Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Cara Tepat Mengelola Distributor untuk Bisnis

Distributor menjadi penghubung penting di antara produsen dan customer akhir untuk suatu produk. Sebaik-baiknya produk yang diproduksi, pabrikan tidak akan berhasil jika distributornya tidak dapat menyediakan produk secara tepat waktu.

Untuk itu, diperlukan cara yang tepat dalam mengelola distributor, demi kelancaran bisnis yang sedang dijalankan.

Artikel ini akan membahas tentang bagaimana cara pengelolaan distributor yang baik untuk bisnis Anda. Jadi, jangan lewatkan sedikitpun dan simak hingga selesai ya!

Daftar Isi

Cara Mengelola Distributor untuk Bisnis

Pengelolaan sistem distribusi yang efektif dan efisien tentu akan memberi Anda keuntungan yang lebih baik dalam hal memangkas waktu sesingkat mungkin, termasuk memangkas biaya produksi.

5 Cara Tepat Mengelola Distributor untuk Bisnis

Dalam hal ini ada beberapa cara yang dapat diterapkan dan bisa menjadi langkah untuk mengelola distributor Anda, baik itu dari segi teknis atau dalam hal memotivasi distributor agar dapat memenuhi pekerjaannya semaksimal mungkin. Berikut di antaranya:

1. Berikan Insentif untuk Kinerja Distributor yang Memuaskan

Ini merupakan salah satu cara yang cukup efektif dalam memotivasi distributor. Ketika menawarkan insentif, itu sama halnya dengan Anda memberi mereka target yang menantang namun realistis dan untuk memberi penghargaan kepada mereka yang ingin mencapainya.

Misalnya, Anda memberi penawaran kepada distributor yang berhasil menjual 100.000 pcs kerudung di bulan Juli, akan mendapatkan hadiah liburan gratis ke Lombok.

Namun, jika Anda belum memiliki cukup biaya untuk memberikan hadiah sebesar itu, bisa sediakan hadiah produk gratis atau hadiah dengan harga yang lebih terjangkau.

Terpenting, Anda tidak menetapkan target yang terlalu tinggi pada distributor hingga tidak mampu mencapainya.

2. Berikan Distributor Pemahaman Tentang Produk Anda

Karena menjelaskan seluk beluk produk Anda kepada pelanggan akhir sudah menjadi tanggung jawab distributor, penting kiranya untuk memberikan pemahaman lebih kepada mereka tentang produk Anda sedetail mungkin.

Mulai dari spesifikasi produk, kompatibilitas, fungsi, dan berbagai hal lainnya yang berkaitan dengan produk Anda.

Pastikan juga bahwa distributor dapat menjawab segala pertanyaan calon pengguna akhir tentang produk Anda.

Memastikan bahwa mereka memiliki pemahaman yang tepat serta menyeluruh tentang produk Anda, tentu akan memberi keunggulan untuk Anda dibandingkan kompetitor.

Nantinya distributor cenderung menghabiskan waktu untuk mempromosikan dan menjelaskan produk yang paling mereka kenal, terutama jika pengguna akhir meminta rekomendasi dari mereka.

Webinar, training sessions, program sertifikasi, presentasi, dan hal lainnya merupakan media yang bagus untuk memberikan pemahaman pada distributor.

3. Dengarkan Kebutuhan Distributor

Menjaga komunikasi dengan distributor sangat penting untuk diperhatikan, dan ingat bahwa kebutuhan mereka mungkin saja berbeda dengan kebutuhan pelanggan akhir.

Jangan hanya melihat kebutuhan konsumen sebagai solusi, namun bantulah distributor Anda untuk menjual produk dengan lebih baik kepada konsumen.

Mungkin Anda memerhatikan audiens yang akan membeli satu buah produk dari marketplace, namun tidak pernah memerhatikan karton yang digunakan untuk mengirimkan ratusan, ribuan, bahkan lebih produk ke distributor.

Anda perlu memerhatikan terkait kemasannya dan jadikan produk yang Anda jual mudah dibawa dan disimpan untuk menghindari pecah atau rusaknya produk selama perjalanan.

4. Hindari Aksi Plagiasi Bisnis dari Distributor Anda

Dengan perkembangan teknologi yang memudahkan segala hal seperti saat ini, ada banyak perusahaan yang hanya mengandalkan distributor. Mulai dari menjual produk secara langsung melalui situs websitenya.

Tentu saja hal itu menyalahi aturan, hingga membuat distributor terdemotivasi secara langsung, karena reseller dapat memesan langsung produk-produk yang diinginkan melalui situs website dengan harga yang lebih terjangkau.

5. Manfaatkan Teknologi

Selain keempat hal di atas, dalam mengelola distributor perlu kiranya memiliki teknik yang efektif. Apalagi dewasa ini, perkembangan teknologi berperan besar dalam memperkuat supply chain management. Untuk itu, sistem manajemen yang baik akan sangat membantu perusahaan dalam merampingkan SDM.

Sistem yang satu ini akan memudahkan Anda dalam melacak, mendokumentasikan, hingga mengevaluasi efektivitas persediaan produk secara berkala.

Perusahaan yang ingin mencapai efisiensi pengelolaan distribusi dengan maksimal juga harus mempertimbangkan untuk berinvestasi dalam penggunaan sistem teknologi yang dapat membantu proses manajemen distribusi.

Dengan mengimplementasikan sistem pengiriman dan pelacakan yang sudah terdigitalisasi akan membantu Anda dalam mengintegrasikan serta mengontrol seluruh aktivitas dalam sebuah panel.

Dengan demikian, peran teknologi sangat memungkinkan perusahaan untuk menekan aktivitas manual yang cukup merepotkan, dan ini tentu dapat mempercepat pengambilan keputusan.

Itulah 5 cara yang dapat Anda terapkan dalam mengelola distributor untuk bisnis. Semoga membantu!

Referensi:

Posting Komentar untuk "5 Cara Tepat Mengelola Distributor untuk Bisnis"