Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Bagi Pemula yang Hendak Memulai Blog

Tips Bagi Pemula yang Hendak Memulai Blog

Tips Bagi Pemula yang Hendak Memulai Blog - Di zaman sekarang, blog sudah menjadi salah satu media yang berguna bagi orang-orang yang sedang membutuhkan informasi.

Tak mau ketinggalan, blog trivusi.web.id juga hadir untuk turut meramaikan jagat informasi dan bersaing dengan ribuan blog lainnya.

Blog trivusi.web.id secara khusus menargetkan pembaca yang berasal dari Indonesia. 

Bahasan yang ada di blog ini adalah seputar dunia teknologi, pendidikan, dan desa.

Tak jarang penulis juga menerbitkan artikel seputar tips dan trik seperti tulisan yang sedang Anda baca saat ini.

Melalui artikel ini saya akan membagikan tips bagi Anda yang baru mulai membangun blog.

Tips ini ditulis berdasarkan pengalaman penulis selama merintis blog ini.

Simak hingga habis, ya.

Daftar Isi

Pengalaman Merintis Blog

Awal mula penulis mengenal blog saat berada di bangku Sekolah Menengah Atas. Kala itu penulis merasa artikel-artikel yang ditemukan sangat membantu untuk melengkapi tugas sekolah yang diberikan oleh guru.

Dari situ penulis kemudian mencari tahu bagaimana cara membuat blog dan apa yang perlu dipersiapkan.

Di tahun 2019, penulis mencoba membuat blog ini sebagai tempat menampung artikel tugas kuliah. 

Di bulan pertama penulis langsung menerbitkan 3 artikel. Namun setelah itu karena faktor kesibukan kuliah dan belum ada keseriusan untuk mengelola, blog ini dibiarkan begitu saja.

Sampai akhirnya di penghujung tahun 2021, penulis memutuskan untuk kembali serius mengelola blog ini.

Berikut beberapa hal yang melatarbelakangi penulis membuat blog

  • Blog bisa dijadikan tempat menyalurkan ide dan hobi menulis
  • Mengasah kemampuan merangkai bahasa
  • Membantu pembaca dalam menambah informasi
  • Blog bisa menghasilkan uang jika ditekuni dengan serius

Penulis sadar bahwa membuat blog yang baik ternyata perlu pertimbangan yang matang.

Pertama, memilih platform yang cocok. Ada banyak platform yang tersedia yang bisa dipakai, baik itu gratis maupun yang berbayar. 

Beberapa platform yang umumnya digunakan seperti Medium, Blogger, Kompasiana, WordPress, dll. 

Sehingga, untuk memilih yang tepat penulis perlu mengenali kelebihan dan kekurangan pada masing-masing platform serta tools yang tersedia apakah cukup familiar untuk digunakan. 

Kedua, seberapa besar biaya yang perlu dikeluarkan. Maksudnya, untuk membuat blog lebih profesional perlu mempertimbangkan biaya seperti membeli hosting dan domain serta template atau tema untuk mempercantik blog.

Dengan mempertimbangkan hal tersebut, penulis memutuskan memilih Blogger sebagai platform tempat menyimpan artikel yang penulis buat.

Ada beberapa alasan mengapa lebih memilih Blogger sebagai tempat menulis konten. Berikut adalah alasan menurut opini penulis:

  1. Gratis
  2. Mudah dan sederhana
  3. Banyak sumber tutorial yang bisa diikuti
  4. Bisa custom domain

***

Setelah memilih platform yang cocok, penulis merasa perlu untuk membuat blog ini lebih profesional, yakni dengan memiliki domain sendiri daripada memakai embel-embel subdomain blogspot.com.

Pada awalnya penulis hendak memilih domain yang umum seperti .com atau .net. Namun setelah dipikir-pikir, target pembaca blog ini adalah orang Indonesia.

Tentu akan lebih bagus jika penulis memilih country code Top Level Domain (ccTLD) khusus Indonesia yang dikelola oleh PANDI, seperti .id, .web.id, .net.id, .my.id, dsb. Daftar ccTLD Indonesia selengkapnya bisa dilihat di halaman ini.

Peta Indonesia by Pandi.id
Sumber gambar: pandi.id

Selain pertimbangan harga domain ccTLD Indonesia yang lebih terjangkau, ternyata beberapa artikel menyebut bahwa ekstensi domain khusus Indonesia diprioritaskan untuk tampil di peringkat atas hasil pencarian Google.

Hal ini berlaku ketika pengguna berasal dari wilayah geografis Indonesia. 

Kabar ini tentu menggembirakan.

Selanjutnya setelah melihat daftar domain ccTLD yang tersedia, penulis menjatuhkan pilihan pada domain .web.id seperti yang sekarang dipakai untuk alamat blog ini. 

Harapan penulis dengan hadirnya blog ini mudah-mudahan bisa membawa dampak positif dan manfaat bagi pembaca.

Selain itu lewat menulis, penulis dapat menyalurkan hobi, mengasah kemampuan Bahasa Indonesia, dan syukur-syukur bisa dapat penghasilan dari aktivitas ini.

Tips Bagi Pemula yang Hendak Memulai Blog Sendiri

Bagi Anda yang juga memiliki keinginan untuk membuat blog sendiri, berikut tips yang bisa Anda ikuti berdasarkan pengalaman penulis:

1. Awali Niat

Segala sesuatu berawal dari niat, bukan? Begitu juga ketika Anda memutuskan untuk mencoba membuat blog sendiri. 

Tentukan niat yang kuat dan motivasi apa yang membuat Anda ingin terjun ke dunia blogging. Pikirkan kembali jika hanya iseng dan coba-coba.

Sebab tanpa tujuan yang terarah, Anda akan mudah bosan dan blog Anda kemungkinan akan terbengkalai.

2. Gali Ide tentang Topik yang Anda Suka

Setelah memiliki niat yang kuat, coba gali ide mengenai topik/tema  yang Anda suka. Topik tersebut bisa berdasarkan pengalaman atau hal-hal yang Anda kuasai.

Misalnya Anda ahli di dunia otomotif, tentunya akan lebih mudah mencari ide tulisan terkait otomotif daripada menulis tutorial komputer yang tidak Anda kuasai.

Dengan memilih topik tertentu, bukan berarti Anda dibatasi untuk berkreasi dengan topik lain. Anda bisa bebas #ExpressingYourIDea selama hal itu baik dan bernilai bagi Anda dan pembaca.

3. Cari Platform yang Tepat

Setelah memperoleh topik blog yang hendak dibuat, selanjutnya tentukan platform mana yang ingin digunakan.

Mau yang mudah dan gratis? Silakan pilih Blogger. Punya budget lebih dan ingin bebas melakukan kustomisasi? WordPress patut Anda pertimbangkan.

4. Mulai Menulis

Blog tidak ada artinya tanpa konten. Karena itu mulailah menulis topik yang telah Anda pilih pada tips no 2.

Kemampuan merangkai kata akan meningkat seiring dengan berjalannya waktu asalkan Anda rajin menulis. Pilih gaya menulis yang menonjolkan ciri khas tulisan Anda.

Semakin lama menulis Anda akan menemukan ritme menulis yang baik, menghasilkan konten berkualitas dan disukai oleh pembaca.

5. Lakukan dengan Konsisten

Untuk membuat blog Anda semakin besar dan dikenal, perlu konsistensi dan ketekunan. Dengan rajin menyajikan konten-konten baru yang segar dan bermanfaat, pembaca akan senang berkunjung ke blog kita.

Jika Anda serius ingin membuat blog yang menghasilkan uang, Anda perlu mempelajari teknik SEO agar bisa bersaing di hasil pencarian.

Dengan teknik yang benar, artikel yang Anda buat bisa mendatangkan  banyak pengunjung. 

Semakin banyak pengunjung, peluang Anda mendapatkan penghasilan yang tinggi semakin terbuka lebar.

Lalu, apa saja yang perlu dipelajari mengenai SEO? Silakan kunjungi dan baca artikel di halaman ini.

Kutipan tentang memulai blog

Penutup

Itulah 5 tips yang bisa Anda lakukan ketika hendak memulai membangun blog. Dengan memiliki blog sendiri, Anda bebas #ExpressingYourIDea kapanpun dan dimanapun lewat tulisan karya Anda sendiri.

Salam!

Trivusi
Trivusi Ikatlah ilmu dengan menulis. Menebar manfaat dengan berbagi :)

3 komentar untuk "Tips Bagi Pemula yang Hendak Memulai Blog"

  1. tantangan paling besar itu konsistensi nya mas, saya jadi blogger sudah lama tpi nulis kembang kempis....kadang smnagat nulis banyak, pas males sama skali ga nulis...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, betul. Kadang ada rasa jenuh juga. Untuk menyiasatinya, saya kalau lagi semangat nulis banyak, artikelnya dibuat posting terjadwal biar keliatan update teratur. Kalau lagi bener-bener stuck, cari kesibukan lain. Nanti kalau sudah mood, mulai menulis lagi.

      Metode lain yang mungkin bisa dicoba adalah bikin goal list, misalkan dalam 3 bulan kedepan kita target visitor harus nambah 1k, mau tidak mau kita harus konsisten nambah artikel agar goalnya bisa tercapai. Bikin kerangka judul2 yang potensial dan memiliki volume pencarian yang lumayan tinggi untuk mendukung goal tersebut.

      Hapus
  2. Salam kenal admin Trivusi. Sharing yang sangat bermanfaat buat saya yang mau kembali terjun ke dunia blogging. Setelah bertahun-tahun mandek... mencoba untuk membangkitkan semangat ngeblog lagi.

    BalasHapus


Komentar SPAM akan disensor. Harap gunakan kalimat yang tidak menjurus pada SARA dan pornografi.