Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Google App Engine dan Cara Pakainya

Apa itu Google App Engine?

App Engine merupakan platform yang memungkinkan pengembang untuk membuat dan menjalankan aplikasi-aplikasi web dengan fasilitas hosting di server Google. 

Versi gratis dari platform ini memiliki kapasitas penyimpanan 500 MB dan kapasitas CPU dan lebar pita (bandwidth) yang cukup untuk 5 juta page-view setiap bulannya.

Mengenal Google App Engine dan Cara Pakainya

Saat diluncurkan, bahasa pemrograman yang mendukung adalah Python. Versi terbatas dari web framework Django juga tersedia. Demikian halnya dengan framework aplikasi Google yang fungsinya sama dengan JSP atau ASP.NET.

Google App Engine mendukung aplikasi yang ditulis dalam bahasa pemrogaman. Dengan lingkungan runtime Java App Engine, pengguna dapat membangun aplikasi yang menggunakan standar teknologi Java, termasuk JVM, Java servlet, dan bahasa pemrograman Java atau bahasa lainnya menggunakan JVM-based atau compiler, seperti JavaScript atau Ruby. 

App Engine juga menyediakan lingkungan runtime khusus Python, yang mencakup bahasa Python dan perpustakaan standar (standard library) Python. Java dan lingkungan runtime Python dibangun untuk memastikan bahwa aplikasi yang dibangun dapat berjalan cepat, aman, dan tanpa gangguan dari aplikasi lain pada sistem.

Langkah-langkah penggunaan Google App Engine

1. Pendaftaran Akun

Sebelum memulai menggunakan platform Google Cloud dalam hal ini Google App Engine pertama kali kita diminta untuk membuat akun penagihan. 

Hal ini disebabkan karena platform ini tidaklah gratis. Akan tetapi, Google menyediakan kredit sebesar $300 untuk sekadar mencoba deploy project skala kecil di App Engine. 

2. Memulai Google App Engine

Setelah berhasil mendaftarkan akun, kita akan diarahkan ke Google Cloud dashboard. Tampilannya sebagai berikut:

Untuk memulai menggunakan App Engine, pilih menu App Engine di sidebar dashboard. Berikut tampilan dari halaman App Engine

Kemudian buat nama project baru

Apabila project telah dibuat, kita perlu mengunduh Google Cloud SDK agar dapat menggunakan perintah-perintah yang disediakan oleh Google App Engine melalui terminal (Linux) atau Command Prompt (Windows). Tautan untuk mengunduh ada di laman https://cloud.google.com/sdk

Berikut tampilan instalasi Google Cloud SDK di Windows

Jalankan Google Cloud SDK tools, kemudian ketik perintah berikut di command line

gcloud init

Sesudah itu, kita bisa men-deploy sebuah aplikasi di Google App Engine dengan menggunakan salah satu bahasa pemrograman di bawah ini.

Pada laman Google App Engine telah disediakan tutorial untuk masing-masing bahasa.

Penutup

Demikianlah artikel mengenai Google App Engine dan cara menggunakannya untuk deploy aplikasi web kita. Semoga bermanfaat.

Trivusi
Trivusi Ikatlah ilmu dengan menulis. Menebar manfaat dengan berbagi :)

Posting Komentar untuk "Mengenal Google App Engine dan Cara Pakainya"