep ilmu pengetahuan yang sudah terbukti dan telah ditemukan sebelumnya.

Teknologi dalam arti sempit adalah suatu peristiwa industri. Sedangkan dalam arti luas adalah tindakan manusia untuk memenuhi kebutuhannya dengan mudah, murah, efektif, efisien dan lain-lain.

Hubungan teknologi dengan ilmu pengetahuan dapat dikatakan terdapat hubungan langsung dan juga hubungan tidak langsung.

Hubungan langsung diantaranya:

  1. Pengetahuan mengenai inti atom menghasilkan sumber energi baru. Kemudian dilanjutkan penggunaannya untuk tenaga listrik yang dikenal sebagai Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN). Pengetahuan tentang inti atom juga untuk industri persenjataan bertenaga nuklir yang sekarang sering dipermasalahkan antara satu negara yang lain seperti Korea Utara, Irak, Iran atau Amerika Serikat dan Inggris.
  2. Ditemukannya sifat gelombang electron, dimana penemuan ini dikembangkan dalam pembuatan mikroskop electron yang mempunyai daya pembesaran 20.000-30.000 kali sehingga virus dan unsur kimia dapat dilihat.
  3. Berkembangnya ilmu kimia dan biologi yang dapat memanfaatkan organism dalam skala industri seperti industri minuman yoghurt, bir, tempe, biogas, etanol, protein sel tunggal, biokonversi senyawa kimia dan lain-lain.

Hubungan tidak langsung, misalnya:

  1. Teknologi arsitektur Piramid, di Mesir.
  2. Teknologi bangunan purbakala, seperti Candi Borobudur di Indonesia.
  3. Banguan Tembok Cina, di Cina.
  4. Arsitektur bangunan Menara Piza di Italia
  5. Keindahan karya arsiteiktur Masjid Al-Haramain di Arab Saudi.
  6. Kemegahan gedung tertinggi di dunia, Barj Dhubai Uni Emirat Arab.
  7. dll.

Umumnya karya teknologi tersebut memperlihatkan tingkat ilmu pengetahuan yang sangat tinggi dan dikagumi sampai sekarang bahkan hasil karya tersebut termasuk dalam sepuluh keajaiban dunia.

Namun apabila dilihat dari kontruksi secara menyeluruh kelihatan ada beberapa detail yang kurang sempurna. Kemungkinan karena kemajuan ilmu pengetahuan masa itu yang belum begitu maju. Kesalahan perhitungan juga dapat terjadi seperti pada menara Piza yang miring karena tekstur tanah yang kurang diperhitungkan, dan lain-lain.

Trivusi
Trivusi Ikatlah ilmu dengan menulis. Menebar manfaat dengan berbagi :)

Posting Komentar untuk "Bagaimana Hubungan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi?"

www.domainesia.com